Love & Sex

Singles Awareness Day: Hari Spesial untuk Kamu yang Jomblo

  by: Shamira Priyanka Natanagara       15/2/2020
  • Jika kamu single dan muak melihat segala postingan media sosial para pasangan yang merayakan Hari Valentine kemarin (we feel you, girls), buang perasaan kesalmu, karena ada hari spesial untuk merayakan para single: Singles Awareness Day. Ya, benar-benar ada!

    Singles Awareness Day jatuh pada tanggal 15 Februari setiap tahunnya, sehari setelah Hari Kasih Sayang. So, buat rencana untuk merayakan hari spesial ini sendiri atau bersama teman lajang lainnya, dan jika mau, siapkan postingan media sosial untuk memperingati hari khusus para lajang ini. It’s okay, kamu berhak untuk memamerkan status hubunganmu. Show them that you’re single and you don’t care about what people think!

    Berikut adalah segala hal tentang Singles Awareness Day bagi kamu yang belum familier, mulai dari sejarah hingga tradisi di berbagai dunia.




    Apa itu Singles Awareness Day?

    Singles Awareness Day adalah hari untuk merayakan orang-orang yang single alias tidak memiliki kekasih. Perlu diingat bahwa hari spesial ini tidak ditujukan untuk meremehkan orang-orang single, justru diadakan agar para singles merayakan self-love alias kasih sayang pada diri sendiri, serta menunjukkan pada dunia bahwa menjadi single itu bukan sebuah masalah.


    Asal mula Singles Awareness Day

    Asal mula hari spesial untuk para lajang ini kurang jelas, tapi situs resmi Singles Awareness Day menyatakan bahwa perayaan ini telah memiliki hak cipta sejak 2005. Situs National Day Calendar pun mengatakan bahwa hari perayaan ini telah ada sejak tahun 1999, dicetuskan oleh mahasiswa Mississippi State University Dustin Barnes. 

    Menurut penulis Bella DePaulo, dikutip dari Refinery29, Hari Valentine bisa memberi tekanan pada orang-orang single, serta terlalu “mengagungkan” hubungan romantis. Hmm… Cosmo yakin tidak sedikit orang setuju dengan Bella, bukan?




    Apa yang bisa dilakukan untuk merayakan Singles Awareness Day?

    Situs resmi Singles Awareness Day menganjurkan orang-orang single untuk memberi diri masing-masing kado, bunga, dan mengadakan perkumpulan dengan para singles lainnya untuk bersenang-senang. 

    Pada dasarnya, hari ini ditujukan bagi kamu yang tidak memiliki pasangan untuk melakukan hal-hal yang membuat dirimu bahagia. It’s time to treat yourself! Cosmo sarankan untuk memanjakan tubuh di spa atau salon, movie marathon di rumah, meditasi, melepaskan sisi kreatifmu dengan membuat karya-karya seni, dan bahkan kamu pun bisa solo traveling—ini adalah saat yang tepat. Fokus pada dirimu di hari spesial ini!


    Perayaan Singles Awareness Day di berbagai negara

    Di Britania Raya, ada perayaan untuk orang-orang yang dinamakan National Singles Day. Berbeda dari Singles Awareness Day yang jatuh pada 15 Februari, hari khusus para lajang di Britania Raya diadakan pada tangga 11 Maret (11/03). Alasannya? Angka ‘1’ menandakan hidup sebagai single, dan angka ‘3’ menunjukkan kebersamaan (“saya, kamu, dan kita”). 

    Selain Britania Raya, Korea Selatan pun memiliki hari spesial untuk orang-orang yang tidak memiliki pasangan. Singles Awareness Day versi Korea Selatan disebut Black Day dan jatuh pada 14 April setiap tahunnya. Dikutip dari Huffington Post, warga Korea Selatan single yang memilih untuk merayakan hari ini memakai pakaian serba hitam, serta menyantap makanan berwarna hitam, seperti jajangmyeon (mie kacang kedelai hitam). 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: Simon Maage on Unsplash)