Beauty

Cara Alami Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

  by: Yovita Pratiwi       24/2/2020
  • Sudah bosan dengan eyelash extension atau terlalu malas untuk menempelkan bulu mata palsu? Ahh… Seandainya saja bulu mata ini sepanjang dan setebal Kim Kardashian. Fret not, ladies. Faktanya, ada cara-cara alami yang dapat kamu ikuti untuk memanjangkan sekaligus menebalkan bulut mata secara alami. Penasaran? Yuk, simak!


    Alasan Mengapa Bulu Mata Rontok atau Tak Bertumbuh 




    Bulu matamu bisa jadi rapuh oleh karena pemakaian produk seperti maskara atau tetes mata yang dapat menyebabkan bulu mata jadi kering hingga patah. Jadi, perhatikan saat kamu mencoba produk baru pada area mata. 


    Selain itu, kebiasaan mengucek mata juga dapat merusak bulu mata dan beresiko mencabut bulu mata secara prematur. Siklus pertumbuhan bulu mata biasanya sekitar empat hingga delapan minggu. Jika bulu mata tercabut, maka tak akan langsung tumbuh, sehingga menyebabkan bulu matamu tampak tipis dan jarang. 


    Cara Agar Bulu Mata Tumbuh Panjang dan Kuat


    Ada banyak cara alami yang dapat kamu lakukan sebelum mencari treatment dengan preskripsi. Namun, sebaiknya kamu perlu konsultasi dengan dokter atau dermatolog sebelum menambahkan hal-hal baru ke rutinitas kecantikan untuk menghindari kemungkinan alergi.


    Jika kamu melakukannya dengan rajin, niscaya kamu akan mendapati bulu matamu tumbuh dengan panjang dan tebal. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.


    1. Minyak Zaitun

    Minyak zaitun alias olive oil memiliki kandungan fatty acid yang berfungsi sebagai emolien, menutrisi, melembapkan, dan melembutkan bulu matamu. Agar lebih mudah, gunakan kuas maskara yang bersih, celupkan ke dalam minyak zaitun, lalu aplikasikan pada bulu matamu.




    2. Minyak Jarak

    Minyak jarak alias castor oil memiliki kandungan ricinoleic acid yang tinggi. Komponen ini sangat efektif dalam melawan rambut rontok. Oleh karena itu, minyak jarak dipercaya memiliki khasiat dalam menjaga ketebalan bulu mata. 


    3. Minyak Kelapa

    Minyak kelapa seringkali digunakan untuk merawat rambut karena memiliki efek penetrasi yang mampu bantu cegah kerontokan rambut. Oleh karena itu, minyak kelapa dipercaya dapat mendorong pertumbuhan bulu mata. 


    4. Teh Hijau

    Teh hijau memiliki kandungan polyphenol yang tinggi, dikenal sebagai epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang mampu bantu penumbuhan rambut. Yang perlu kamu lakukan adalah mengonsumsi teh hijau sebanyak dua kali sehari, lalu mengoleskan secara topikal menggunakan cotton bud pada bulu matamu.


    5. Petroleum Jelly

    Petroleum jelly dapat bantu melembapkan kelopak mata dan membasmi tungau di bulu mata, mencegah kerusakan pada bulu mata. 


    6. Shea Butter

    Shea butter memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kaya akan antioksidan dan properti anti-inflamasi. Vitamin C mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kolagen. Oleh karena itu, shea butter mampu bantu jaga ketebalan bulu mata dan meningkatkan tingkat pertumbuhannya. 


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Angelos Michalopoulos on Unsplash)