Career

Daftar Pekerjaan Sambilan untuk Part Time di Era Digital

  by: Givania Diwiya Citta       20/2/2020
  • Cosmo mengerti, dengan kehidupan dewasa yang menuntut kita untuk bertanggung jawab pada biaya tempat tinggal serta hidup sehari-hari, apalagi jika dengan pemasukan yang stagnan, bisa membuat para milenial di rentang usia 20 sampai 30an mempertimbangkan waktu luang serta gairah kreatifnya menjadi potensi cash. Terutama dengan keterampilan para milenial dalam era digital ini, rasanya side hustle sangat memungkinkan untuk dilakukan, meskipun tujuan awalnya adalah untuk menyalurkan passion lain dalam diri menjadi sebuah pekerjaan sampingan (yang berbuah bonus cash manis). Jika kamu mengangguk membacanya, kamu tak sendirian, girls. Pada tahun 2017 saja, CNN melaporkan bahwa 44 juta warga Amerika punya pekerjaan sampingan, dan hasil statistik dari Bankrate menunjukkan bahwa 28% generasi milenial berusia 18 sampai 26 tahun setidaknya memiliki satu pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama mereka. 


    via GIPHY




    Coba saja tengok feed Instagram kamu, di mana para fashion blogger pun bekerja sampingan meluncurkan lini pakaian mereka sendiri, sampai para pelatih kebugaran selebriti yang memasarkan teknik rutinitas fitness mereka menjadi buku ataupun kelas olahraga online. We are indeed a Side Hustle Generation. Mengutip Dr Rita Fontinh selaku dosen Strategic Human Resource Management di Henley Business School, kepada Cosmopolitan UK ia menyebutkan bahwa kunci utama yang mendorong generasi muda untuk mengambil kerja sampingan adalah demi mendapat pemasukan tambahan. “Namun bukan berarti hal itu tidak dimanfaatkan secara lebih. Bagi generasi muda, terutama mereka yang punya keinginan untuk mengembangkan bisnis sendiri, bekerja sampingan adalah cara untuk bertumbuh secara progresif, dengan bantuan finansial aman dari pekerjaan utama mereka,” ujarnya. 


    Ya, di era digital ini, ada banyak daftar pekerjaan yang bisa sekaligus sangat memungkinkan untuk dijajal. Apalagi berkat dampaknya untuk pengembangan diri, kemampuan bekerja, sampai networking, lebih dari sekadar nilai pemasukan. Untuk melakukan side hustling, tak perlu mengambil pekerjaan yang seberat full-time kamu kok, girls. Karena pada akhirnya, keseimbangan sekaligus kesehatan fisik dan mental kamu tetaplah jadi prioritas, agar bisa mengerjakan seluruh hustle secara sukses. Berikut adalah daftar rekomendasi side hustle dari Cosmo untuk melakukan part time di era digital ini. There you go, go-getter!




    Bagi penyuka binatang…

    Daftarkan diri ke PetBacker untuk menjadi pet sitter atau dog walker lokal di area lingkungan kamu. What’s not to love from this job???




    Bagi penjunjung hospitality  

    Daftar dan sewakan hunian di Airbnb, apalagi jika kamu adalah host yang tahu bagaimana memanjakan dan memberi kenyamanan pada setiap tamu yang berkunjung (plus dapat bayaran dari aktivitas yang kamu sukai).




    Bagi yang senang bertemu orang-orang baru… 



    Jadilah host Airbnb Experiences di mana kamu bisa membagikan keterampilan unik kamu pada orang lain. Semisal menggelar tur berburu manisan lokal, atau menggelar kelas macrame sambil minum wine.




    Bagi kamu yang berjiwa seni… 

    Coba pertimbangkan untuk menjual karya seni handmade (atau bisa juga karya racikan otentik kamu dari dapur) di Etsy atau platform lokal Moselo. Biarkan talenta menarik ekstra $$$ pada kamu!




    Bagi kamu yang punya gairah dalam membantu orang lain… 

    Mengapa tidak coba mendaftar sebagai tutor di Ruangguru dan mengajar kelas online dalam subyek yang kamu kuasai? Transferring knowledge will gain you more satisfaction (and cash).




    Bagi para kreator… 

    Coba daftarkan diri di GetCraft untuk terkoneksi dengan industri kreatif dan klien yang mencari keterampilan unik kamu. Baik kamu adalah desainer, fotografer, penulis, spesialis pemasaran, sampai spesialis teknologi, berbagai pekerjaan freelance dengan banyak ragam proyek di sini akan mengasah kreativitas kamu.


    (Givania Diwiya / FT / Image: Arnel Hasanovic on Unsplash)