Celebrity

7 Film Saoirse Ronan yang Wajib Kamu Tonton

  by: Alexander Kusumapradja       13/2/2020
  • Masih dalam euforia Academy Awards di awal minggu ini, salah satu aktris yang paling banyak dibicarakan tahun ini adalah Saoirse Ronan yang perannya sebagai Jo March di film Little Women kembali menjadikannya nominasi Aktris Terbaik untuk ketiga kalinya setelah Brooklyn di 2016 dan Lady Bird di 2018. Meksipun sayangnya ia belum berhasil membawa pulang piala Oscars tersebut (Aktris Terbaik dimenangkan oleh Renee Zellweger di film Judy), namun Saoirse tetap menjadi salah satu aktris muda paling brilian saat ini.

    Berdarah Amerika-Irlandia, di umurnya yang baru 25 tahun, Saoirse adalah orang termuda kedua setelah Jennifer Lawrence yang pernah meraih empat nominasi Academy Awards. Nominasi Oscars pertama yang ia dapat adalah Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2008 lewat film Atonement ketika ia masih berusia 14 tahun. Wow, prestasi yang luar biasa bukan?

    Sudah mulai berakting sejak umur 9 tahun, sampai saat ini Saoirse sudah terlibat dalam 26 judul film layar lebar dengan peran-peran yang menarik. Berikut adalah film yang diperankan Saoirse Ronan yang wajib kamu tonton!



    1. Atonement (2007)

    Disutradarai oleh Joe Wright dan diangkat dari novel karya Ian McEwan, film ini bercerita tentang sepasang kekasih muda Cecilia Tallis (Keira Knightley) dam Robbie Turner (James McAvoy) yang harus merelakan hubungan mereka ketika kebohongan yang diucapkan adik perempuan Cecilia, Briony (Saoirse) mengubah jalan hidup mereka, termasuk membuat Robbie harus dijebloskan ke penjara. Berlatar Perang Dunia II, jalinan takdir antara Cecilia dan Robbie pun harus diuji kembali dan Briony harus berhadapan dengan konsekuensi dari perbuatannya. Meskipun perannya adalah sumber masalah di film ini, namun Saoirse yang merupakan aktris pendatang baru dan mendapat peran di film ini ketika ia masih berusia 12 tahun berhasil menjadi favorit penonton dan kritikus berkat kemampuan akting, ekspresi, dan dialog yang kuat. Film ini mengantarkan Saoirse ke nominasi Academy Awards perdananya di kategori Aktris Pendukung Terbaik.

    2. The Lovely Bones (2009)

    Dalam film bergenre supernatural thriller drama ini, Saoirse berperan sebagai tokoh utama seorang gadis 14 tahun bernama Susie Salmon yang tewas dibunuh oleh tetangganya (Stanley Tucci) sendiri. Kematiannya meninggalkan luka mendalam bagi orangtuanya (Mark Wahlberg & Rachel Weisz) yang harus bertahan menjalani hidup sambil berusaha memecahkan misteri pembunuh putrinya. Susie sendiri terjebak di antara dunia hidup dan mati karena masih tak rela meninggalkan dunia ini demi melindungi anak-anak lain dari ancaman si pembunuh dan berpisah dengan orang-orang tercintanya. Saoirse baru berusia 13 tahun ketika syuting film ini dan awalnya keluarganya sempat ragu mengizinkan ia terlibat di film ini karena topiknya yang gelap namun akhirnya sepakat setelah bertemu dengan sutradara Peter Jackson. Siapkan tissue saat menonton film ini ya, babes!

    3. Hanna (2011)

    Saoirse kembali menjadi pemeran utama sebagai Hanna, seorang gadis remaja yang dibesarkan sebagai pembunuh oleh ayahnya yang merupakan mantan agen CIA (Eric Bana) di hutan Finlandia. Ketika dirasa waktunya tiba, ayah dan anak itu pun kembali ke peradaban dan Hanna punya misi khusus untuk mencari tahu latar belakangnya dan selamat dari kejaran agen CIA yang dipimpin oleh Cate Blanchett. Penuh dengan adegan laga yang membuat adrenalin kita terpacu, dibumbui dengan persahabatan antara gadis remaja, dan soundtrack keren dari The Chemical Brothers, film besutan sutradara Joe Wright ini mendapat respons positif baik dari segi cerita, produksi, maupun akting para pemain. Film ini membuat nama Saoirse yang telah menginjak usia remaja sebagai salah satu aktris muda paling berbakat.

