Celebrity

Natalie Portman Merespon Kritik dari Rose McGowan

  by: Givania Diwiya Citta       15/2/2020
  • Natalie Portman merespon kritik yang dilayangkan Rose McGowan tentang cape yang ia kenakan di Oscar awal bulan Februari ini. Cape tersebut dibordir dengan nama dari delapan sutradara perempuan, dan Natalie mengenakannya saat ia berjalan di red carpet sebelum acara dimulai. Banyak yang memuji Natalie karena sudah menyoroti kurangnya apresiasi terhadap sutradara perempuan dalam industri film (perempuan hanya pernah ditampilkan setidaknya 15% dari seluruh 200 film yang tercipta pada 2018 sampai 2019).


    Namun dalam sebuah unggahan Facebook yang panjang, tepatnya dua hari setelah acara, Rose menyinggung tentang busana Natalie dan bilang, “Saya menganggap jenis aktivisme Portman sangat ofensif bagi kita semua yang sesungguhnya melakukan aktivisme nyata. Saya tidak menulis ini karena sebuah kebencian, melainkan saya menulis ini karena merasa jijik.”






    Rose kemudian menyebut Natalie dan karyanya bersama sutradara perempuan, “Natalie, Anda hanya bekerja sama dengan dua sutradara perempuan di karier Anda yang amat panjang – bahkan salah satunya adalah Anda sendiri. Anda punya sebuah perusahaan produksi yang hanya mempekerjakan satu sutradara perempuan – yaitu Anda sendiri.”


    Ia melanjutkan, “Sementara itu, saya sudah mengangkat suara dan memperjuangkan sebuah perubahan tanpa kompensasi apapun. Itulah yang disebut dengan aktivisme… Sampai Anda dan rekan aktris Anda bekerja nyata, tolonglah kami dan gantung jubah bordiran aktivis Anda, pakaian itu tidak tepat.”






    Natalie lalu merespon komentar Rose dengan statement miliknya sendiri, ia bilang, “Saya setuju dengan Nona McGowan bahwa tidak akurat menyebut saya ‘pemberani’ karena mengenakan pakaian yang menampilkan nama-nama perempuan. Berani adalah istilah yang saya asosiasikan kuat dengan aksi, seperti para perempuan yang telah memberi kesaksian terhadap Harvey Weinstein beberapa minggu lalu, bahkan saat mereka berada di bawah tekanan yang kuat."


    Natalie melanjutkan, “Beberapa tahun terakhir kita bisa melihat mekarnya kesempatan menyutradarai bagi perempuan berkat upaya kolektif dari banyak orang yang lantang pada sistem. Hadiahnya adalah film-film yang luar biasa. Saya harap colekan-colekan kecil tidak mendistraksi tentang pencapaian besar mereka.”


    Hingga kini, Rose belum berkomentar terhadap respon Natalie.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan UK)