Better You

Ini Alasan Mengapa Kamu Makan Lebih Banyak Saat Menstruasi!

  by: Giovani Untari       4/2/2020
  • Jadi saat ada temanmu mengomentari tentang porsi makan yang berlebihan saat menstruasi tiba, kamu dapat memberitahu mereka bahwa ada fakta ilmiah di balik hal tersebut, girls!

    Yes, ada penjelasan ilmiah mengapa saat menstruasi kita semua terkadang ingin makan lebih banyak dari biasanya: itu karena tubuh bekerja keras dan membakar lebih banyak kalori dari biasanya.

    "Dengan siklus menstruasi yang ada, minggu di mana fase menstruasi Anda tiba tubuh bekerja lebih ekstra. Pada beberapa perempuan, minggu di mana datang bulan mereka tubuh mampu membakar hampir 15% lebih banyak kalori dari biasanya Dan Anda tidak perlu mengubah apapun dari pola hidup Anda!"



    Ini juga karena tubuh kita tengah mempersiapkan diri untuk melakukan pembuahan (yang berpotensi pada kehamilan). Juga, hormon kita akan meningkat dan pada periode inilah yang ternyata juga memicu rasa lapar berlebih.





    Hormon serotonin memengaruhi mood kamu dan juga rasa "ngidam" atas makanan tertentu. Jumlah hormon ini sangat rendah sebelum masa menstruasi perempuan dan akan meningkat saat menstruasi: jadi itu juga mengapa saat menstruasi kita sering menginginkan makan-makanan yang bersifat comfort foods aka CARBS- yang sering membuat kita merasa lebih baik. Tetapi sebelum kamu "menggila" dengan membeli satu makanan atau memesan seporsi pizza, tentu penting untuk mengetahui porsi makanan yang lebih banyak kamu makan saat menstruasi. Sebab meski tubuh bekerja keras dalam membakar kalori kenyataannya kalori tambahan yang kamu bakar saat sedang menstruasi hanya sekitar 100-300 kalori perharinya.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Unsplash.com)