    4. Brooklyn (2015)

    Berlatar tahun 1951, di film garapan sutradara John Crowley dari novel karya Colm Toibin ini, Saoirse berperan sebagai Eilis Lacey, seorang gadis Irlandia yang beremigrasi ke New York City untuk mencari peluang baru. Di New York, Eilis tinggal di Brooklyn bersama beberapa wanita Irlandia lainnya dan mulai menjalani hidup barunya sambil melawan perasaan home sick pada rumah dan keluarganya di kampung halaman. Pertemuannya dengan seorang pemuda berdarah Italia (Emory Cohen) kian mewarnai hidupnya hingga akhirnya sebuah kejadian mengharuskannya kembali ke Irlandia dan menentukan pilihan untuk masa depannya sendiri. Tayang perdana di Sundance Film Festival 2015, film ini disebut sebagai salah satu film terbaik di tahun 2015 dan mengantarkan Saoirse meraih nominasi Aktris Terbaik perdananya di Academy Awards.



    5. Lady Bird (2017)

    Film garapan Greta Gerwig ini bisa dibilang film paling ikonik dari filmografi Saoirse Ronan sejauh ini. Di sini ia berperan sebagai tokoh utama Christine “Lady Bird” McPherson, seorang siswi senior di SMA katolik di daerah Sacramento, California tahun 2002. Kehidupan finansial keluarganya yang tidak terlalu baik membuatnya sering berkonflik dengan sang ibu (Laurie Metcalf). Ia pun mengajak sahabatnya, Julie (Beanie Feldstein) ikut latihan teater sekolah dan bermimpi untuk pindah ke kota besar setelah lulus SMA. Film coming of age ini bercerita tentang perjuangan mencari jati diri di usia remaja, memasuki proses kedewasaan, berkompromi dengan keadaan, serta bersyukur pada apa yang kita punya sekarang. Turut dibintangi oleh Timothée Chalamet, film ini menjadi salah satu film terbaik tahun 2017 dan dinominasikan untuk 4 kategori Academy Awards, termasuk nominasi Aktris Terbaik untuk Saoirse.

    6. Mary Queen of Scots (2018)

    Di film drama sejarah garapan Josie Rourke ini, Saoirse berperan sebagai Mary, Queen of Scots dan beradu akting dengan Margot Robbie sebagai sepupunya, Ratu Inggris Elizabeth I dan menggambarkan konflik antara dua negara tersebut di 1569. Pecinta cerita sejarah Inggris yang rumit akan menyukai pertempuran konflik politik antara dua sosok wanita berkuasa tersebut dengan agendanya masing-masing yang dibumbui dengan skandal dan hubungan cinta di balik tembok istana. Turut dibintangi oleh David Tennant, Jack Lowden, Joe Alwyn, dan Guy Pearce, performa Saoirse dan Margot yang saling melengkapi mendapat apresiasi positif dari para kritikus.

    7. Little Women (2019)

    Tak lengkap rasanya membahas filmografi Saoirse Ronan tanpa menyebut film terbarunya sejauh ini, Little Women, yang kembali mempertemukannya dengan sutradara Greta Gerwig dan beradu akting dengan Timothée Chalamet. Diangkat dari cerita klasik karya Louisa May Alcott yang sudah beberapa kali diadaptasi ke layar lebar, Saoirse berperan sebagai tokoh utama Josephine “Jo” March, anak kedua dari keluarga March yang punya empat putri dengan sifat dan minatnya masing-masing: anak pertama Meg (Emma Watson) yang feminin dan tercantik, Jo yang tomboy dan bermimpi menjadi penulis, putri ketiga Amy (Florence Pugh) si pembangkang yang bercita-cita menjadi pelukis terkenal di Eropa, serta putri bungsu Beth yang paling baik dan mahir bermain piano. Meskipun kondisi ekonomi mereka termasuk sederhana setelah sang ayah (Bob Odenkirk) pergi ke medan perang, namun sang ibu alias Marmee (Laura Dern) selalu mengajarkan keempat putrinya untuk berbagi dan menolong orang yang lebih kesusahan. Pahit-manis kakak-beradik tersebut memasuki proses dewasa dengan tantangannya masing-masing, hubungan cinta yang rumit, dan tuntutan terhadap wanita yang masih begitu kuat di zaman itu membuat cerita ini tak lekang oleh zaman, termasuk di adaptasi terbarunya ini. Dikemas dengan penyutradaraan Greta yang cerdas, sinematografi indah, dan tata busana yang cantik membuat film ini diganjar 6 nominasi Academy Awards 2020, termasuk Aktris Terbaik untuk Saoirse. Definitely must watch!


    (Alex.K/Image: Outnow.ch)