Beauty

Bahan-bahan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak

  by: Yovita Pratiwi       26/2/2020
  • Memiliki jenis kulit berminyak memang membutuhkan perhatian khusus. Kamu tentunya tak ingin terlihat semakin berminyak akibat salah menggunakan produk. Namun, banyaknya produk yang tersedia saat ini seringkali membuat bingung, yang mana yang cocok untuk kompleksi dan yang mana yang dapat membuat iritasi? Tenang, ladies. Cosmo punya rekomendasi bahan dalam skincare yang cocok untuk kulit berminyak. Here we go:


    1. Salicylic Acid




    Salicylic acid merupakan sebuah turunan dari Beta Hydroxy Acid (BHA) yang dikenal berkat fungsinya melawan penyumbatan pori-pori dan kemampuannya mengeksfoliasi. Unsur anti-inflamasi juga membuatnya cocok digunakan saat jerawat tengah meradang.


    2. Tea Tree Oil


    Tea tree oil seringkali digunakan dalam produk untuk jerawat. Namun, terkadang tea tree oil bisa jadi terlalu keras untuk beberapa orang. Jadi, coba larutkan dalam air sebelum mengaplikasikannya. 


    3. Clay


    Jika dicampur dengan apple cider vinegar, kamu akan mendapatkan adonan yang ampuh untuk membasmi minyak berlebih sekaligus meredakan jerawat.


    4. Hyaluronic Acid


    Kulit berminyak bisa jadi diakibatkan karena kulit menyeimbangkan kadar hidrasi, sehingga memproduksi lebih banyak minyak. Hyaluronic acid bisa menyediakan kelembapan yang kamu butuhkan. 




    5. Niacinamide


    Salah satu bahan paling populer untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat adalah niacinamide. Senyawa ini dapat membantu mengurangi produksi minyak, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan tampilan garis halus.


    6. Sulfur


    Sulfur adalah pilihan lebih aman jika kamu memiliki kulit yang sensitif terhadap glycolic atau salicylic acid. Tak hanya mengurangi minyak berlebih, namun sulfur juga mampu membasmi sel kulit mati, membuat kulit jadi lebih cerah dan mulus. 


    7. Witch Hazel


    Salah satu penyebab jerawat ialah minyak berlebih. Solusinya adalah menambahkan witch hazel ke rutinitas kecantikan kamu. Bahan ini dapat mengurangi minyak sekaligus meredakan infeksi. 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH. Perubahan telah dilakukan editor. Alih bahasa: Yovita Pratiwi. Image: )