Better You

7 Cara Merawat Kesehatan Vagina Setelah Aktivitas Seks

  by: Giovani Untari       18/2/2020
  • Hmmm.. terkadang kita kerap mengabaikan Miss Cheerful (dan memilih untuk tidur or cuddle) setelah sesi seks nan howt bukan? Padahal ada sejumlah step penting yang wajib kamu perhatikan untuk Miss Cheerful setelah seks berakhir, whoa!


    1. Always Clean Up Your Miss Cheerful

    Part ini sangat penting bagi Miss Cheerful kamu, ladies! Jadi usahakan untuk segera membersihkan area kewanitaan setelah seks menggunakan air hangat atau sabun lembut. Tujuannya: untuk menghindari infeksi di area kewanitaan termasuk infeksi saluran kemih. “Belum lagi pelumas serta aktivitas seks yang melibatkan tangan, mulut, dan rektum membawa bakteri yang berpotensi meningkatkan infeksi di area Miss Cheerful,” tutur Dr Sherry Ross, seorang gineokolog sekaligus pakar kesehatan perempuan di Santa Monica, California.




    2. Don't Forget Dry It!

    Setelah membersihkan area kewanitaan, pastikan pula untuk menjaga Miss Cheerful selalu dalam kondisi kering. Miss Cheerful yang lembap menjadi ruang subur bagi pertumbuhan bakteri dan jamur (yang bisa menjadi berbagai masalah baru!). Jangan lupa, selalu membersihkan dan mengeringkannya secara front-back. Cara ini mencegah bakteri dari rektum menyebar ke area kewanitaan. 



    3. Pee It, Darla

    Faktanya membuang air kecil paska seks mencegah penyakit infeksi saluran kemih. Menurut Dr. Allison Hill dan Dr. Yvonne Bohn, dua obgyn di Los Angeles Obstetricians & Gynecologists, proses pee setelah sesi intercourse dapat membantu mengeluarkan bakteri yang singgah di area saluran kencing.

    Notes: Ada baiknya juga kamu membuang air kecil sebelum dan setelah seks.  


    4. Gulp Some Water



    Tanpa kamu sadari, dehidrasi ternyata turut memengaruhi kondisi area kewanitaan. Usahakan untuk meneguk segelas air putih setelah sesi seks. Selain itu, tubuh yang terhidrasi pun membuatmu dapat lebih mudah buang air kecil. Di mana seperti poin sebelumnya, hal ini baik bagi kondisi kesehatan Miss Cheerful setelah seks.




    5. Choose Cotton Underwear

    Benar Miss Cheerful telah "bekerja keras" selama momen seks bersama si dia. Hadiahkan 'ia' melalui kenyamanan dengan memilih underwear berbahan cotton yang lembut. Bahan cotton membuat bagian kewanitaan lebih bernapas dan bebas iritasi. Hindari material underwear berbahan nylon atau silk, bahkan yang berukuran terlalu ketat.


    6. Eat More Probiotic Foods

    Tahun 2020 ini, saatnya mengganti after sex-snacks kamu dengan opsi makanan yang mengandung probiotik (bye, fast food!). Kandungan probiotik dalam makanan seperti yogurt, kombucha, kimchi, serta beberapa jenis keju mozzarella, gouda, dan cheddar mengandung active cultures yang dapat meningkatkan kadar bakteri baik Miss Cheerful. Bakteri baik tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi jamur di area kewanitaan.


    7. New Routine: Soak in the Warm Water



    Buat Miss Cheerful merasa lebih relaxing dan clean dengan berendam di air hangat. Cara ini juga membuat rasa nyeri di Miss Cheerful paska seks mereda. "Berendam di air hangat yang telah dicampur extra-virgin coconut oil juga efektif menghindrasi kulit di area luar vagina," tambah Dr Sherry Ross. 

    Catatan penting: sebaiknya pilih produk berbahan alami yang aman bagi Miss Cheerful. Penggunaan sabun, bath oils, bath bomb, atau apapun yang mengandung parfum terkadang menjadi pemicu terjadinya alergi.


    Feel Sore or Bleeding After It? Call the Expert!

    Setelah melakukan serangkaian tips di atas, namun Miss Cheerful kamu tetap merasa nyeri bahkan yang terburuk mengeluarkan darah? Ini waktunya kamu membuat janji dengan dokter! Rasa nyeri, keputihan, bahkan berdarah setelah seks bisa dikarenakan adanya trauma vagina, infeksi, juga tanda penyakit menular seksual. Penanganan dokter yang tepat akan membantumu mengatasi hal ini.


    (Giovani Untari / Images: Dok, Yuris Alhumaydy for Unsplash.com, Tenor.com / Artikel pernah dimuat di halaman COSMO GYNO Cosmopolitan Indonesia edisi Februari 2020)