Lifestyle

11 Penampilan Super Bowl Halftime Show Terbaik Dalam Sejarah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/2/2020
  • The Super Bowl is here! Ajang pertandingan final sepak bola Amerika ini bukan hanya menjadi tontonan tahunan warga Amerika Serikat saja, tapi warga negara lain pun turut antusias menyambut Super Bowl—terutama sesi halftime show yang selalu dimeriahkan oleh artis ternama. Sudahkah kamu menyaksikan penampilan Shakira dan Jennifer Lopez di halftime Super Bowl tahun ini? It was sooo spectacular! 

    Sejujurnya, sebelum pertandingan dimulai, ekspektasi terhadap kedua penyanyi tersebut cukup tinggi, bukan hanya karena mereka adalah diva pop tersohor, tapi juga karena halftime show yang telah digelar di tahun-tahun sebelumnya sungguh luar biasa. 





    Berikut adalah penampilan halftime show Super Bowl dalam sejarah, kalau-kalau kamu lupa:


    1. Prince (2007)


    Mendiang ikon musik era 70-an yang legendaris ini membawakan salah satu penampilan halftime show terbaik sepanjang masa. Prince tidak membutuhkan efek khusus yang mewah untuk penampilannya—ia benar-benar tampil di bawah guyuran hujan, mempersembahkan versi lagu "Purple Rain" yang super epik di lapangan sepak bola.


    2. Beyoncé (2013)


    Queen Bey mengguncang panggung halftime dengan penampilan "Love on Top", "Crazy in Love", dan "Single Ladies (Put a Ring on It)" yang memukau. Dalam penampilannya, Bey mengundang Michelle Williams dan Kelly Rowland ke atas panggung untuk menampilkan reuni Destiny's Child yang luar biasa.


    3. Beyoncé & Bruno Mars (2016)


    Beyoncé dan Bruno Mars menjadi bintang tamu halftime show yang dipimpin oleh Coldplay, tapi kedua penyanyi tersebut sukses mencuri perhatian dengan mashup lagu "Formation" dan "Uptown Funk". Ketika kedua bintang ini berkolaborasi di atas panggung, it's magic.


    4. Aerosmith, *NSYNC, Britney Spears, Mary J. Blige, & Nelly (2001)


    Ini adalah daftar penampil halftime show pada tahun 2001, can you believe it? Jika menyaksikannya sekarang, akan langsung terbawa nostalgia! Boy band *NSYNC membuka sesi halftime dengan lagu "Bye, Bye, Bye," dilanjutkan dengan Aerosmith yang membuat suasana syahdu dengan "I Don't Wanna Miss a Thing," lalu Mary J. Blige, Nelly, dan Britney Spears bergabung untuk membawakan versi "Walk This Way" yang epik.


    5. Katy Perry (2015)


    Ahh... Cosmo ingat penampilan ini! Halftime show yang menghasilkan banyak sekali meme Left Shark. Selain didukung oleh penari berkostum hiu yang menghibur, penampilan Katy Perry pun sungguh meriah: ia memasuki panggung sambil menunggangi singa emas raksasa sembari menyanyikan "Roar", kemudian para penari berkostum hiu, bola pantai, papan selancar, dan pohon turut memeriahkan suasana ketika Katy membawakan "Teenage Dream".




    6. Janet Jackson, Justin Timberlake, Kid Rock, Nelly, & P. Diddy (2004)


    Yup, ini adalah halftime show di mana 'masalah kostum' yang terkenal terjadi, tapi sayangnya kejadian tersebut membuat orang-orang lupa akan penampilan para penampil yang spektakuler. Janet Jackson menampilkan medley lagu-lagu hit-nya, P. Diddy mengenakan jas musim dingin yang unik, dan Kid Rock mengenakan bendera Amerika. 


    7. Lady Gaga (2017)


    Sebelum ia menjadi bintang A Star Is Born, Lady Gaga mendominasi panggung halftime Super Bowl dengan medley lagu-lagu populernya, termasuk "Poker Face", "Telephone", dan "Just Dance". Dokumenter Netflix Gaga: Five Foot Two menunjukkan situasi di balik layar ketika Gaga dan timnya menyiapkan penampilan Super Bowl yang ikonis ini. 


    8. Bruce Springsteen & The E Street Band (2009)


    Bruce Springsteen yang dijuluki The Boss tahu persis cara menyentuh jiwamu dan penampilan ini membuktikannya. "Saya ingin kamu meletakkan kembali [makananmu] dan menaikkan volume televisimu!" Springsteen memberi tahu para penonton pada awal penampilan sebelum membawakan lagu-lagu klasik seperti "Tenth Avenue Freeze-Out", "Born to Run", dan "Glory Days."


    9. Bruno Mars & Red Hot Chili Peppers (2014)


    Bruno menyanyikan sejumlah lagu hit-nya dari album Unorthodox Jukebox, di antaranya "Locked Out of Heaven", "Treasure", dan "Just the Way You Are". Ia berkolaborasi dengan Red Hot Chili Peppers untuk membawakan lagu hit mereka, "Give It Away".


    10. Madonna, LMFAO, Nicki Minaj, & Cee Lo Green (2012)


    Madonna memulai pesta dengan berpakaian sebagai dewi Yunani sambil menyanyikan "Vogue". Ada pula medley lagu-lagu populernya, penampilan slackline, sebuah mashup lagu "Music" dan "Party Rock Anthem" (yang agak random, tbh) bersama LMFAO, dan Cee Lo bergabung dengan Madge dan sebuah paduan suara untuk menyanyikan "Like a Prayer".


    11. Black Eyed Peas, Usher, & Slash (2011)


    Penampilan halftime show yang satu ini dimeriahkan oleh Black Eyed Peas dan para penari yang, uhh, mengenakan kostum bernuansa futuristis ala Tron. Setelah para penari memenuhi lapangan, Slash (dari Guns 'N' Roses) menemani Fergie untuk membawakan lagu "Sweet Child O' Mine". Tentu kamu tahu lagu itu, kan? Usher pun turut bergabung untuk memeriahkan suasana, turun dari langit untuk memasuki panggung. Yup.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Image: Dok. Instagram)