Celebrity

Kisah Nyata Di Balik Marriage Story, Peraih 6 Nominasi Oscar

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/2/2020
  • Cinta, pernikahan, dan perceraian—Cosmo rasa ketiga hal tersebut adalah topik yang universal. Ketiga hal tersebut adalah topik yang personal pula. So, ketika menyaksikan Marriage Story (yang bisa kamu tonton di Netflix), ditulis dan disutradarai oleh Noah Baumbach, seorang pria yang telah cerai, dan dibintangi oleh Scarlett Johansson, seseorang yang telah dua kali cerai, Cosmo langsung mengira bahwa film ini didasarkan dari sebuah kisah nyata. Atau mungkin beberapa kisah nyata? Mari kita lihat buktinya.






    Kisah yang “fiksi”

    Dalam Marriage Story, Scarlett memerankan Nicole, seorang aktris yang kariernya dimulai dengan komedi remaja yang cabul tapi sekarang berkolaborasi dengan suaminya, Charlie (Adam Driver), dalam grup teater eksperimental mereka di New York. Mereka memiliki seorang putra menggemaskan bernama Henry, dan mereka masih (agak) mencintai satu sama lain, tapi itu tidak cukup untuk mempertahankan pernikahan mereka. Nicole mengambil kesempatan untuk berperan dalam pilot televisi sebagai alasan untuk membawa Henry ke Los Angeles dan tinggal bersama ibunya sementara Charlie tinggal di New York. Dalam proses perceraian mereka, Nicole meminta hak asuh penuh agar mereka bisa menetap di sana. 


    Kisah “nyata” (yang diketahui)

    “Saya selalu melihat hidup sebagai bahan untuk sebuah film,” Noah memberi tahu New York Times pada 2005, ketika mempromosikan film lain yang juga tentang perceraian, The Squid and the Whale, yang sebagiannya tentang perceraian orang tuanya.

    Pada saat itu, ia baru saja menikah dengan Jennifer Jason Leigh, aktris yang kariernya dimulai dengan komedi remaja yang cabul tahun 80-an Fast Times at Ridgemont High. Pasangan ini bertemu ketika Jennifer akting di Broadway dalam Proof pada 2001. Noah dibesarkan di Brooklyn, New York, sementara Jennifer dibesarkan di Hollywood. Namun di artikel majalah New York Times, Noah menyatakan, “Kami adalah New Yorkers dengan tempat pedesaan di Los Angeles.” Hmm… 



    Jennifer membintangi film garapan Noah yang berjudul Margot at the Wedding. Mereka menulis Greenberg bersama dan Jennifer pun tampil dalam film tersebut, tapi aktris utamanya adalah Greta Gerwig. Tujuh bulan setelah Jennifer melahirkan putra mereka, Rohmer, dan tujuh bulan setelah Greenberg dirilis, Jennifer mengajukan cerai. Ia meminta hak asuh penuh dan tinggal di Los Angeles.

    Secara kebetulan, ketika Greta dan Noah sejak itu menjalin hubungan asmara, menjadi orang tua, dan sering berkolaborasi, mereka mengatakan bahwa mereka tidak berkencan sampai setelah Noah berpisah dari Jennifer. 


    So, apakah Marriage Story benar-benar didasarkan dari pengalaman Noah?

    Eits, belum tentu, karena Noah telah beberapa kali memprotes teori tersebut ketika mempromosikan Marriage Story. 



    “Film ini bukan sebuah autobiografi; itu personal, dan ada perbedaan nyata [di antara keduanya],” ia memberi tahu The Times

    “Saya hanya bisa membuat film-film ini ketika mereka menjadi fiksi,” katanya dalam sebuah wawancara. “Saya mungkin mencatat pengamatan saya dari kehidupan nyata atau hal-hal yang terjadi pada saya atau orang yang saya kenal, yang menjadi catatan dalam sebuah buku dan didiamkan untuk beberapa waktu.”



    Untuk membuat Marriage Story, yang diceritakan dari perspektif Nicole dan Charlie, Noah memilih untuk membahas lebih dari perceraian saja. Ia pun menghubungi teman-teman, perantara, dan pengacara. Scarlett dan Laura Dern (yang memerankan pengacara Nicole) memberi tahu Noah tentang hubungan pribadi dan perceraian yang mereka alami.


    Apakah adil untuk para mantan?

    Jika kamu memiliki kesempatan untuk membuat film yang meraih sejumlah nominasi Oscars untuk menyampaikan keluhan mengenai mantanmu, apakah kamu akan mengambil kesempatan tersebut? Meskipun dikritik, Cosmo rasa para penonton pun tidak tahu jika argumen yang ditampilkan dalam film ini benar-benar terjadi pada Noah dan Jennifer atau tidak. Atau mungkin terjadi pada Scarlett dan mantan-mantannya, Ryan Reynolds atau Romain Dauriac. Atau bahkan Laura dan mantannya Ben Harper. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa aman untuk mengatakan bahwa Marriage Story tidak menjelekkan perceraian yang dialami oleh Noah, Scarlett, atau Laura.

    Well, saya menunjukkan naskahnya pada [Jennifer] dana saya menunjukkan filmnya, agar ia tahu [tentang apa],” Noah memberi tahu The Times, menjelaskan bahwa ia memiliki waktu untuk melakukan pengubahan pada Marriage Story jika perlu. “Namun saya tidak memiliki tanggapan tentang film ini, dan ia pun sangat menyukainya, karena ini bukan tentang pernikahan kami.”

    Jennifer belum membuat pernyataan publik tentang film ini. Mungkin suatu hari Rohmer akan menjadi dewasa untuk membuat film ala The Squid and the Whale versinya, dan kita akan lihat jika kisahnya didasarkan cerita nyata. 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Outnow.ch, Instagram)