Beauty

7 Kesalahan Memakai Sheet Mask yang Harus Kamu Hindari!

  by: Fariza Rahmadinna       2/2/2020
  • Memakai masker tentunya sudah menjadi hal yang lumrah dalam perawatan kecantikan. Saat ini sudah banyak varian dan bentuk masker wajah yang tersedia, mulai dari wash off mask hingga sheet mask. Salah satu yang paling digemari oleh kebanyakan perempuan adalah masker sekali pakai yang berbentuk lembaran atau sheet mask karena dinilai praktis. 


    Rasanya, tidak perlu ada yang dikhawatirkan ketika memakai sheet mask, karena produk skincare yang satu ini cenderung aman dan mudah untuk digunakan. Namun ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan pemakaian sheet mask menjadi tidak maksimal. Yuk girls, cari tahu apa saja kesalahan pemakaian sheet mask berikut ini. 




    1. Memakai Sheet Mask Terlalu Lama


    Jika kamu berpikir memakai sheet mask dalam waktu lama akan semakin membuat kulit lembap, segar dan cerah, sepertinya kamu harus pikirkan kembali girls! Karena sheet mask yang dipakai dalam waktu lama hingga mengering malah akan menarik kelembapan alami yang ada di wajah kamu. Oleh karena itu, cukup gunakan sheet mask sesuai dengan waktu yang disarankan pada kemasan. Rata-rata pemakaian sheet mask sekitar 12-20 menit.


    2. Mencuci Wajah Setelah Menggunakan Sheet Mask


    Setelah digunakan, sheet mask memang akan membuat wajah menjadi sedikit basah karena kandungan essence-nya. Pada saat kondisi wajah seperti ini, hindari untuk membilas wajah kamu. Menyingkirkan sisa essence di wajah sama saja membuat pemakaian sheet mask menjadi sia-sia, lho girls!


    Sebaiknya, manfaatkan sisa essence di wajah dengan cara memijat perlahan menggunakan face roller atau tepuk-tepuk perlahan hingga semuanya meresap ke dalam kulit. 


    Baca juga : 7 Jenis Masker Wajah Yang Harus Kamu Tahu!


    3. Mengoleskan Pelembap Sebelum Sheet Mask


    Gunakan “rumus” penggunaan skincare yaitu dari produk dengan konsistensi cair ke konsistensi yang lebih kental. Konsistensi essence yang terkandung di dalam sheet mask biasanya cukup cair, sedangkan konsistensi pelembap biasanya lebih tebal dan kental. Dengan kata lain, menggunakan pelembap sebelum memakai sheet mask akan membuat essence tidak dapat terserap maksimal ke dalam kulit, karena sebelumnya kulit telah dilapisi dengan pelembap yang tebal. 


    Jika ingin menggunakan pelembap, sebaiknya setelah pemakaian sheet mask ya girls, ini berfungsi untuk mengunci kelembapan di kulit.


    Baca Juga: 4 Cara Maksimalkan Pemakaian Sheet Mask untuk Wajah




    4. Tidak Mempersiapkan Kulit Dengan Benar


    Sebelum memakai sheet mask, penting untuk memastikan kulit wajah kamu benar-benar bersih ya girls! Jika kamu tidak mempersiapkan kulit dengan benar, sisa residu makeup dan kotoran akan terperangkap di kulit dan membalikkan manfaat dari sheet mask. Lakukan double cleansing untuk memastikan wajah bersih hingga ke pori-pori. Lalu gunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH wajah, barulah kamu bisa memakai sheet mask


    5. Tidak Memperhatikan Kandungan Sheet Mask


    Kesalahan memakai sheet mask berikutnya yaitu tidak memperhatikan kandungan yang tertera pada kemasan produk. Selalu pastikan kamu membaca kandungan produk sebelum memakainya di wajah. Karena bisa jadi, ada kandungan yang sebenarnya tidak cocok di kulit kamu. Jika dibiarkan tentu tidak akan baik untuk kulit wajah. 


    Baca juga : 4 Cara Maksimalkan Pemakaian Sheet Mask untuk Wajah


    6. Melewatkan Pemakaian Sunscreen


    Jika kamu menggunakan sheet mask di pagi hari, selalu ingat untuk menggunakan sunscreen setelahnya. Sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari penyebab kulit kusam dan penuaan dini. 


    7. Memakai Sheet Mask di Pesawat


    Memakai sheet mask di dalam pesawat ternyata kurang dianjurkan, lho girls! Karena biasanya kandungan essence di dalam sheet mask bersifat humektan, seperti hyaluronic acid dan gliserin. Sifat humektan sendiri menarik kelembapan di udara untuk masuk ke dalam kulit, padahal udara di pesawat adalah recycled air yang masih memiliki risiko kecil tercemar bakteri dan kotoran. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa memakai sheet mask di dalam pesawat tidak dianjurkan. Karena secara tidak langsung kamu mungkin “mengunci” bakteri dan kotoran tersebut ke dalam kulit wajah kamu. Oh no!


    Selain itu, udara kering di dalam pesawat juga tidak memberikan kelembapan di kulit kamu. Dengan kata lain, sifat humektan dalam essence tidak dapat bekerja secara baik. Saran Cosmo, gunakan sheet mask sebelum kamu masuk pesawat dan pakai pelembap setelahnya untuk mengunci kelembapan kulit.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Foreo)