Love & Sex

15 Ide Kencan Murah yang Seru Sekaligus Menggemaskan

  by: Givania Diwiya Citta       27/2/2020
  • Terkadang ide kencan murah sulit tercetus. Sayangnya juga, kita tak selalu punya jumlah uang jajan berlebih untuk menghabiskannya bersama si dia. Sedih ya… Tapi jangan khawatir lagi, dengan sedikit imajinasi, ada kok beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk sebuah kencan affordable, ditambah kencan ini super cute untuk kalian berdua. Selamat mencoba!


    1. Jangan hanya nongkrong di kedai kopi

    Kopi: alternatif hiburan istirahat siang. Tapi, “‘Yuk kita ngopi...’ bisa jadi ajakan yang tidak menarik,” ujar dating coach Hayley Quinn yang berbasis di London. “Jika kamu ingin kencan jadi lebih seru dibanding hanya kencan ngopi klasik, cobalah untuk melakukan hal yang tak terasa berantai. Seperti ganti ke kedai cokelat, lalu berjalan kaki di sekitaran tempat yang panoramis. Itu akan lebih baik dari hanya sekadar berdiam di Starbucks.”




    2. Bersepeda atau naik otoped



    Jika kamu dan si dia tak punya sepeda atau otoped, kamu tetap bisa menikmati kencan dengan menyewanya kok. Seperti dari aplikasi Gowes untuk rental sepeda atau dari aplikasi Grab Wheels untuk naik otoped. Semuanya pun dalam tarif yang affordable. “Bersepeda saat kencan jadi seru karena kalian bisa menikmati pemandangan, dan bisa juga berperan mengurangi tekanan dari obrolan saat kencan,” ujar Hayley. “Ditambah kamu pun bisa sambil berolahraga!”


    3. Menjelajah thrift shop

    Pasar seperti ini biasanya bebas untuk dijelajahi, dan kamu pun bisa menemukan harta karun dari berbagai hal, mulai dari busana, barang antik, sampai jajanan pasar. Selain thrift shop, bisa juga mengunjungi charity bazaar untuk bersama-sama berbelanja tanpa harus merampok rekening bank. Bahkan, kamu tak perlu membeli apapun lho, tapi jika kamu tak bisa menahan gejolak untuk belanja, Hayley menyarankan, “Cukup atur budget maksimal sekitar 150.000 rupiah, dan pastikan kamu menjelajah dan berburu tawaran yang paling terbaik.”


    4. Pergi piknik



    Salah satu cara mudah untuk makan bersama secara murah adalah dengan pergi piknik. Lagipula, nilai tambahannya adalah romantis. Hayley menyarankan agar kedua belah pihak membawa masing-masing hidangan, “Bahkan jika kamu tak bisa menghidangkan makanan-makanan besar, membawa wine, kue, atau buah-buahan seperti berry bisa jadi piknik yang seru.”


    5. Menyulap rumah jadi restoran

    Jika kamu bukan pencinta outdoor, kamu bisa mencoba piknik atau menciptakan restoran sendiri langsung dari rumah. “Suami saya dan saya kerap membuka ‘restoran palsu’ di mana kami akan membersihkan rumah, meredupkan lampu hingga atmosfer jadi romantis, lalu ia akan memutarkan lagu-lagu yang enak, dan saya akan memasak hidangan yang semi-rumit seperti masakan Perancis atau steak,” ujar salah seorang pengguna Reddit. “Kami pun membuka botol wine dan tak perlu keluar rumah, tapi efeknya sama – kami sangat menikmatinya dan hidup kami indah!” Sementara itu, “Memasak bersama, bahkan jika kamu adalah koki terburuk di dunia, sesungguhnya sangat seru,” ujar Hayley. “Coba mainkan ala Masterchef dengan memilih bahan dan bumbu untuk masakan masing-masing, atau coba tantangan memasak dari bahan belanjaan senilai 75.000 rupiah.” Game on.


    6. Buat tenda dari selimut

    Alternatif lainnya saat berkencan di rumah sambil melanjutkan sesi ‘piknik’ adalah membuat tenda dari selimut. Salah seorang pengguna Reddit bilang, “Suami saya membuatkan tenda dari susunan sofa, selimut, meja terbaik, karena di dalamnya ada televisi dan matras, dan di ‘luar’ ada area piknik untuk makan sebelum masuk ke tenda untuk menonton film dan makan snack.” Menggemaskan.


