Lifestyle

10 Judul Film Korea Selatan Paling Ditunggu Tahun 2020

  by: Alexander Kusumapradja       12/2/2020
  • Dengan eforia kesuksesan film “Parasite” karya Bong Joon Ho yang berhasil mencetak sejarah di berbagai penghargaan film berkelas, termasuk membawa pulang empat penghargaan di Academy Awards tahun ini, sinema Korea Selatan memang tengah menjadi sorotan dunia. Dari segi komersial pun, film-film seperti “Extreme Job” dan “Exit” berhasil menjadi box office di tahun 2019 dan kini, dunia perfilman Korea Selatan sedang memasuki dekade baru dengan penuh gairah. Berikut adalah 10 judul film Korea Selatan dari berbagai genre dengan jadwal rilis tahun 2020 ini. Mungkin tak semuanya akan masuk ke bioskop Indonesia, namun yang jelas judul-judul di bawah ini patut ditunggu oleh kamu yang mengaku pecinta film. Kita lihat bareng-bareng ya!

    1. Hitman: Agent Jun

    Film action comedy karya sutradara Choi Won Seop ini bercerita tentang seorang agen rahasia (diperankan Kwon Sang-woo) yang meninggalkan Badan Intelijen Negara demi mewujudkan cita-citanya menjadi komikus Webtoon. Ketika ia menggambar rahasia negara dalam karyanya, ia pun menjadi target buronan baik Badan Intelijen Negara maupun para teroris. Di Korea, film ini sudah dirilis tanggal 22 Januari 2020 lalu dan dalam 11 hari sudah melewati dua juta penonton. Di Indonesia film ini dijadwalkan tayang tanggal 19 Februari mendatang. Tertarik nonton?



    2. The Closet

    Bergenre horror thriller, film besutan sutradara Kim Kwang-bin ini dibintangi oleh Ha Jung-woo sebagai seorang single father yang hubungan dengan putri semata wayangnya merenggang setelah kematian sang istri hingga suatu hari terjadi kejadian misterius dan butuh bantuan dari seorang exorcist yang diperankan oleh Kim Nam-gil. Film ini lumayan ditunggu karena ini untuk pertama kalinya Ha Jung-woo bermain di sebuah film horror dan beradu akting dengan Kim Nam-gil.

    3. Peninsula

    Film ini termasuk judul paling ditunggu tahun ini karena merupakan sekuel dari film zombie populer “Train to Busan” yang rilis 2016 lalu. Disutradarai oleh Yeon Sang-ho, sekuel ini akan menampilkan jajaran cast yang berbeda dari film sebelumnya, termasuk Kang Dong-won dan Lee Jung-hyun. Ceritanya sendiri mengisahkan empat tahun setelah kejadian di film pertama di mana virus zombie sudah menguasai seluruh Korea dan sekumpulan manusia yang selamat harus berjuang mempertahankan hidup. Dalam berita terbaru, film ini akan dirilis di Korea tanggal 12 Agustus 2020 dan diharapkan menjadi film box office musim panas tahun ini, baik di Korea maupun internasional.

    4. Seo Bok

    Pecinta Gong Yoo dan Park Bo-gum harus menonton film besutan Lee Yong-jo ini karena di film bergenre sci-fi ini, Park Bo-gum akan berperan sebagai hasil kloning manusia pertama di dunia bernama Seo Bok yang kehadirannya mengundang pro dan kontra dari banyak pihak, termasuk mereka yang berusaha mencari rahasia hidup abadi. Gong Yoo berperan sebagai mantan agen intelijen yang bertekad melindungi Seo Bok agar tak jatuh ke pihak yang salah.

