Beauty

Kamu Memiliki Kulit Kering? Hindari 6 Kandungan Skincare Ini

  by: Fariza Rahmadinna       8/2/2020
  • Salah satu jenis kulit yang memerlukan perawatan kulit wajah ekstra adalah kulit kering. Jenis kulit ini cenderung lebih mudah mengalami iritasi, kemerahan, kerutan, kusam dan garis-garis halus. Kondisi kulit kering bisa disebabkan oleh berbagai faktor, lho. Salah satunya yaitu karena penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalam produk perawatan kulit yang kamu gunakan agar tidak memperparah kondisi kulit kamu, dear. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kandungan skincare yang harus dihindari oleh si pemilik kulit kering. Let's check it out!


    1. Alkohol




    Kandungan skincare yang satu ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan wajah seperti facial wash atau toner. Kandungan alkohol dalam produk perawatan kulit berguna untuk membantu kulit menyerap produk dengan baik. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit kering sebaiknya hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Karena kandungan ini dapat menghilangkan kelembapan alami yang membuat kulit semakin kering dan pecah-pecah. 


    Baca Juga: 7 Concealer Yang Cocok Untuk Pemilik Kulit Kering


    2. Fragrance (Pewangi)


    Kandungan skincare yang harus dihindari oleh pemilik kulit kering selanjutnya yakni fragrance atau pewangi. Pewangi dibuat dari deretan bahan kimia yang tidak semuanya aman untuk kulit. Bagi kulit kering cenderung sensitif, penggunaan pewangi dalam skincare dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memilih skincare yang bebas pewangi (fragrance-free) untuk menghindari kulit semakin kering dan bersisik. 


    3. Salicylic Acid


    Kandungan skincare yang satu ini merupakan holy grail bagi si pemilik kulit berjerawat karena dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih dan mengatasi masalah jerawat. Namun, jika digunakan oleh pemilik kulit kering, salicylic acid dapat membuat kulit iritasi, kemerahan dan semakin kering. 


    Baca juga : Kandungan Makeup yang Harus Dihindari Kulit Kering


    4. Benzoyl Peroxide




    Benzoyl peroxide dapat mudah kamu temukan di dalam produk acne-spot treatment gel atau biasa disebut obat jerawat ataupun di dalam produk pembersih. Sangat jelas jika kandungan skincare yang satu ini bukanlah teman baik untuk si pemilik kulit kering. Pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung benzoyl peroxide justru akan membuat kulit kamu mengelupas, gatal, iritasi dan kemerahan. 


    5. Retinoid


    Kandungan skincare yang satu ini sering dipakai untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan keriput. Dilihat dari manfaatnya untuk kulit, kandungan skincare ini jelas tidak diperuntukkan bagi si pemilik kulit kering. Pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung retinoid hanya akan membuat kulit semakin kering bahkan bisa menyebabkan iritasi. 


    Baca juga : Kandungan Acid yang Cocok untuk Kulitmu


    6. Sodium Lauryl Sulfate dan Ammonium Lauryl Sulfate


    Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, ada baiknya menggunakan produk perawatan kulit yang berformula ringan dan tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate dan Ammonium Lauryl Sulfate. Dua kandungan skincare ini termasuk bahan kimia yang paling keras dan tentu akan membuat kulit kamu semakin kering, girls


    Itu dia enam kandungan skincare yang perlu untuk dihindari bagi pemilik kulit kering. Pastikan produk skincare kamu tidak mengandung enam kandungan di atas ya girls!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Cherry Jin on Pexels)