Beauty

Tips Ampuh untuk Membuatmu Berhenti Menggigit Kuku

  by: Yovita Pratiwi       27/2/2019
  • Ladies, apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang gemar menggigit kuku? Jika ya, then you have to stop! Kebiasaan menggigit kuku bukan hanya tak enak dilihat, namun juga bisa mengganggu kesehatan badan dan kukumu, lho. Yuk, simak efek samping dari menggigit kuku dan bagaimana cara menghentikannya!




    Why do I have to stop?


    Kebiasaan menggigit kuku memang tidak akan mengakibatkan kecacatan permanen. Akan tetapi, tentu ada efek sampingnya:

    1. Kukumu akan tumbuh dengan bentuk yang tidak wajar.  Jika jaringan pada kukumu terluka akibat digigit, kukumu kemungkinan besar akan berhenti bertumbuh seperti seharusnya. Hal ini akan membuat kukumu tumbuh dengan aneh.


    2. Kebiasaan ini dapat merusak senyummu. Secara tidak sengaja gigimu dapat gempil, retak, atau patah jika kamu meneruskan kebiasaan ini. Overtime, menggigit kuku dapat menimbulkan masalah pada rahang.




    3. Kamu bisa jatuh sakit. Tangan adalah hotbed bagi kuman-kuman untuk tinggal, dan kuku adalah a perfect place untuk mereka bersembunyi. Saat kamu menaruh jari-jarimu ke dalam mulut hingga beberapa kali dalam sehari, hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kamu jatuh sakit. Plus, skin damage yang disebabkan oleh menggigit kuku akan membuka jalan bagi kuman untuk masuk secara mudah.

    How to stop?


    Diperlukan kesabaran untuk bisa menghentikan kebiasaan menggigit kuku secara total. Jika kamu berkomitmen, dijamin kamu bisa menghentikan kebiasaan buruk ini. Cobalah tips berikut:

    1. Potong kukumu hingga pendek.  Saat kukumu pendek, kamu akan merasa tidak puas saat menggigitnya.


    2. Lapisi kukumu dengan rasa yang terrible. Gunakanlah kutek yang memiliki rasa atau aroma tidak enak, sehingga membuatmu berpikir dua kali sebelum menggigitnya.






    3. Try manicures! Mengeluarkan biaya dan waktu untuk manicure akan membuat kukumu terlihat cantik dan memberimu alasan to keep it that way.



    4. Kenali apa yang memicumu. Perhatikan bagaimana perasaanmu saat kamu mulai menggigit kuku. Di lain waktu saat kamu merasa seperti itu, cobalah cari aktivitas lain untuk mengalihkan pikiranmu.




    5. Buatlah mulut atau tanganmu sibuk. Carilah barang lain yang bisa mengalihkan keinginanmu untuk menggigit kuku, contohnya stress ball, pen yang bisa di klik, atau a worry stone.

    Untuk memudahkanmu, cobalah berhenti dari jari yang paling sering kamu gigit, misalnya ibu jari. Saat kamu telah berhasil untuk tidak menggigit ibu jarimu, it’s time to put another nail on “no biting” zone.

    (Yovita Pratiwi, Image: Dok. Carol Oliver on Unsplash)