    7. Mainkan board game



    Board games sedang bangkit lagi dan bisa jadi kegiatan seru untuk dilakukan saat menghabiskan malam,” saran Hayley. “Coba mainkan permainan klasik Cluedo, atau permainan baru seperti Catan. Lalu jika kamu ingin menghabiskan malam lebih lama, coba mainkan Monopoly atau Risk Legacy yang membutuhkan waktu lebih panjang untuk menyelesaikannya!” Yang penting jangan bertengkar jika salah satu dari kalian bangkrut, oke?


    8. Langsung makan dessert

    “Kencan makan malam kadang bisa canggung apalagi saat kencan pertama, karena akan ada pertanyaan siapa yang akan membayar tagihannya,” ujar Hayley. “Daripada canggung, coba untuk langsung kencan dessert saja: ini lebih murah, lebih singkat, dan lebih menyenangkan, apalagi untuk kencan pertama.” Apapun alasan kencannya untuk sebuah cheesecake, kita pasti mau.




    9. Mengunjungi museum

    Banyak museum dan galeri yang gratis tiket masuk, bahkan jika kamu harus membeli tiket, biasanya harganya murah apalagi ada banyak promo untuk mahasiswa. Mengunjungi museum juga kesempatan bagus untuk menyerap kultur dan mengenal lebih dalam karakter si dia saat kencan ini. “Museum menyediakan berbagai topik pembicaraan,” ujar Hayley, “Jadi hal ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk mengenal si dia, dan menambah pengetahuan kamu di waktu yang sama.”


    10. Cari panorama indah



    “Terkadang, jika kamu sedang bersama seseorang yang kamu sukai, sebuah panorama indah dan jalan kaki bersama bahkan terasa sudah cukup,” Hayley menuturkan. “Naikkan faktor romantis dengan mencari sunset atau memandang langit malam sambil berselimut berdua.” Kesempatan bagus juga untuk mendapat konten Instagram.


    11. Pura-pura jadi turis

    Sebagai warga, kadang kita justru tak bisa melihat keindahan kota yang kita tinggali ini. “Coba keluar dari rutinitas normal dengan berpura-pura menjadi turis sehari di kota sendiri,” Hayley menyarankan. “Naiki MRT, bus wisata, ferry, lalu kunjungi tempat-tempat yang disukai turis. Menjadi playful dan punya hasrat petualang selalu berhasil jadi kualitas yang membuat pasangan kamu tertarik.”


    12. Ciptakan spa rumahan

    Ada banyak cara untuk memanjakan diri kamu dan si dia di rumah, seperti bergantian memberi pijatan kaki per sesi. Seperti yang disarankan salah satu pengguna Reddit, “Coba buka massage parlour palsu, dengan kasur bersih yang sudah dicuci dan wangi, dengan beberapa massage oil, musik lembut, dan lilin. Tidak harus selalu (seringnya!) menjadikannya seksi, tapi kegiatan ini sangat menenangkan.” Ditambah, ini akan membuat kamu bersemangat membersihkan rumah. Semua menang di sini.


    13. Berkarya bersama



    Ikuti panduan video melukis dari YouTube untuk menghidupkan sisi artistik kalian, dan tertawalah bahkan jika karya lukisan kalian buruk. Sementara itu, berkarya bersama bisa jadi pengalaman bonding yang seru. “Tunangan saya dan saya sangat tidak artistik, tapi kami kerap pergi ke toko kreasi dan memulai proyek karya bersama,” ujar salah satu pengguna Reddit. “Kami bahkan melakukan kreasi lainnya, seperti melukis gelas kopi, atau mug bir, dan gelas wine. Saya pernah mengajarinya merajut sekali, dan kami pun lanjut menjahit bersama.”


    14. Bermain video game

    Jika kamu lebih suka kencan di malam hari, naikkan level nonton Netflix jadi sesi adu video game. Siapkan makanan favorit, buat cocktail, dan mainkan game yang kooperatif (jika kamu bukan tipe orang yang kompetitif).


    15. Kencan tanpa distraksi



    Mungkin terdengar standar, tapi banyak dari kita yang menghiraukannya saat bersama si dia. Salah seorang pengguna Reddit bilang, “Coba kencan malam gratis yang bebas dari distraksi. Hiraukan ponsel, dan matikan televisi. Rasanya ternyata hebat, kami bisa duduk berjam-jam sambil berbincang alih-alih bermigrasi ke sofa lalu menonton TV semalaman.” Here for it!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Givania Diwiya / Image: Pablo Merchán Montes on Unsplash.com)