    5. Spaceship Victory

    Penggemar aktor Song Joong-ki dimanjakan tahun ini karena Joong-ki akan merilis dua judul film layar lebar tahun ini. Yang pertama adalah "Spaceship Victory" karya sutradara Jo Sung-hee tentang sebuah pesawat antariksa yang dipiloti oleh Tae Ho (Song Joong-ki) dan dipimpin oleh kapten yang diperankan oleh Kim Tae-ri. Selain mereka, film ini juga akan dibintangi oleh dua pemeran film “Extreme Job” yaitu Jin Seon-kyu dan Yoo Hae-jin sebagai awak kapal. “Spaceship Victory” akan menjadi film Korea pertama yang menggunakan teknologi robotic motion capture.

    6. Bogota

    Film kedua Song Joong-ki untuk tahun ini adalah “Bogota” besutan sutradara Kim Seong-je di mana ia akan berperan sebagai seorang pria muda berumur 30-an yang beremigrasi ke Kolombia di tahun 1990-an dan terjebak dalam dunia kejahatan di Amerika Latin. Joong-ki pergi ke Kolombia untuk syuting film ini selama sekitar 3 bulan tak lama setelah ia menyelesaikan syuting film “Spaceship Victory”. Hasil kerja kerasnya bisa kita tunggu di semester kedua tahun ini.



    7. Virus

    Di film feature perdana besutan sutradara indie Kang Yi-kwan ini, Bae Doona akan beradu akting dengan aktor kawakan Kim Yoon-seok untuk pertama kalinya. Premis ceritanya sendiri lumayan unik karena mengisahkan ancaman virus yang membunuh siapa saja yang tidak jatuh cinta dalam tempo lima hari setelah terjangkit. Kim Yun-seok berperan sebagai seorang peneliti yang berusaha mencari obat penangkal virus ini sementara Bae Doona menjadi salah satu pengidap virus tersebut yang sedang dirawat dan menjadi bahan penelitian sang peneliti.

    8. Kidnapped

    Film besutan sutradara Kim Seong-hun ini diangkat dari sebuah peristiwa nyata tahun 1986 ketika seorang diplomat Korea diculik di Beirut, Lebanon. Bergenre thriller politik, film ini akan menjadi ajang reuni bagi dua bintang film “Along with the Gods” yaitu Ha Jung-woo dan Joo Ji-hoon. Sebelumnya, Ha Jung-woo pernah bekerjasama dengan sutradara Kim Seong-hun di "The Tunnel" sementara Joo Ji-hun pernah bekerjasama dengan sang sutradara di serial Netflix populer, "Kingdom."

    9. Call

    Aktris pendatang baru Jeon Jong-seo yang sukses menarik perhatian di film debutnya “Burning” karya sutradara terkenal Lee Chang-dong akan kembali menunjukkan bakat aktingnya di film thriller garapan Lee Chung-hyun. Bertajuk “Call”, ia akan berhadapan dengan aktris Park Shin-hye sebagai dua wanita muda yang tinggal di dua periode waktu yang berbeda namun dihubungkan dengan sebuah sambungan telepon misterius. Selain film ini, Jeon Jong-seo juga mempersiapkan debut Hollywood dengan menjadi pemeran utama film terbaru sutradara Ana Lily Amirpour berjudul "Mona Lisa and The Blood Moon" bersama Kate Hudson dan Craig Robinson.

    10. Emergency Declaration

    Setelah “Parasite”, aktor Song Kang-ho bersiap merilis tiga film baru, salah satunya adalah film besutan sutradara Han Jae-rim ini yang mengisahkan kejadian bencana di dalam pesawat yang menegangkan dan penuh karakter tak terduga. Selain Song Kang-ho, aktor senior Lee Byung-hun juga akan ikut terlibat dan menjadikan film ini sebagai film keempat keduanya beradu akting. Song Kang-ho sendiri yang merupakan aktor kesayangan Bong Joon Ho juga lumayan sering bekerjasama dengan sutradara Han Jae-rim setelah dua film sebelumnya, “The Show Must Go On” dan “The Face Reader.”


    (Alex.K/Image: Koreanfilm.or.kr)