Better You

Inilah 4 Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilangkannya!

  by: Fariza Rahmadinna       1/2/2020
  • Menghabiskan malam dengan binge watching Netflix adalah kegiatan yang menyenangkan serta mampu mengurangi stres. Tapi jangan kaget kalau saat bercermin keesokan paginya, mata panda akan muncul. Ya, secara umum penyebab mata panda adalah kurang tidur. Namun ternyata, ada penyebab lainnya juga lho girls! Mau tahu apa saja? Keep scrolling!


    1. Kurang Tidur




    Kurang tidur memang menjadi penyebab paling umum munculnya mata panda. Jika kondisinya seperti ini, sudah saatnya kamu mengatur waktu tidur kamu. Extra sleep can’t hurt, dear! Miliki kualitas tidur yang lebih baik, setidaknya tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Matikan perangkat pintar kamu setidaknya 15 menit sebelum tidur. Hindari juga mengonsumsi kopi sebelum tidur. Karena efek kafeinnya dapat bertahan selama delapan jam di dalam tubuh. Namun, jika kamu tetap membutuhkan asupan kafein, konsumsi kopi minimal empat sampai enam jam sebelum tidur. Ciptakan suasana kamar yang menenangkan serta sempatkan untuk melakukan aktivitas fisik, sehingga akan membantu kamu tidur lebih cepat di malam hari. 


    Baca juga : Sering Bikin Kesal, Ini Dia Cara Menghilangkan Mata Panda!


    2. Paparan Sinar Matahari


    Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab mata panda. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengaplikasikan krim mata. Oleskan krim mata dengan lembut menggunakan jari manis. Selanjutnya, gunakan juga sunscreen atau pelembap ber-SPF untuk menghindari kerusakan lebih lanjut akibat sinar matahari. 


    3. Faktor Genetik 


    Mata panda bisa disebabkan oleh faktor genetik lho. Jika orang tua atau kakek-nenek kamu memiliki mata panda, maka kamu juga berkemungkinan untuk mempunyai mata panda. Oleh karena itu, kalau saat ini kamu mempunyai mata panda yang sulit untuk dihilangkan, coba cek riwayat keluargamu ya, dear! Mata panda karena faktor genetik memang umum terjadi. Tapi kamu tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan treatment laser tertentu, atau aplikasikan krim mata yang mengandung hyaluronic acid, ceramides atau kafein secara rutin. Bahan-bahan tersebut membantu memproduksi kolagen dan mengurangi warna kehitaman pada mata panda. Penting juga untuk selalu menggunakan sunscreen atau pelembap yang mengandung SPF di area sekitar mata, untuk mencegahnya menjadi lebih buruk. 


    4. Gaya Hidup Tidak Sehat

     

    Kekurangan vitamin terutama vitamin K dapat menjadi salah satu penyebab mata panda. Selain itu, konsumsi makanan tinggi garam, kafein yang berlebih, alkohol dan merokok juga dapat menjadi penyebab lainnya. Kebiasaan menatap layar gadget dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan ketegangan pada mata, yang menyebabkan kulit sekitar mata menjadi menggelap.


    Saran Cosmo, ubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat. Penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi tubuh setiap harinya, serta rutin berolahraga ya, dear




    Nah, itu dia empat penyebab mata panda yang sebaiknya kamu hindari. Namun, jika saat ini kamu sedang kesulitan menghadapi mata pada, ada beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami, yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.  


    1. Mentimun 


    Bahan alami yang satu ini dapat memberikan efek menyegarkan dan membantu mengurangi pembengkakan serta warna gelap sekitar mata. Semua berkat kandungan anti radang dan anti iritasi. Caranya, iris mentimun dan simpan di lemari es selama beberapa saat. Lalu tempatkan pada mata selama 20-30 menit. 


    2. Es Batu


    Kamu juga bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan mata panda secara alami. Es batu berfungsi untuk mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebih pada jaringan. Cara mengaplikasikannya, bungkus es batu dengan menggunakan kain bersih. Kemudian kompres area sekitar mata sekitar 5-10 menit. 


    Baca juga : Sulit Tidur? 4 Minuman Ini Bikin Tidur Kamu Nyenyak


    3. Gel Lidah Buaya


    Terakhir, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area sekitar mata setiap malam. Lidah buaya dikenal memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin A, C dan E. Semua kandungan tersebut memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan kulit, termasuk kulit sekitar mata. 


    Semoga bermanfaat, girls!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Євгеній Симоненко on Unsplash)