Better You

Yang Perlu Kamu Tahu Soal Mercury Retrogade Tahun Ini

  by: Alexander Kusumapradja       17/2/2020
  • Dear Cosmo babes, we’re sorry to bring the news, tapi tanggal 17 Februari ini adalah hari dimulainya Mercury Retrogade pertama tahun 2020 yang merupakan momok tersendiri bagi para penggemar astrologi dan dianggap sebagai masa sial bagi mereka yang percaya. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mempersiapkan diri sebelum memasuki Mercury Retrogade. Simak panduan yang perlu kamu tahu soal Mercury Retrogade tahun ini.

    via GIPHY



    Apa Sebetulnya Mercury Retrogade?

    Besar kemungkinan kamu sudah paham inti dari Mercury Retrogade bila mengklik artikel ini, tapi untuk yang belum tahu, kamu bisa membaca penjelasan lebih detailnya di sini. Penjelasan paling sederhana dari Mercury Retrogade adalah ketika planet Merkurius memasuki masa retrograde dan bergerak mundur yang sebetulnya adalah ilusi optik bila dilihat dari Bumi. Dilihat dari segi astrologi, Planet Merkurius membawahi urusan komunikasi dan ketika planet ini dalam masa retrograde, urusan komunikasi pun ikut kena dampaknya dan jadi kacau. Banyak kesalahpahaman dalam berkomunikasi yang mungkin muncul dan membuat kita berhadapan dengan konflik atau hal-hal kurang menyenangkan.

    via GIPHY

    Tanggal Mercury Retrogade Tahun Ini

    Berita baiknya, Mercury Retrogade bersifat sementara dan hanya terjadi beberapa kali dalam setahun. Di tahun 2020 ini, kita akan memiliki tiga masa Mercury Retrogade yang masing-masing akan berlangsung sekitar tiga minggu. Karena akan ada pergerakan astrologi lain yang membawa pengaruhnya masing-masing, tak akan ada masa retrograde yang terasa sama.


    17 Februari sampai 10 Maret

    Mercury Retrogade pertama tahun ini akan berlangsung selama 23 hari, dimulai dari pengujung musim Aquarius sebelum memasuki Pisces. Di dua hari pertama retrograde ini, yaitu 17 dan 18 Februari, kita disarankan untuk berhati-hati agar tidak membuat orang lain kesal dengan opini kita yang tegas karena rentan disalahartikan di masa-masa ini. Dari 19 Februari sampai 10 Maret, usahakan agar tidak memasukkan ke hati omongan orang lain yang terasa tidak enak. Kamu mungkin akan lebih merasa sensitif di masa ini, tapi ingat kembali bahwa orang lain mungkin juga sedang kesulitan menyampaikan maksud mereka yang sebenarnya.


    18 Juni sampai 12 Juli

    Mercury retrograde kedua tahun ini akan terjadi di tengah tahun dan berlangsung cukup lama, yaitu 25 hari. Dimulai di musim Gemini sebelum bertransisi ke Cancer. Dari tanggal 18 sampai 20 Juni, kamu mungkin merasa daya tarikmu tidak sekencang seperti biasanya dan sulit membangun koneksi dengan orang lain. Dari 20 Juni sampai 12 Juli, emosi kamu akan turun-naik yang membuatmu mudah salah paham membaca situasi dan merasa semua hal di sekitarmu bergerak melawan keinginanmu. Believe us, it’s not. Dan kamu sebaiknya mencari klarifikasi terlebih dahulu sebelum membuat kesimpulan yang sembrono.




    14 Oktober sampai 3 November

    Mercury Retrogade terakhir tahun ini akan berlangsung selama 21 hari dan terbagi di antara musim Libra dan Scorpio. Dari 14 sampai 21 Oktober, kamu mungkin akan menemukan kendala teknis pada gadget yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang tersayangmu. Daripada kesal, berkabar saja dengan cara sederhana yang tidak bergantung pada chat atau Direct Message. Bikin janji dan catch up dengan mereka secara langsung. Dari 24 Oktober sampai 3 November, kamu mungkin merasa punya dorongan untuk menyampaikan apapun yang selama ini menjadi beban pikiranmu, tapi kamu harus sangat berhati-hati. Kecuali kamu bisa menyampaikannya dengan cara yang bijaksana, kamu berisiko melukai perasaan lawan bicaramu dengan omongan yang tak bisa ditelan kembali.

    via GIPHY

    Bertahan Menghadapi Mercury Retrogade

    Kamu tentu tak mau menjadi korban dari miskomunikasi, kan? Bukan berarti kamu harus menutup mulut rapat-rapat dan berdiam sendiri untuk cara aman di masa Mercury Retrogade ini. Sebaliknya, jalani saja aktivitasmu seperti biasa namun pikirkan dulu matang-matang sebelum mengungkapkan sesuatu dan caramu berkomunikasi dengan orang lain. Pikir dua kali sebelum bicara dan lakukan dengan empati bagi lawan bicaramu. Sampaikan maksudmu dengan jelas namun tetap terasa hangat. Untuk masalah teknis alat komunikasi, selalu siapkan rencana cadangan seperti membawa power bank ke manapun kamu pergi kalau sewaktu-waktu teleponmu habis daya baterai. Saat kamu mendengar suatu hal yang terasa janggal atau ambigu, klarifikasi langsung dengan si pembicara sampai maksudnya jelas dan kamu tidak terjebak prasangka buruk. Dengan sikap yang lebih tenang dan hati-hati, Mercury Retograde pun bukan lagi ancaman yang menakutkan.


    (Alex. K/Image: pawel szvmanski on Unsplash )