Beauty

10 Tips Untuk Kamu Yang Masih Belajar Makeup Sendiri

  by: Astriana Gemiati       4/2/2020
  • Dunia kecantikan memang sangat luar biasa perkembangannya. Jika kamu memutuskan di tahun 2020 ini untuk mahir belajar cara merias wajah sendiri, tenang... Cosmo sudah siapkan panduan terbaik untuk pemula seperti kamu. 

    Scroll down, ladies!




    #1. Ketahui warna kulit kamu

    Sebelum kamu memulai untuk membeli makeup, sangat penting untuk mengetahui warna kulit kamu terlebih dahulu. Ada dua tipe jenis warna kulit: cool and warm. Cara mudah untuk mengetahui milik kamu adalah dengan memeriksa warna pembuluh darah di pergelangan tangan. Untuk yang memilki tipe warna cool biasanya memiliki pembuluh darah kebiruan di lengannya, sedangkan yang memiliki tipe warna warm memiliki pembuluh darah kehijauan di pergelangan tangan.


    #2. Mencari produk makeup dengan harga terjangkau namun berkualitas

    Karena kamu masih berada di tahap awal untuk memulai merias, lebih baik jangan dipaksakan untuk membeli produk dengan harga yang mahal. Ada banyak temuan produk dan harga terjangkau, serta memiliki kualitas tinggi dengan harga yang bersahabat. Kamu bisa melihat berbagai review dan rekomendasi dari para beauty junkie di sosial media.


    #3. Investasikan pada makeup tools dan sponges

    Makeup tools dan spons akan banyak berkontribusi pada betapa bagusnya penampilan MOTD (Makeup Of The Day) kamu. Misalnya, sikat yang dibuat kurang baik dan memiliki bulu yang longgar bisa jadi saat diaplikasikan pada wajah tidak dapat merata dengan sempurna. Simpan daftar ini sebagai referensi kamu di masa mendatang:

    - Face brush : untuk produk yang memiliki jenis powder

    - Angled blush : untuk blush atau contour

    - Fluffy eyeshadow brush : eyeshadow blending

    - Dome eyeshadow brush : mengaplikasikan eyeshadow

    - Small, flat angled brush : untuk eyebrow dan eyeliner

    - Egg-shaped sponge : untuk concealer dan liquid atau complexion products

    Untuk informasi lengkap tentang kuas makeup cek di sini: 10 Tipe Kuas Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui! 


    #4. Temukan warna dan formula dasar foundation yang tepat

    Perlu diingat untuk menggunakan alas dasar yang cocok dengan rona dan jenis kulit kamu juga. Jika kamu kesulitan menentukan formula mana yang harus kamu gunakan (powder, liquid, atau cream), ada baiknya jika kamu pergi ke tempat yang tepat seperti meminta bantuan ke seorang makeup artist atau konsultasi dengan beauty advisor di toko kosmetik untuk menilai foundation mana yang paling cocok untuk rona kulit kamu. Namun, jika kamu tipe yang lebih memilih sendiri, oleskan foundation di dekat garis rahang dan amati apakah warnanya menyatu dengan rona kulit kamu. Jika iya, artinya warna foundation itu cocok untuk kamu.

    Cek juga disini: Ini Cara Menentukan Foundation Dari Warna Kulit Kamu!


    #5. Jelajahi warna yang sesuai dengan rona kulit kamu

    Siapa yang tidak menyukai eksperimen makeup! Terkadang kamu ingin terlihat sporty, feminin, glamor, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu berada di awal perjalanan merias wajah, bermainlah dengan warna-warna netral terlebih dahulu apalagi jika menyangkut warna eyeshadow. Sedangkan untuk lipstik, pilihlah warna dusty rose karena warna ini hampir telihat cocok dan bagus pada siapa pun. Beda lagi dengan blush on, untuk terlihat merona di pipi memang setiap kulit memiliki hasil yang berbeda-beda. Untuk kulit lebih terang, pilihan rona pink memang sangat tepat. Sedangkan untuk kulit yang cenderung gelap, bisa memilih blush on warna peach.


    #6. Koleksi produk-produk makeup dasar

    Seperti yang telah Cosmo sebutkan sebelumya, kamu harus membuat alat-alat rias kamu menjadi hal-hal penting. 

    Berikut daftar yang perlu kamu miliki:



    - Primer: untuk menjaga alas dasar makeup kamu lebih bertahan lama dan menyempurnakan tekstur kulit kamu.

    - Foundation: liat tips no #4.

    - Concealer: bantu untuk menutupi noda.

    - Face Powder: set the makeup

    - Blush: membuat pipi terlihat merona

    - Highlighter: bantu berikan efek glowing pada wajah

    - Eyeshadow berwarna netral: beri warna pada riasan mata kamu

    - Maskara: pilih formua waterproof agar dapat bertahan lama

    - Eyebrow pencil: bantu membentuk struktur wajah

    - Lipstik: pilih rona yang dekat dengan bibir kamu yang bisa bantu cerahkan kulit wajah

    - Bold lipstik: wajib mengoleksi warna merah, berry, oranye, dan pink


    #7. Watch Tutorials

    Pelajari cara merias wajah sendiri dengan menonton tutorial YouTube. Meniru bagaimana cara beauty guru menggunakan kuas dan memberikan tips. Cosmo merekomendasikan untuk melihat Tanya Burr.



    #8. Daftarkan diri dalam makeup class

    Jika kamu benar-benar ingin belajar cara mengaplikasikan makeup, daftarkan diri kamu di kelas rias. Pelatihan langsung pasti akan bantu meningkatkan skill kamu.


    #9. Practice, practice, practice!

    Satu-satunya cara untuk mempelajari cara mengaplikasikan riasan adalah dengan sering berlatih. Di akhir pekan atau waktu luang kamu, siapkan alat dan produk rias kamu, cermin, dan tonton tutorial. Ikuti apa yang dilakukan di YouTube. Who knows? Mungkin setelah tiga kali mencoba, kamu akan mendapatkan tampilan no makeup makeup look!


    #10. Jangan lupa merawat kulit kamu juga

    Jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Kotoran, residu produk dan minyak saat dicampur dapat memicu timbulnya jerawat. Kamu bisa mencoba cleansing oil dan makeup wipes untuk bantu mengangkat kotoran makeup di wajah kamu. Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk membersihkan secara menyeluruh.


    ( Astriana Gemiati, Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor )