Lifestyle

Rekomendasi Liburan Wellness untuk Valentine bersama Si Dia

  by: Givania Diwiya Citta       13/2/2020
  • Ah, Valentine adalah waktunya untuk menghabiskan waktu romantis bersama si dia, intimate… only you and him in the world! Dan tak ada yang lebih tepat selain menghadiahi diri serta si dia sebuah trip wellness escape untuk mempererat ikatan hubungan kalian, atau memanaskan api asmara kembali! Cosmo mengurasi sederet resor di Asia untuk pengalaman meraih well-being yang holistik. Baca: esensial untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan kebahagiaan kamu dan si dia.


    Como Uma Paro, Bhutan




    Di kota Paro yang menjadi pusat kultur Bhutan, sebuah mountain retreat Como Uma Paro bertengger di antara ladang gandum, persawahan, dan sungai yang diisi ikan trout. Resor dengan 20 kamar dan sembilan vila tranquil ini memang sengaja dirancang intim, tentu saja dalangnya adalah seniman Bhutan, Cheong Yew Kwan, yang juga berperan sebagai arsitek Como Shambhala Estate di Bali! Lanskap desa tradisional Bhutan menjadi refleksi ambience resor, mulai dari penggunaan materi kombinasi kayu ek, hemlock, pohon cemara, pohon maple yang dikreasikan dalam teknik turun temurun, sampai konsep padang rumput bunga liar yang diimplementasikan dalam keseluruhan desain lanskap resor. Artinya: wellness sanctuary


    Dengan Como Chambala Retreat di dalam resor yang menghadirkan sederet treatment holistik, rangkaian terapi ayurvedic yang bisa dilanjutkan dengan berlatih yoga sampai pilates, turut bisa dijajal bersama dokter naturopati. Jangan lewatkan juga sesi Bhutanese Traditional Hot Stone Bath & Massage yang menggunakan batu sungai lokal untuk pain-relieve dalam tubuh dan pikiran. BRB, Cosmo is packing!


    Cempedak Island, Indonesia


    Pulau privat yang berlokasi sembilan kilometer dari timur Bintan ini menawarkan panorama laut yang unspoiled. Dilingkari oleh pantai berpasir putih dan dipagari oleh dinding alam dari granit, Cempedak Island kian dramatis berkat arsitektur resor yang berdesain bulan sabit dan dikonstruksi sepenuhnya oleh bambu. Eco-resort lantas menjadi salah satu titelnya berkat praktik sustainable yang diaplikasikan pada resor. Bagaimana tidak, experience menjajal alam – seperti pelestarian hewan asli lutung keperakan, trenggiling (yang kritis hampir punah), sampai penyu sisik – bebas dieksplor di sini! 


    Lebih dari itu, sensasi excluded di alam, bertelanjang kaki (sangat dianjurkan), dan terputus dengan dunia elektronik, menjadi pelengkap sensasi wellbeing tanpa harus bepergian terlalu jauh dari kota tempat tinggal kita. Untuk memanjakan diri, coba treatment otentik di The Rock Spa yang menggunakan teknik perawatan tradisional, dalam latar suara gemuruh ombak dari teluk bakau yang idyllic


    Shinta Mani Wild, Kamboja


    Memadukan sensasi safari mewah dengan konsep wellbeing yang radikal, Shinta Mani Wild sengaja berdiri di dalam hutan rimba South Cardamom National Park, tiga jam berkendara dari kota Phnom Penh. Terdapat 15 tenda luks dengan dua jenis panorama – air terjun dan alam bebas – yang bisa dihuni, seperti tenda bernama Jacky O’ yang merepresentasikan hasil dari inspirasi perjalanan Jacqueline Kennedy Onassis yang mengeksplorasi kerajaan Kamboja bersama Raja Sihanouk tahun 1967. Ya, masing-masing tenda memanglah didesain berdasarkan spirit Golden Age di Kamboja, membuat pengalaman tinggal di tenda kian otentik. 


    Oke, sekarang adalah waktunya mencicipi wellness yang disuguhkan. We literally mean, taste it. Karena menu hidangan yang disajikan di resor merupakan kreasi dari tanaman liar edible di hutan! Untuk lebih meraih holistik, lanjutkan ke Khmer Tonics Spa yang menghadirkan treatment bebas bahan kimia. Psst, coba river-tone foot massage sambil menceburkan diri ke kolam air terjunnya. You’ll be back for more!


