Better You

8 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

  by: Alexander Kusumapradja       22/2/2020
  • Penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah dipercaya menjadi penyebab kematian utama di dunia. Dalam riset Institute of Medicine tahun 2010, rata-rata kematian akibat penyakit jantung di negara-negara maju adalah sekitar 80 tahun, sedangkan di negara-negara berkembang adalah 68 tahun. Namun, dengan gaya hidup yang makin tidak sehat, angka usia kematian akibat penyakit jantung pun semakin muda dan bisa menimpa siapa saja.

    Penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer karena bisa datang tiba-tiba tanpa gejala awal namun berakibat fatal. Yang bisa kita usahakan untuk meminimalkan risiko tersebut adalah memperbaiki gaya hidup dari mulai rutin berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, dan tentunya menjaga pola konsumsi serta diet yang kita jalani sehari-hari. Faktanya, beberapa bahan makanan dapat memengaruhi tekanan darah, tingkat kolesterol, dan peradangan yang semuanya merupakan faktor penyebab penyakit jantung. Berikut ini adalah 8 bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung kita sejak dini:

    via GIPHY



    1. Sayur-sayuran hijau

    Bayam, kale, collard, lobak hijau adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan, khususnya vitamin K dan nitrat yang mampu melindungi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel dalam darah. Sebuah riset yang melibatkan 29.689 wanita mengungkap hasil bahwa konsumsi sayuran hijau mampu menurunkan risiko serangan jantung koroner secara signifikan. So, don’t forget to eat those veggies babes!

    via GIPHY

    2. Buah beri

    Buah-buahan keluarga beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry kaya akan antioksidan bernama anthocyanins yang mampu melindungi kita dari stress oksidatif (keadaan di mana jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya dan menimbulkan kerusakan dalam tubuh) dan peradangan yang menjadi faktor penyebab sakit jantung. Buah beri bisa kita konsumsi langsung sebagai buah segar, dijus menjadi minuman, dijadikan selai, hingga bahan untuk dessert. Yummy and healthy? Yes, please!

    via GIPHY

    3. Alpukat

    Ada alasan khusus kenapa alpukat menjadi salah satu buah terpopuler belakangan ini. Selain rasanya yang lezat, alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang diyakini dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Alpukat juga kaya akan nutrisi potassium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Satu buah alpukat menyediakan asupan 975 miligram potassium atau sekitar 28% dari jumlah yang disarankan untuk kita kita konsumsi per hari. Asupan setidaknya 4,7 gram potassium per hari dipercaya dapat mengurangi tekanan darah yang diasosiasikan dengan penurunan risiko stroke sekitar 15 persen.

    via GIPHY

    4. Dark chocolate

    Walaupun tak semua orang menyukai rasanya yang cenderung pahit, namun dark chocolate kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan mereka yang mengonsumsi cokelat setidaknya lima kali dalam seminggu memiliki risiko penyakit koroner yang 57 persen lebih rendah dibanding mereka yang tak mengonsumsi cokelat. Pastikan memilih dark chocolate dengan kandungan kokoa setidaknya 70 persen dan konsumsi secukupnya.

    via GIPHY



    5. Tomat

    Buah berwarna merah ini punya kandungan pigmen natural bernama likopen dengan khasiat antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan. Riset yang melibatkan 50 wanita dengan berat badan berlebih mengungkap bahwa mengonsumsi dua tomat mentah sekitar empat kali seminggu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang mampu menghilangkan kolesterol berlebih dan plak dalam arteri jantung.

    via GIPHY

    6. Bawang putih

    Sudah dari ratusan tahun lalu bawang putih dipercaya menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit dan hal itu dibuktikan oleh berbagai riset modern. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa bernama alisin yang punya berbagai manfaat, termasuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Untuk mendapat efek optimal dari alisin, konsumsi bawang putih mentah atau digeprek dan didiamkan sejenak sebelum diolah jadi bahan masakan.

    via GIPHY

    7. Edamame

    Cemilan ringan khas Jepang ini kaya akan isoflavon yang merupakan nutrisi dalam makanan berbahan kedelai yang mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Sebuah riset menunjukkan 50 gram protein kedelai per hari mampu menurunkan tingkat kolesterol LDL jahat sekitar 3 persen. Selain isoflavon, edamame juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

    via GIPHY

    8. Teh hijau

    Teh hijau telah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat kandungan polifenol dan katekin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, melawan peradangan, dan melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi teh hijau dalam bentuk suplemen ataupun matcha dipercaya baik untuk kesehatan jantung kita.


    (Alex.K/Image: Jamie Street on Unsplash)