Love & Sex

8 Pertanyaan Seputar Seks Paling Populer Tahun 2020

  by: Kezia Calesta       26/2/2020
  • Adakah pertanyaan seputar seks yang masih kamu simpan dalam hati? Cosmo bertanya kepada seksolog klinis Zoya Amirin, M.Psi, FIAS, dr. Dinda Derdameisya, SpOG dari Brawijaya Healthcare, dan psikolog klinis Inez Kristanti, M.Psi. yang aktif memberikan edukasi seks di media sosial untuk menjawab delapan pertanyaan yang masih sering ditanyakan oleh wanita Indonesia. Is your question on our list?


    1. Apa posisi seksual favorit mayoritas wanita?

    ZOYA: Banyak wanita dengan perilaku aktif dan eksploratif di ranjang menyukai posisi woman on top dan doggy style karena posisi ini lebih memungkinkan sang wanita untuk mencapai orgasme vaginal. Wanita yang lebih pasif di ranjang biasanya menyukai missionary position yang tidak melelahkan, tetapi perlu diingat bila posisi tidak bervariasi, sang pasangan juga akan lebih cepat lelah dan sulit mengimbangi wanitanya sehingga Miss Cheerful (alias vagina) akan kesulitan mencapai orgasme. 



    INEZ: Hasil dari beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa sebenarnya yang diinginkan oleh baik sebagian pria maupun wanita bukanlah seberapa “kreatif” posisi seksual yang dicoba (walaupun ini memang bisa spice up sesi bercinta), namun justru perasaan keintiman dan perilaku romantis, juga affection yang diberikan dan diterima oleh satu sama lain.



    2. Apakah aktivitas seks secara rutin dapat membuat vagina longgar?

    ZOYA: Pernyataan tersebut merupakan sebuah mitos, karena vagina memiliki otot elastis yang dapat kembali ke posisi semula. Berhubungan seks tidak akan mengakibatkan kelonggaran secara permanen – yang bisa membuat vagina longgar adalah melahirkan secara normal.


    3. Saya tidak pernah mengalami orgasme saat berhubungan seks. Apa yang bisa saya lakukan?

    ZOYA: Berbagai penelitian dari tahun 2017 mengungkap bahwa sekitar 60 persen wanita tidak pernah merasakan orgasme vaginal sebelumnya. Orgasme vaginal memang relatif lebih susah, namun ingat bahwa masih ada klitoris (C-spot) yang hypersensitive dan penuh nerve system yang juga bisa memberikan kepuasan orgasme! Maka dari itu, permainan klitoris saat bercinta dapat membuat seks semakin nikmat untuk sang wanita dan membesarkan peluang mencapai klimaks.

    BACA: Fakta Soal Titik Orgasme Wanita Alias Klitoris

    DR. DINDA: Kini sudah ada metode non-surgical untuk membantu membesarkan area G-spot, yaitu dengan filler yang bertujuan untuk mengekspos lebih besar lokasi G-spot sehingga mudah terstimulasi saat berhubungan seks. Namun kembali lagi, semua ini tetap diawali dengan menentukan lokasi G-spot kamu sendiri.

    INEZ: 70 sampai 90 persen wanita tidak mendapatkan orgasme dari penetrasi saja, melainkan dengan mendapat bantuan stimulasi langsung di klitoris, baik dengan tangan, sex toys, atau stimulasi oral. Yang terpenting adalah, perlu dipahami bahwa orgasme tidak selalu menjadi tujuan dan keharusan dalam melakukan hubungan seksual, karena bercinta tanpa tekanan dan “kewajiban” juga dapat memberikan kepuasan untuk kedua pihak dan mempererat hubungan.



    4. Di mana letak G-spot?

    DR. DINDA: G-spot merupakan titik rangsang yang terdiri dari kumpulan saraf. Lokasinya di dekat tulang pubis bagian atas pada pintu vagina.

