Better You

5 Tips Memberi Batasan yang Jelas Untuk Teman yang Clingy

  by: Alexander Kusumapradja       19/2/2020
  • Memiliki teman dekat yang selalu ada di sampingmu atau siap mendengarkan semua keluh kesahmu mungkin memang terdengar menyenangkan, namun bagaimana bila temanmu itu mulai bergantung padamu dan seakan tak bisa lepas darimu? Hal itu bisa sama merepotkannya dengan menghadapi pacar yang posesif. Ada perbedaan antara membantu teman yang sedang butuh tempat bersandar dengan menghadapi teman yang clingy dan butuh perhatianmu secara non-stop.

    Bila kamu merasa temanmu justru membuatmu merasa lelah dan kehabisan energi untuk dirimu sendiri, ini saat yang tepat untuk mundur sejenak dan menentukan batasan yang jelas di antara hubungan kalian. Kita tentu ingin bisa menjadi orang yang diandalkan oleh teman baik kita, namun terkadang kita harus memerhatikan diri sendiri juga sekaligus menegaskan bahwa kita juga perlu waktu personal dan tak bisa terus-menerus berada di sampingnya. Berikut adalah beberapa tips memberi batasan untuk teman yang clingy dengan cara yang tak menyakiti hati mereka.



    via GIPHY

    1. Jangan selalu membalas pesan dari mereka.

    Salah satu ciri-ciri teman yang clingy adalah menghubungimu setiap saat, entah itu untuk meminta bantuan, sekadar curhat tentang suatu hal, atau sekadar random talk dan hal ini membuat kita sering merasa sulit keluar dari komunikasi yang menyita waktu dan perhatianmu. Itu sebabnya kamu yang harus mengendalikan komunikasi di antara kalian dengan menentukan kapan kamu harus membalas pesan dari mereka. Bukannya sombong, tapi semakin sering dan gampang kamu menanggapi pesan dari mereka, semakin mereka merasa bebas menghubungimu kapan saja sesuka mereka. Bila kamu menahan diri membalas pesan mereka satu atau beberapa jam kemudian, mereka akan paham bahwa kamu punya hal yang lain untuk dikerjakan atau sesederhana kamu sedang tak punya waktu.


    2. Membuat rutinitas dengan jelas.

    Bila kamu punya jadwal olahraga sepulang kerja/kelas yang rutin, atau selalu menghabiskan malam Minggu bersama pacar atau punya hari khusus untuk keluarga, usahakan agar temanmu tahu jadwal tersebut agar mereka paham bahwa di jadwal tersebut kamu tak ingin diinterupsi oleh hal yang tak kamu inginkan. Bila kamu terlihat plin-plan atau tak ragu merusak rutinitas atau jadwal tersebut demi teman yang clingy, mereka akan ambil keuntungan dari hal itu untuk diri mereka sendiri.

    via GIPHY

    3. Hindari membuat rencana kegiatan berdua saja.

    Tergantung dari seberapa parah clingy-nya, kamu mungkin tak harus menghilangkan teman tersebut dari hidupmu begitu saja. Kamu mungkin sejujurnya menyukai keberadaan mereka, namun bila kamu tak ingin mereka menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi untuk dirimu, ada baiknya menjaga pertemanan kalian dalam sebuah grup bersama teman-teman lain, baik grup kecil maupun yang lebih besar. Hindari rencana yang hanya melibatkan kalian berdua saja karena hal itu bisa membuat teman yang clingy jadi merasa punya ekspektasi tinggi untuk pertemanan kalian.




    4. Hindari teks basa-basi tanpa arah.

    Kalimat seperti “What’s up?” atau “Lagi apa?” mungkin memang terlihat harmless dan saat ini kalimat seperti itu dipakai untuk mengganti kata “Hai” sekaligus menjadi cara mengecek kabar atau keadaan seseorang. Namun, bila berhadapan dengan teman yang clingy, kamu mungkin ingin menghindari kalimat-kalimat tersebut bila tidak ingin dibalas dengan kalimat berparagraf yang lebih dari kamu antisipasi. Kalau teman yang wajar mungkin paham kalimat “how are you?” adalah bentuk komunikasi yang kasual dan santai, namun teman yang clingy mungkin menjadikan kalimat tersebut sebagai kesempatan untuk curhat panjang lebar tentang diri mereka dan meminta perhatianmu. Sekarang terserah padamu apakah kamu ingin memberikan kesempatan tersebut atau tidak. Bila kamu memang ingin mengetahui kabar mereka, kirim saja sticker atau meme lucu yang baru kamu temukan untuk menjaga komunikasi tetap ringan dan kasual.

    via GIPHY

    5. Katakan “Tidak” dengan jelas namun tetap menghargai mereka.

    Terkadang memang tak ada cara lain yang seefektif bilang “tidak” dengan tegas dan jelas kepada teman yang selalu ingin meminjam sesuatu darimu atau selalu meminta perhatianmu. Namun, bukan berarti kamu harus melakukannya dengan kasar atau dingin. Jujur saja sampaikan bahwa kamu sedang tidak bisa membantu mereka. Kamu pun tak harus memberi penjelasan untuk keputusan personal yang kamu ambil tersebut. Teman yang clingy mungkin akan terkejut atau marah karena mereka terbiasa dituruti keinginannya, namun semakin sering kamu terbiasa mengatakan “tidak”, mereka akan belajar menerimanya.


    (Alex.K/Image: KaLisa Veer on Unsplash)