Beauty

9 Tips Kecantikan dari Idol K-Pop yang Jarang Diketahui

  by: Alexander Kusumapradja       7/2/2020
  • Siapa sih yang tidak iri melihat wajah bening dan kulit mulus yang dimiliki hampir semua idol K-pop kesayangan kita? Faktanya, sebagai public figure di mana keindahan fisik menjadi salah satu bagian penting untuk mereka, bintang K-pop memang seakan dituntut untuk memiliki penampilan yang tak hanya flawless tapi juga sehat. Tak bisa dipungkiri bila mayoritas idol K-pop memang menjalani perawatan kulit secara rutin dan dibanjiri oleh produk-produk perawatan terbaik baik dari Korea alias produk K-beauty maupun internasional, namun tak jarang mereka punya tips kecantikan yang ternyata sederhana dan tidak mahal. Apa saja? Mari kita lihat tips kecantikan yang tak terduga dari idol K-pop berikut ini:



    1. Chung Ha

    Untuk membersihkan wajahnya, Chung Ha punya rutinitas yang terdiri dari beberapa langkah sebagai fondasi dari rutinitas skin care yang ia punya. Langkah pertama adalah memakai remover untuk membersihkan makeup di area mata. Dilanjutkan dengan cleanser berbasis minyak untuk menghapus seluruh makeup di wajah, lalu diteruskan dengan cleanser berbasis air untuk membersihkan partikel kotoran dan keringat dari wajah. Terakhir, Chung Ha mencuci wajahnya dengan busa face wash.


    2. Joshua SEVENTEEN

    Setelah seharian beraktivitas dengan grupnya, Seventeen, Joshua akan mengakhiri hari dengan memakai masker wajah yang telah ia simpan dan dinginkan di lemari es kecil di kamarnya. Member yang lahir di Los Angeles ini menyukai masker wajah dengan bahan yang mampu mencerahkan kulit serta yang mengandung lidah buaya dan lendir siput yang menurutnya sangat menyegarkan.


    3. Shuhua (G)I-DLE

    Member asal Taiwan ini dikenal sebagai salah satu visual dari girl group asal Cube Entertainment, (G)I-DLE berkat kulit dan wajah yang bersinar sempurna. Di antara member (G)I-DLE lainnya, Shuhua memang dikenal sebagai yang paling rajin melakukan perawatan kulit, termasuk menguapi wajahnya dengan handuk hangat dan brush pembersih untuk mengangkat kotoran dan sisa sel kulit mati. Namun, senjata rahasia yang tak boleh dilupakan oleh Shuhua adalah produk face mist yang selalu ada di tasnya. Member lain bahkan bilang kalau Shuhua sering membeli face mist baru saat berada di bandara.


    4. Young Bin SF9

    Jam tidur yang cukup memang bukan rahasia lagi kalau menginginkan wajah yang terlihat sehat, namun Young Bin dari boy group SF9 secara spesifik menyebut jam tidur yang disarankan untuk menjaga kesegaran kulit kita. “Di Korea, orang percaya tidur antara jam 10 malam sampai jam 2 pagi adalah waktu terbaik untuk kulit kita,” ujarnya.


    5. Seulgi Red Velvet

    Bagi main dancer Red Velvet ini, kuncinya adalah menemukan produk dan rutinitas kecantikan yang cocok denganmu dan lakukan secara konsisten, terutama menjelang acara-acara penting (seperti comeback atau konser kalau untuk Red Velvet). Menurut Seulgi, sebelumnya member Red Velvet masih suka coba-coba produk baru namun tak jarang produk tersebut malah membuat kulit mereka iritasi dan terserang jerawat. Kini untuk amannya, Seulgi memercayakan perawatan dirinya di produk-produk yang memang sudah terbukti cocok untuknya. “Sebelumnya saya masih suka mencoba produk-produk baru yang sedang populer namun beberapa malah merusak kulit karena tidak cocok. Karena itu sekarang saya setia dengan produk dan rutinitas yang memang terbukti cocok untuk kulit saya.”




    6. Hwi Young SF9

    Setelah melakukan proses double cleansing untuk wajahnya, Hwi Young tak langsung mengeringkan kulit wajahnya namun memakai toner dan lotion di saat kulit wajahnya masih basah. Cara ini didukung oleh beberapa ahli dermatologi yang menjelaskan bahwa kebiasaan ini dapat mencegah iritasi dan kekeringan kulit serta membuat wajah lembap lebih lama.


    7. JiU Dreamcatcher

    Di antara banyak varian masker wajah yang ada di luar sana seperti daun teh, bunga, dan buah-buahan, JiU dari girl group Dreamcatcher justru memilih masker wajah yang berbahan kentang sebagai favoritnya. “Masker kentang membantu melembapkan dan mencerahkan warna kulit, jadi ketika saya merasa kepanasan setelah aktivitas luar ruangan, masker wajah kentang ini sangat membantu saya.” Beberapa label yang menjual masker wajah kentang adalah The Face Shop dan The Saem. Tertarik mencoba?


    8. Yeosang ATEEZ

    Sering merasa sudah memakai moisturizer sebelum tidur ke seluruh wajah namun masih menemukan jerawat saat bangun? Well, mungkin kamu harus mendengarkan tips dari salah satu visual rookie boy group ATEEZ ini. Ia justru tak menyarankan memakai moisturizer ke seluruh permukaan wajah. “Kalau toner memang saya usapkan secara merata di wajah, namun untuk moisturizer biasanya saya melewatkan bagian jidat karena hal itu malah membuat bagian jidat saya jerawatan,” paparnya.


    9. Jiwoo KARD

    Idol berusia 23 tahun ini punya trik rahasia untuk melawan kulit kering, yaitu memanfaatkan kapas yang tak hanya berguna menghapus makeup atau mengenakan toner, tapi juga bisa menjadi masker wajah dadakan. Caranya, ia membasahi kapas dengan toner atau micellar water lalu ditempelkan di wajahnya. Menurutnya hal ini bermanfaat bila masker wajahnya habis. Tapi kapas yang ia pakai tentu tak sembarang kapas ya girls, kapas di Korea seperti White Rabbit’s Plain Cotton Pads dan Klairs Toner Mate 2 in 1 Cotton Pad punya kualitas yang lebih bagus dibanding kapas pada umumnya karena lebih tebal dan lebih menyerap sehingga mudah menempel di kulit wajah selayaknya masker wajah.