Better You

8 Tips Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

  by: Alexander Kusumapradja       11/2/2020
  • Bibir pecah-pecah sepintas mungkin terdengar sepele, padahal kondisi beristilah medis cheilitis ini juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan sekaligus membuat penampilan kita jadi tidak segar dan kurang menarik. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit bibir rentan pecah-pecah, baik faktor eksternal maupun dari diri kita sendiri. Kulit di bagian bibir jauh lebih tipis dan halus dibanding bagian tubuh lain sehingga fakor eksternal seperti sengatan sinar matahari atau udara dingin membuatnya mudah kering, terkelupas, dan pecah-pecah. Dari sisi anatomi, bibir juga tak punya kelenjar minyak sehingga tak bisa melembapkan dirinya sendiri, karena itu sebagian orang punya kebiasaan menjilat bibir sendiri agar tampak basah dan lembap, padahal hal itu justru membuat bibir cepat kering dan iritasi karena kandungan enzim pencernaan di air liur kita. Berikut adalah tips mudah untuk menjaga bibir agar tidak pecah-pecah yang bisa kamu coba!

    via GIPHY



    1. Memakai produk lip balm yang tepat.

    Dari sekian banyak produk lip balm yang ada di pasar saat ini, kita harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih yang terbaik untuk bibir kita. Contohnya, lip balm berbahan menthol atau mint mungkin terasa sejuk saat dikenakan, namun kandungan mint ternyata punya sensasi kesat yang membuat bibir lebih mudah terkelupas. Selain mint, bahan-bahan yang membuat kering bibir lainnya adalah camphor dan phenol, begitu juga produk bibir dengan perasa dan aroma artifisial yang cenderung mengeringkan bibir. Bahan-bahan yang direkomendasikan adalah petroleum, lanolin, beeswax, dan ceramides. Cek daftar kandungannya dulu ya girls, sebelum membeli lip balm.

    2. Memakai bahan alami.

    Masih kurang yakin dengan lip balm di drug store? Mungkin bahan-bahan alami bisa menjadi pilihanmu. Beberapa bahan alami punya khasiat melembapkan dan menyejukkan bibir, di antaranya adalah: aloe vera alias lidah buaya, minyak kelapa, madu, mentimun, dan teh hijau. Lidah buaya, minyak kelapa, dan madu mampu melawan peradangan dan mikroba penyebab infeksi bibir, sementara kantung teh hijau yang sudah diseduh bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami dengan cara menempelkannya dengan lembut di bibir untuk mengangkat kulit mati serta membuatnya tetap halus.

    3. Mengeksfoliasi kulit bibir.

    Bibir pecah-pecah diselimuti oleh lapisan kulit kering yang dapat mencegah kandungan sehat dalam lip balm yang kamu pakai, oleh karena itu ada baiknya kita melakukan proses eksfoliasi dulu. Kita bisa mencoba produk lip scrub yang mengandung gula atau baking soda untuk mengelupas kulit bibir secara halus sekaligus membuat bibir tetap lembut dan lembap.

    via GIPHY

    4. Minum air putih.

    Salah satu penyebab bibir pecah-pecah adalah kurang asupan cairan alias dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menyerap simpanan air dari area-area tubuh tertentu untuk menjaga sel di bagian tubuh lain tetap terhidrasi. Hasilnya, kulit akan terasa kering, termasuk bibir. Perbanyak minum air putih di sela aktivitas untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh kita ya, ladies!



    5. Hindari makanan asam dan pedas.

    Saat bibir kita mengalami pecah-pecah, hindari dulu mengonsumsi makanan asam dan pedas, termasuk buah-buahan seperti jeruk yang walaupun kandungan vitamin C di dalamnya menyehatkan tapi kandungan asamnya dapat membuat bibir perih dan iritasi. Begitu juga makanan pedas yang dapat mengiritasi kulit bibir. 

    6. Memakai tabir surya.

    Beberapa lip balm sudah dilengkapi kandungan SPF yang bisa melawan penyebab bibir pecah-pecah dari faktor cuaca dan lingkungan. Bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari akan lebih mudah terbakar dan perih. Pilih lip balm dengan kandungan SPF minimal 15.

    7. Lindungi bibir dari debu dan angin.

    Kebiasaan memakai masker saat berpergian juga bisa membantu melindungi bibir dari debu, sinar matahari, dan udara kering di sekitar kita. Angin kering yang membawa debu polusi dapat menyebabkan iritasi pada kulit bibir yang pecah-pecah, jadi jangan lupa dilindungi saat kamu berada di luar ya, babes.

    via GIPHY

    8. Jauhi rokok.

    Merokok dapat menyebabkan iritasi pada bagian sensitive di sekitar kulit bibir yang membuatnya jadi kering dan mudah iritasi.Itu sebabnya bibir perokok cenderung lebih hitam dan kering bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. 


    (Alex.K/Image: febri sym on Unsplash)