    ZOYA: Titik G-spot berada kurang lebih 5 hingga 7 cm di dalam liang vulva atau vagina, maka untuk mencapai G-spot saat penetrasi, ukuran penis yang besar dan panjang bukanlah sebuah keharusan. Bahkan, G-spot itu dapat diraih dan diberi stimulasi dengan menggunakan jari sendiri atau sang pasangan. Letak G-spot memang selalu berada di tempat yang sama dan tidak berpindah-pindah, namun sebaiknya seorang wanita sebaiknya tahu posisi bercinta mana yang paling bisa merangsang G-spot, khususnya dengan bentuk unik Mr. Happy.



    5. Adakah cara jitu untuk wanita agar mencapai orgasme?

    ZOYA: Seorang perempuan yang tidak paham akan peta atau erogenous zones di tubuhnya sendiri relatif akan sulit memimpin sang pasangan untuk memuaskan dirinya, maka cara mencapai orgasme tiada lain adalah mengenali tubuh dan vagina kamu. Posisi mana yang akan memudahkan rangsangan G-spot, dan posisi mana yang dapat memberikan akses ke klitoris? Apakah kamu perlu menstimulasinya secara manual saat bercinta, atau mungkin kamu lebih suka dipuaskan secara oral?




    (DO) TRY THIS AT HOME! 

    Peneliti seks Edward Eichel memperkenalkan teknik coital alignment technique pada tahun 1988 yang ditemukan bisa meningkatkan kemungkinan wanita untuk mencapai orgasme dalam posisi missionary sebanyak 56 persen.

    Biasanya, missionary position menempatkan pria di atas wanita, chest-to-chest, sehingga biasanya penis bergerak secara horizontal. Pada CAT, tubuh pria dicondongkan supaya bagian dadanya mendekat ke salah satu pundak wanita sehingga Mr. Happy bergerak tidak horizontal, tetapi lebih vertikal ke atas dan ke bawah. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan kontak Mr. Happy ke C-spot yang merupakan pleasure spot, sehingga memperbesar kemungkinan orgasme!


    6. Apakah fenomena squirting itu mitos – atau cairan tersebut sebenarnya air seni?

    ZOYA: Squirting merupakan sebuah fenomena yang memang dapat dilakukan sebagian wanita, namun ingat untuk tidak menjadikannya target karena memaksakan diri hanya akan menambah stres di atas ranjang. Meskipun sudah merasa sangat nyaman bersama pasangan, hal ini tidak menjamin bahwa kamu dapat squirting. Cairan yang keluar saat squirting bukanlah air seni, namun terkadang ejakulasi dahsyat yang digabungkan dengan sensasi tingling dapat diikuti dengan urin.



    7. Seperti apa aroma vagina yang normal?

    DR. DINDA: Aroma vagina yang normal tidak berbau menyengat, tidak wangi dan sedikit asam.

    ZOYA: Aroma vagina normal tidak akan menyengat meskipun sudah beraktivitas seharian. Yang perlu diingat adalah jangan mencuci vagina dengan antiseptik, karena justru dapat mengakibatkan yeast infection. Terkadang, Miss Cheerful dapat mengeluarkan bau yang lebih pekat beberapa hari sebelum dan sesudah menstruasi, and that’s normal! Namun jika bau menyengat terus berlanjut, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kelamin untuk mencari tahu masalahnya.

    BACA: 6 Aroma Khas Vagina yang Wajib Anda Kenali


    8. Apakah penggunaan kegel ball atau sex toy seperti vibrator dapat memberikan manfaat untuk kehidupan seks?

    INEZ: Penggunaan sex toys maupun kegel ball adalah pilihan personal yang juga bergantung dengan kenyamanan masing-masing wanita. Akan tetapi, sex toys memang bisa menjadi alat bantu untuk mengeksplorasi titik-titik kepuasan secara berbeda, sementara kegel ball bisa membantu memperkuat otot vagina dan pelvic floor yang nantinya dapat memperkaya pengalaman bercinta.

    ZOYA: Vibrators adalah satu dari sekian cara untuk mengeksplorasi diri, bukan sebagai pengganti dari pasangan yang tidak ada atau untuk mengobati rasa kesepian. Untuk memperkuat otot Miss Cheerful, pastikan bahwa latihan kegel dikombinasi dengan senam otot panggul.



    (Penulis: Kezia Calesta / FT / Sumber: Cosmopolitan Indonesia edisi Februari 2020 / Image: doc. nd3000©123RF.com)