Beauty

7 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Harus Kamu Perhatikan

  by: Astriana Gemiati       18/2/2020
  • Girls, jika salah satu beauty goals kamu tahun ini adalah mencapai kulit wajah yang bersinar alami dengan cara memfokuskan untuk merawat kulit wajah menggunakan produk skincare, kamu perlu hindari kebiasaan hal-hal berikut ini:


    #1. Pergi tidur dengan makeup masih 'on'

    Terlalu malas atau lelah membersihkan wajah setelah pergi ke pesta atau acara lainnya, tidur dengan wajah yang masih memakai makeup bukanlah kebiasaan baik. 



    Cara mengatasinya: Simpan makeup remover wipes di samping meja atau tempat terdekat dengan tempat tidur kamu. Ketika kamu tidak sanggup untuk membersihkannya pada malam hari, kamu tinggal menggunakan makeup remover sambil tiduran. Praktis kan? Psstt, tapi jangan dilakukan sering-sering ya, mencuci wajah setiap malam dengan pembersih wajah masih merupakan prioritas utama.


    #2. Menggunakan body wash di wajah

    Body wash akan bekerja dengan baik untuk membersihkan lengan, kaki, dan sudut serta celah lainnya di tubuh, namun menggunakannya pada wajah adalah hal yang tidak boleh. Karena bahan-bahan yang terdapat di dalam produk tersebut dapat mengeringkan kulit kamu, dan aromanya mampu mengiritasi kulit hingga bisa menyebabkan jerawat. 


    #3. Mengaplikasikan produk skincare baru tanpa melakukan uji tempel

    Tahun ini, Cosmo memperkirakan bahwa akan ada begitu banyak produk yang dirilis dan sangat menarik untuk dicoba dari label skincare ataupun makeup. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan produk terbaru, karena jika kamu tergesa-gesa dengan tidak membaca atau mengetahui kandungan apa yang terdapat di dalamnya, yang bahkan produk tersebut belum tentu cocok untuk kamu gunakan hingga takutnya bisa memicu reaksi yang tidak diinginkan. 

    Cara mengatasinya: Ada baiknya jika kamu berkonsultasi dengan beauty advisor terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Lakukan uji tempel terlebih dahulu, seperti oleskan sedikit pada bagian lengan, lalu lihat bagaimana kulit kamu bereaksi setelah beberapa jam. Jika warnanya merah atau terasa gatal, coba produk lainnya. Apalagi saat ini juga sudah banyak gerai kecantikan yang menyediakan beberapa sampel yang bisa kamu coba dan bawa pulang.


    #4. Mengabaikan penggunaan tabir surya

    Girls, tabir surya tidak hanya terbatas pada saat kamu melakukan perjalanan ke pantai. Area wajah dan leher kamu membutuhkan perlindungan setiap hari meskipun hari sedang berawan. Eksposur yang lama akan memicu timbulnya bintik-bintik hitam dan keriput, bahkan juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

    Cara mengatasinya: Kenakan krim tabir surya sebagai langkah terakhir melengkapi perawatan skincare rutin kamu. Simpan di dalam beauty pouch kesayangan kamu, lalu gunakan kembali setiap dua jam untuk memaksimalkan efeknya. 


    #5. Eksfoliasi terlalu banyak


    Yup, kami sangat suka dengan proses eksfoliasi karena bisa membuat kulit lebih halus dan lembut. Namun, terlalu banyak juga tidak baik. Melakukannya dengan melebihi frekuensi dapat menyebabkan kulit mengalami kekeringan, mudah sensitif, dan berjerawat.

    Cara mengatasinya: Batasi eksfoliasi kulit wajah, ada baiknya dilakukan dua hingga tiga kali seminggu jika kamu memiliki kulit berminyak atau normal. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif cukup melakukannya sekali dalam seminggu.




    #6. Melupakan double cleansing


    Beranggapan menggunakan pembersih wajah saja sudah cukup untuk menghilangkan semua kotoran di wajah kamu setelah hari yang panjang, terutama jika kamu menggunakan makeup setiap hari. Kemungkinannya, masih ada beberapa produk dan penumpukan sebum yang tersisa di kulit kamu hingga bisa berakibat mudah timbulnya berjerawat.

    Cara mengatasinya: Berinvestasilah pada cleansing oil atau cleansing balm, dan jadikan ini langkah pertama dari rutinitas perawatan kulit malam hari kamu. Formula di dalamnya akan bantu sepenuhnya mengangkat sisa riasan kamu. Kemudian, basuh wajah dengan air.


    #7. Mengabaikan area leher

    Leher adalah salah satu bagian pertama dari tubuh yang menunjukkan tanda-tanda penuaan, jadi ada baiknya agar tidak mengabaikannya saat melakukan perawatan rutin harian kamu.

    Cara mengatasinya: Saat mengaplikasikan serum, lakukan gerakan ke atas untuk mengencangkan dan membuatnya tetap lembap. Jangan lupa untuk merentangkannya ke leher kamu, agar kebiasaanya ini dapat bantu mencegah keriput dan kendur dalam jangka panjang.



    ( Astriana Gemiati, Image: Freepik.com )