Lifestyle

4 Lokasi Syuting “Parasite” Ini Viral Dikunjungi Wisatawan!

  by: Alexander Kusumapradja       13/2/2020
  • Kesuksesan film “Parasite” karya Bong Joon Ho yang fenomenal membuat beberapa lokasi yang menjadi tempat syuting tersebut ramai dikunjungi baik oleh wisatawan Korea maupun internasional. Bertempat di Seoul, beberapa lokasi seperti supermarket yang tampil di adegan film tersebut kini ramai didatangi orang yang ingin berfoto di depannya. Pemilik supermarket tersebut, pasangan suami-istri lansia berusia 70-an tahun mengaku rasanya seperti mimpi ada orang jauh-jauh datang dari Kanada untuk mengunjungi supermarket kecil tersebut. Visit Seoul bahkan sampai membuat paket tur khusus untuk mengunjungi lokasi-lokasi syuting film tersebut. Ke mana saja? Kita lihat bersama yuk! 


    1. Woori Supermarket (Doijissal Supermarket).

    Supermarket ini adalah lokasi di mana Kim Ki-woo (Choi Woo-shik) bertemu dengan temannya Min-hyuk (Park Seo-joon) yang memintanya mengambil alih pekerjaannya sebagai guru privat di keluarga Park yang kaya raya. Di film, nama supermarket ini tertulis Woori Supermarket namun nama sebenarnya adalah Doijissal Supermarket. Tempat di daerah Mapo ini dengan cepat menjadi salah satu tujuan populer bagi pecinta film “Parasite” untuk dikunjungi dan berfoto di depannya. Bila kamu mampir ke sini, kamu bisa sekalian jajan cemilan-cemilan nostalgia khas Korea Selatan yang ada di toko ini.



    Woori Supermarket (Doijissal Supermarket)

    Alamat: 32, Songijeong-ro, Mapo-gu, Seoul.

    Jam operasi: 08:30~24:30, setiap hari .

    Kontak: 02-393-5806.

    Panduan Arah: Subway Line 2(#243) Line 5(#531) Exit 6 di Stasiun Chungjeongno, lalu berjalan kaki 10 menit.

    2. Tangga di daerah Ki-taek.

    Tangga ini menjadi lokasi adegan Ki-jeong (Park So-dam) membeli buah persik dan membawanya ke rumah keluarga Park untuk menjalankan misi selanjutnya. Berjarak sekitar satu menit dari Woori Supermarket (Doijissal Supermarket), tangga ini mungkin terlihat seperti tangga biasa namun berkat “Parasite” jadi ramai. Karena tangga ini terletak di daerah pemukiman, pengunjung dihimbau untuk tak terlalu berisik, menjaga kebersihan, dan tak menghalangi penduduk setempat yang berlalu-lalang di tangga ini. Kalau ke tempat ini, kamu bisa sekalian mengunjungi Ahyeon-dong Furniture Complex, Taman Seosomun, Taman Olahraga Songijeong, dan beberapa tempat menarik lain yang tak jauh dari situ.

    Tangga di daerah Ki-taek

    Alamat: 3, Songijeong-ro 6-gil, Mapo-gu, Seoul.

    Panduan arah: Subway Line 2(#243) Line 5(#531) Exit 6 di Stasiun Chungjeongno, berjalan kaki 10 menit, 1 menit dari Doijissal Supermarket.

    3. Tangga di Terowongan Jahamun.

    Dalam salah satu adegan klimaks film ini, keluarga Kim melarikan diri di bawah hujan deras dari rumah keluarga Park setelah malam yang sangat menegangkan. Sutradara Bong Joon Ho secara spesifik memilih lokasi untuk menggambarkan perbedaan kelas antara dua keluarga tersebut di mana keluarga Kim terlihat seperti “jatuh” dari surga dan kembali ke dasar tanah. Kini hanya dengan melihat fotonya saja, kamu mungkin bisa membayangkan adegan tersebut dengan jelas. Suasana di dalam terowongannya pun punya atmosfer yang cukup menyeramkan, khususnya di hari-hari hujan. Di dekat lokasi ini, kamu bisa sekalian mengunjungi Istana Gyeongbokgung, Museum Seni Seoul, dan Museum Literatur Yun Dong-Ju Sang Penyair yang berjarak tidak terlalu jauh.

    Tangga di Terowongan Jahamun

    Alamat: 219, Jahamun-ro, Jongno-gu, Seoul.

    Panduan arah: Subway Line 3 Exit 2 di Stasiun Gyeongbokgung(#327), berjalan kaki 10 menit.



    4. Pizza Age (Sky Pizza).

    Di awal film ini kita mengetahui bahwa keluarga Kim mencari nafkah dengan menjadi tukang lipat kotak pizza bernama Pizza Age. Di kehidupan nyata, restoran pizza ini bernama Sky Pizza dan merupakan toko pizza lokal yang sudah berdiri selama 17 tahun. Kabarnya pemilik restoran pizza ini yang mengajarkan mereka cara melipat kotak pizza dengan benar. Kotak pizza yang menjadi properti di film pun akhirnya dipajang di dalam toko untuk menarik perhatian pengunjung dan di luarnya ada foto sang pemilik bersama sutradara Bong Joon-ho sebagai promosi. Selain berfoto, yang jelas kamu juga harus mencicipi langsung kelezatan menu restoran ini seperti “Rich Gold Sweet Potato Pizza” yang menggunakan keju alami, fried chicken, dan ayam goreng crispy ("Dakgangjeong") bersaus asam-manis dengan resep rahasia sang pemilik.

    Pizza Age (Sky Pizza)

    Alamat: 86, Noryangjin-ro 6-gil, Dongjak-gu, Seoul.

    Jam buka: 10:00~22:00, setiap hari.

    Kontak: +82-2-822-3082.

    Panduan arah: Subway Line 1(#136) & Line 9(#917) Exit 6 di Stasiun Noryangjin, berjalan kaki 10 menit.


    Mengingat euforia “Parasite” masih hangat setelah memenangkan 4 piala Academy Awards tahun ini, bisa dipastikan kepopuleran tempat-tempat di atas akan makin melesat dan bisa menjadi tujuan wisata bagi pecinta film tersebut. Tertarik datang?


    (Alex.K/Image: Outnow.ch. Instagram @visitseoul_official)