Better You

12 Benda di Rumah yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan

  by: Alexander Kusumapradja       23/2/2020
  • Memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di rumah ternyata tak hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan. Penelitian menunjukkan bahwa ikatan antara manusia dan hewan peliharaan dapat meningkatkan kebugaran, menurunkan stress, menjaga tekanan darah dan kolesterol, hingga membuat kita terhindar dari kesepian dan depresi. Namun, memelihara hewan di rumah tentu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi keselamatan mereka, salah satunya dengan menjauhkan mereka dari produk-produk rumah tangga dan bahan makanan yang dapat berakibat buruk untuk mereka. Berikut adalah daftar benda-benda di sekitar rumah yang harus dijaga dari hewan peliharan kesayangan kita.

    via GIPHY



    1. Tanaman beracun

    Beberapa tanaman hias yang biasa ditemukan di rumah memiliki efek beracun bagi anjing atau kucing rumah dengan efek beragam, dari mulai membuat kulit mereka gatal kemerahan hingga keracunan yang bisa berakibat fatal. Beberapa tanaman tersebut di antaranya adalah lidah buaya, bunga baby’s breath, daun ivy, philodendron, semua jenis bunga lily, asparagus fern, keladi, tanaman jade, dan masih ada beberapa lagi yang bila termakan oleh kucing atau anjing akan membuat mereka lesu, muntah, diare, hingga peningkatan denyut jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung. Bawa hewan peliharaanmu ke dokter hewan atau tenaga proesional bila mereka mengonsumsi tanaman beracun tersebut.


    2. Alkohol

    Selain minuman beralkohol, cairan lain yang mengandung bahan alkohol seperti pembersih cat kuku, macam-macam cat, serta thinner sebaiknya disimpan rapat-rapat agar tak terjangkau anjing atau kucing kesayangan. Bila terminum, alkohol dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf seperti kejang-kejang, inkoordinasi otot, hingga kegagalan fungsi liver. Oh no!


    3. Adonan kue atau roti

    Bila kamu termasuk yang suka membuat kue atau roti di rumah, kita harus meletakkan adonannya dengan aman karena adonan kue yang bersifat mentah mengandung jumlah koloni bakteri yang tinggi maupun ragi yang dapat membuat hewan peliharan keracunan dengan reaksi akumulasi gas pada saluran pencernaan dan mampu membuat perut mereka terasa terpelintir. Yang perlu diingat, memberikan kue ataupun roti untuk manusia pada kucing dan anjing adalah hal yang tidak disarankan karena mengandung bahan-bahan yang sulit dicerna oleh mereka dan mampu membahayakan sistem pencernaan.


    4. Bawang-bawangan

    Bawang putih, bawang merah, bombay, hingga daun bawang dalam bentuk mentah maupun yang sudah diolah sangat berbahaya bila termakan oleh hewan peliharaan karena mengandung thiosulfate yang dapat menyebabkan keracunan dengan efek seperti air liur berlebih, muntah, diare, anemi, hingga air seni yang mengeluarkan darah.

    via GIPHY

    5. Anggur dan kismis

    Walaupun belum diketahui komponen apa yang menjadi penyebabnya, namun dua makanan ini dikenal sangat berbahaya bagi anjing karena dapat menyebabkan keracunan akut mulai dari rasa lemas, muntah, diare, tremor, dehidrasi hingga gagal ginjal akut yang menyebabkan kematian.


    6. Cokelat

    Cokelat berbahaya bagi hewan peliharaan khususnya anjing karena mengandung theobromine yang tak mampu diolah dengan cepat oleh sistem pencernaan anjing sehingga menyebabkan penumpukan kadar racun dalam tubuh mereka. Kadar bahaya cokelat tergantung dari ukuran tubuh anjing, takaran, dan jenis cokelat itu sendiri. Semakin pahit cokelatnya, semakin berbahaya bagi anjing. Porsi kecil mungkin hanya menyebabkan gejala ringan seperti muntah atau diare, namun porsi yang lebih besar berisiko menyebabkan tremor otot, kejang, detak jantung tak teratur, pendarahan dalam, hingga serangan jantung.


    7. Racun tikus dan obat nyamuk

    Dua benda ini dari fungsinya saja memang berfungsi sebagai racun, jadi tak heran harus dihindari agar tak sengaja terkonsumsi hewan peliharaan kita. Racun tikus umumnya mengandung warfarin yang blla terkonsumsi akan menyebabkan efek keracunan dan bila didiamkan bisa membahayakan nyawa. Begitu pun dengan obat nyamuk atau insektisida yang mengandung organofosfat, carbamate, pirethrin.



    <iframe src="https://giphy.com/embed/11FgQ2DU1xpAs0" width="480" height="480" frameBorder="0" class="giphy-embed" allowFullScreen></iframe><p><a href="https://giphy.com/gifs/salad-11FgQ2DU1xpAs0">via GIPHY</a></p>

    8. Asap rokok/vape

    Hindari hewan peliharaan kita dari asap rokok, vape, dan substansi lain karena selain membuat iritasi pada mata dan penyakit pernapasan, efek karsinogenik di dalamnya dapat memicu kanker mulut pada kucing dan kanker kulit pada anjing.


    9. Kabel listrik

    Kucing dan anjing yang sedang mengalami fase pertumbuhan gigi (teething) harus diawasi agar jangan sampai menggerogoti kabel listrik yang ada di sekitar rumah kita karena bila lapisan pelindungnya terkelupas, kucing atau anjing kita bisa tersentrum dan berakibat fatal.

    via GIPHY

    10. Kacang macadamia

    Anjing adalah satu-satunya spesies yang diketahui menderita keracunan ketika mengonsumsi kacang macadamia. Konsumsi kacang macadamia oleh anjing dapat menyebabkan beberapa gejala keracunan seperti muntah, lemah otot, kejang otot, demam, radang usus, hingga depresi.


    11. Alpukat

    Semua bagian dari pohon alpukat, dari mulai buah, daun, batang, hingga bijinya mengandung racun persin yang apabila terkonsumsi oleh burung dan hewan mamalia seperti sapi, kambing, atau domba dapat menyebabkan kematian. Untuk kucing dan anjing, persin dapat menyebabkan gejala keracunan ringan namun yang lebih berbahaya adalah bila biji alpukat yang keras tak sengaja tertelan oleh mereka dan kandungan lemak yang tinggi pada buah alpukat dapat menyebakan luka di pankreas.


    12. Cairan pembersih lantai

    Jauhkan hewan peliharaan dari lantai yang baru selesai dipel dan masih basah karena larutan cairan pembersihnya dapat membuat iritasi kulit pada anjing dan kucing dengan gejala seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, dan kerontokan bulu.


    (Alex. K/Image: Krista Mangulsone on Unsplash)