Lifestyle

Yuk, Kenalan Dengan Berbagai Jenis Cokelat!

  by: Fariza Rahmadinna       14/2/2020
  • Valentine hanya tinggal menghitung hari, dear. Oh so excited! Siapa yang sudah mempersiapkan hadiah sebatang cokelat untuk pasangan? Membahas mengenai cokelat, dikutip dari BBC Good Food, coklat merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari biji kakao yang telah melalui serangkaian proses. Variasi rasa dan bentuk yang beragam membuatnya digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, banyaknya variasi rasa dan bentuk kerap membuat sebagian orang bertanya-tanya, apa perbedaan di antara masing-masing pilihan yang tersedia. Jika kamu salah satunya, kali ini Cosmo akan memberikan ulasannya mengenai jenis-jenis coklat berikut ini. Keep scrolling!


    Unsweetened Chocolate




    Unsweetened Chocolate atau cokelat tanpa pemanis terbuat dari 100 persen kakao tanpa tambahan gula atau pemanis buatan lainnya, yang disatukan oleh cocoa butter. Jenis cokelat ini memiliki rasa yang cenderung pahit sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi secara langsung. Unsweetened chocolate lebih sering digunakan untuk pembuatan kue.


    Cokelat Bubuk (Cocoa Powder)


    Sama halnya dengan unsweetened chocolate, cokelat mengandung 100 persen kakao tanpa tambahan gula dan cocoa butter di dalamnya. Cokelat bubuk memiliki rasa yang pahit, sehingga tidak cocok untuk dijadikan campuran minuman cokelat panas. Jenis cokelat ini lebih sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan berbagai makanan. 


    Dark Chocolate


    Dark chocolate adalah jenis cokelat yang mengandung lebih dari 70 persen kakao. Sesuai dengan namanya, dark chocolate memiliki warna hitam pekat dan biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman cokelat. Namun, karena dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tidak sedikit orang yang mengonsumsi cokelat ini secara langsung.


    Bittersweet Chocolate


    Bittersweet chocolate adalah jenis cokelat yang mengandung sekitar 70 persen kakao dan 30 persen gula. Jenis cokelat ini lebih sering digunakan untuk pembuatan kue daripada unsweetened chocolate. For your information, di Eropa, bittersweet chocolate is simply known as dark chocolate.




    Milk Chocolate


    Jenis cokelat ini merupakan cokelat paling populer di antara yang lainnya. Cokelat susu atau milk chocolate adalah jenis cokelat yang hanya mengandung 10 sampai 40 persen kakao ditambah dengan gula, susu dan perasa di dalamnya, sehingga memiliki rasa yang manis dan lembut.


    Coklat Putih


    Beberapa orang menganggap kalau cokelat putih tidak termasuk ke dalam jenis cokelat. Hal ini karena cokelat putih tidak mengandung kakao, dan justru terbuat dari lemak cokelat, cocoa butter, gula dan sedikit perasa sebagai penambah rasa. Oleh karena itu, warna cokelat jenis ini tidak coklat. Untuk rasanya, coklat putih cenderung memiliki rasa yang manis dan creamy. 


    Semi-sweet Chocolate


    Jenis cokelat ini mengandung sekitar 60 persen kakao dan 40 persen gula. Semi-sweet chocolate merupakan cokelat serbaguna karena dapat untuk pembuatan dessert,dan untuk dimakan.


    Itulah beberapa jenis cokelat yang perlu kamu ketahui. Mana yang menjadi favorit kamu, dear?


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Jessica Johnston on Unsplash)

    tags: jenis cokelat