Beauty

Teknik Membersihkan Kuas Makeup yang Tepat dan Mudah

  by: Kissy Aprilia       16/2/2020
  • Seperti halnya pakaian atau bahkan alat makan yang kamu gunakan setiap hari, membersihkan kuas makeup adalah kewajiban. Bayangkan apa yang akan terjadi pada kulitmu jika terus menerus terpapar oleh kotoran dan bakteri yang menempel di bulu kuas dalam waktu lama. Tentu saja berisiko mengalami iritasi dan ditumbuhi jerawat, ‘kan?

    So, girls.. pastikan kuas makeup dan aplikator lainnya tetap bersih dengan cara mencuci yang tepat dengan teknik simple berikut ini.




    Biasakan mencuci kuas makeup setiap minggu

    Jika kamu menggunakan kuas makeup atau beauty blender setiap setiap hari, maka kamu wajib membersihkannya setiap minggu. Titik! Tidak ada kompromi, kecuali kamu jarang menggunakannya, kamu diperbolehkan untuk mencuci kuas setiap dua atau satu kali setiap bulan. 


    Cukup bersihkan bagian ujung kuas

    Sebenarnya, kamu tidak perlu repot mencelupkan seluruh permukan bulu kuas makeup ke dalam hangat (yes, mencuci kuas makeup memang seharusnya dengan menggunakan air hangat, girls). Teknik ini akan membuat bulu kuas mudah rontok, karena melarutkan lem yang merekatkan bulu. Jadi, cukup basahi bagian ujung kuasnya saja lalu gosokkan secara perlahan.


    Gunakan sampo yang tidak mengandung wewangian

    Mau tahu produk sampo apa yang dapat kamu gunakan dan harganya juga affordable? It’s a baby shampoo. Tuangkan sampo ke dalam air dengan perbandingan 1:2, celupkan bagian ujung bulu kuas, lalu gosokkan di telapak tanganmu, dan bilas menggunakan air hangat.




    Jangan mengeringkan dengan blow dryer

    Setelah kuas makeup kembali bersih, peras semua sisa air dengan menggunakan tisu handuk, lalu baringkan seluruh kuas di atas meja dengan posisi bagian bulu menggantung di sisi ujung. Hindari mengeringkan kuas dengan menggunakan blow dryer karena akan membuat arah bulu menjadi berantakan dan juga cepat rontok.


    Last.. ganti produk kuas setiap tahun

    Sering atau tidak digunakan, debu, kotoran, dan bakteri yang ada di sekitar meja riasmu akan menumpuk di setiap helaian bulu kuas. Daripada kulit mengalami iritasi, sebaiknya kamu mengganti peralatan kuas setiap tahunnya, ya!


    (Kissy Aprilia, images:  cottonbroPhoto by from Pexels)