Beauty

6 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Maksimal

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/2/2020
  • Alis? Sudah on fleek. Eyeliner? Tampak tajam dan precise. Dan eyeshadow? Tentunya sudah menghiasi kelopak mata dengan rapih. Hmm… namun rasanya riasan mata belum lengkap jika bulu mata dibiarkan begitu saja—apalagi jika tidak cukup beruntung memiliki bulu mata yang lentik alami.

    Menjepit bulu mata lalu melapisinya dengan maskara adalah cara termudah melentikkan bulu mata, tapi masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar hasil lebih maksimal. Berikut adalah empat langkah melentikkan bulu mata, plus cara merawatnya pada malam hari agar kesehatan bulu mata tetap terjaga.

     



    Step 1: Gunakan penjepit bulu mata

    Ini adalah langkah yang cukup penting, terutama jika memiliki bulu mata yang “turun”, penjepit bulu mata akan membantu melentikkan bulu matamu. Nah, namun sebaiknya kamu tidak asal pilih penjepit bulu mata, girls. Ketahui bentuk mata dan panjang bulu matamu terlebih dahulu agar bisa memilih penjepit yang tepat, serta perhatikan bahan dan elastisitas penjepit. Area mata adalah area yang sensitif, jadi kamu patut bersikap picky ketika memilih.


     


    Step 2: Prime your lashes

    Primer untuk bulu mata? Yup, tak hanya kulit wajah saja yang bisa menggunakan primer, ada pula primer khusus yang bisa menjaga kelentikkan bulu mata (karena kenyataannya bulu mata dapat kembali “turun” beberapa jam setelah dijepit). Selain itu, lash primer pun mampu membuat bulu mata tampak lebih bervolume dan membuat warna maskara (yang akan digunakan setelah langkah berikut) lebih menonjol. Cosmo recommends: Smashbox Photo Finish Lash Primer.

     

    Step 3: Don’t forget the fibre!

    Apakah sekarang adalah waktunya untuk menggunakan maskara? Nope, not yet! Ada satu lagi langkah yang dapat membuat bulu matamu lebih lentik dan tebal seharian: menggunakan synthetic fibre. Ketika primer masih agak basah, lapisi bulu mata dengan synthetic fibre, yaitu lapisan serat sintetis dan teksturnya agak mirip kapas. Ketika pertama digunakan mungkin kamu akan mengira, “Hah? Ini kelihatannya aneh sekali,” tapi percaya, deh! Setelah dilapisi maskara, bulu matamu akan tampak lebih panjang dan lentik. Cosmo recommends: The Body Shop Lash Hero Fibre Extension.

     


    Step 4: Mascara time!

    Nah, ini dia langkah yang telah ditunggu-tunggu! Langkah terakhir untuk membuat bulu mata lebih lentik dan bervolume adalah melapisinya dengan maskara kesayanganmu. Setelah melakukan tiga langkah sebelumnya, maskara akan lebih tahan lama dan bulu mata akan tampak lebih lentik. 

     



    Dan pada malam hari…

    Jangan lupa untuk merawat bulu matamu setelah dilapisi beragam selama berjam-jam. Jadikan dua hal berikut ini sebuah kebiasaan untuk menjaga kesehatan bulu mata:


     


     Hapus riasan mata secara lembut 

    Once again, area mata cukup sensitif, so tentu kamu tidak ingin merusak kulit dan mata kamu sendiri karena terlalu ‘heboh’ membersihkan makeup, kan? Maka dari itu, Cosmo sarankan untuk menggunakan kapas dan pembersih makeup berbahan dasar minyak. Tuangkan pembersih makeup pada kapas, letakkan kapas pada kelopak mata, kemudian tunggu beberapa detik agar riasan mata dapat luntur secara efektif. And then you’re done!

    Ingat: jangan menggosok kapas pada mata secara kasar, ya! Selain dapat menimbulkan iritasi pada kulit, kebiasaan ini juga bisa membuat area matamu cepat berkeriput.

    Kamu pun bisa menggunakan oil cleanser atau cleansing balm yang tidak memerlukan kapas. Oleskan pada mata, pijat secara perlahan sampai makeup luntur, lalu bilas dengan air.


     

     Gunakan lash serum 

    Untuk perawatan ekstra, kamu bisa menambahkan serum bulu mata ke rutinitas kecantikan di malam hari. Serum khusus bulu mata sudah dirancang untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat akar bulu mata. Cosmo recommends: Shiseido Full Lash Serum.

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Jose Martinez on Unsplash / Images: GIPHY)