Beauty

Bolehkah Menggunakan Tisu Basah untuk Menghapus Makeup?

  by: Fariza Rahmadinna       21/2/2020
  • Saat ini, banyak sekali pilihan produk pembersih wajah, seperti facial foam, micellar water, dan facial wipes. Ketiganya memiliki fungsi yang sama, hanya saja dengan cara pemakaian yang berbeda, Kalau kamu suka traveling, facial wipes akan membuat beauty routine lebih praktis dan tidak memenuhi isi tasmu. Apakah kamu juga salah satu penggemar produk facial wipes? Cosmo sarankan kamu tidak menggunakan tisu basah biasa untuk membersihkan wajah, sebab berisiko mengalami hal-hal berikut ini. Simak!


    Dapat Menimbulkan Jerawat

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tisu basah memang tidak dirancang untuk mampu menghapus makeup dan mengangkat kotoran dengan sempurna. Inilah yang menyebabkan sisa makeup dan kotoran bercampur dengan sebum, kemudian akan menyumbat pori-pori kamu, dear. Kondisi semacam ini akan mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 




    Dapat Menyebabkan Iritasi

    Tisu basah biasanya mengandung bahan kimia surfaktan, alkohol dan parfum. Jika digunakan terlalu sering bahan-bahan ini dapat memicu iritasi pada kulit seperti gatal dan kemerahan, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, hindari menghapus makeup dengan menggunakan tisu basah, bukannya mengangkat sisa makeup dan kotoran di wajah, hal ini justru akan meningkatkan risiko iritasi pada kulit kamu. 


    Menyebabkan Keriput dan Garis Halus

    Ketika membersihkan wajah dengan tisu basah, kamu perlu memberikan sedikit tekanan jika ingin wajah benar-benar bersih. Nah, jika ini dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Ada baiknya, gunakan makeup remover untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran yang menempel. Kemudian lanjutkan membersihkan wajah dengan pembersih wajah (face wash). 




    Membuat Kulit Area Bawah Mata Kendur

    Selain dapat menyebabkan keriput dan munculnya garis-garis halus, menghapus makeup dengan tisu basah juga dapat membuat kulit sekitar bawah mata menjadi kendur. Bagian kulit ini memang sangat sensitif dan tipis, sehingga saat kamu menggosokkan tisu basah secara berulang dan terus-menerus akan menyebabkan kulit mudah mengendur. Sebaiknya gunakan eye makeup remover yang berbahan dasar minyak untuk menghapus makeup mata dengan maksimal. Tuang secukupnya pada kapas, lalu usap dengan lembut dalam satu arah untuk meminimalisir kulit menjadi kendur dan iritasi. 


    Membuat Kulit Menjadi Kering

    Tisu basah biasanya mengandung alkohol dan pewangi yang kuat. Kandungan-kandungan tersebut dapat menghilangkan kelembapan alami di wajah yang membuat wajah menjadi semakin kering. 


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Sviatkovskyi on Freepik)