    Amantaka, Laos


    Di dalam Luang Prabang yang dilindungi UNESCO, ‘sanctuary’ rasanya menjadi titel tepat untuk Amantaka. Resor yang dilengkapi kolam renang privat, studio yoga, sampai Aman Spa yang ultra modern, merefleksikan semangat ‘ajaran Buddha’ secara holistik pada seluruh servisnya. Yang lebih intriguing, Amantaka pun mendirikan Buddhist Learning Centre di dalam kawasan resornya, lho! 




    Di sini, coba ambil sesi bersama biksu Sengdao Santikaro yang akan membimbing secara privat tentang lima prinsip menuju good living. Tak hanya bermeditasi, namun sensasi recharge dan bonding juga bisa didapatkan di sini. Setelahnya, coba ikuti biksu senior Sombath Watsiphoutthabat untuk ikut tur personal ke kuil Wat Siphoutthabath. Truly authentic! Untuk menutup perjalanan wellness, coba juga menu spa Lao healing traditions yang mengombinasikan rempah lokal dan ritual Buddha ke dalam treatment-nya.


    Hoshinoya Karuizawa, Jepang


    Selayaknya taman belakang yang luasnya masif, Hoshinoya Karuizawa sengaja menjadi paviliun yang memiliki lanskap sungai serta hutan Karuizawa sebagai primadonanya. Namun selain dari ekosistem yang kaya – di mana suara gemericik air sungai berpadu dengan burung-burung penghuni asli kaki Gunung Asama bergemuruh sepanjang hari – sensasi wellness juga diraih dari Meditation Bath di hot spring. Karena pilihan waktu berendam pada malam hari tersebut akan mengasah ketajaman panca indera di antara scene alam Karuizawa yang jauh lebih menenangkan. 


    Jika ingin pengalaman yang lebih holistik, coba ikuti paket Digital Detox Day yang menawarkan serangkaian shiatsu treatment, berkuda, Onsen Mind Work, sampai berjalan pagi sambil menangkap gambar alam dengan tantangan menggunakan kamera analog. Shall we begin life again?


    Wild Coast Tented Lodge, Sri Lanka


    Sebuah kompleks tenda luks yang berlokasi di belantara hutan Yala National Park (yang tersohor akan populasi macan tutul!) menjadi semakin stunning dengan panorama langsung yang menghadap Samudera Hindia. Rancangan para desainer dari Belanda, Inggris, dan Sri Lanka untuk ke-28 tenda dalam resor pun menciptakan tampilan kepompong, hingga membuatnya tampak seamless dengan alam sekitarnya. Selain menjunjung konsep sustainable, bersafari untuk mendekatkan diri dengan alam juga menjadi sorotan utama untuk meraih well-being, salah satunya dengan melakukan bush walk


    Saat ingin relaksasi, Sanctuary Spa pun menghadirkan sensasi spa tropis yang vibran, terutama dengan bahan produksi lokal Ceylon Tea dan Ceylon Cinnamon yang digunakan pada minyak sampai scrub. Konsep keotentikan pun diimplementasikan holistik pada menu hidangan yang seluruhnya diracik dari produksi lokal, yang tentunya, terinspirasi dari alam wild coast.


    Sangha Retreat, Tiongkok


    Menggabungkan kearifan Timur dan ilmu pengetahuan dari Barat, Sangha Retreat hadir mengisi ruang integrated health untuk meraih wellness yang menyeluruh. Lokasi di kota Suzhou yang dijuluki “Venisia dari Timur” pun menjadi fasilitas primer yang mengakomodasi serenity dalam resor. Tujuannya adalah satu: untuk meraih siklus baru tentang wellness yang melibatkan kesehatan pikiran, tubuh, dan spiritual. 


    Selain bisa menikmati treatment spa seperti Hydrothermal Circuit yang melibatkan 12 stase perawatan, hadirnya para ahli fisioterapi sampai nutrisionis dalam melatih kesehatan tubuh yang mindful juga patut dieksplor. Last but not least, kreasi hidangan dari Chef Paul Then yang dilatih oleh chef berbintang Michelin pun menyuguhkan kreasi gastronomi bernutrisi, organik, lokal, artistik, yang seluruhnya bertujuan untuk meraih konsep harmoni dalam diri. Great wellness escape here we come!


    (Givania Diwiya / FT / Opening Image: Priscilla Du Preez on Unsplash / Images: Courtesy of resorts)