Beauty

Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik Sesuai Jenisnya

  by: Kissy Aprilia       27/2/2020
  • Sebagai seorang beauty enthusiast yang cerdas, kamu tentu sudah mengetahui bahwa produk kosmetik juga memiliki masa pemakaian atau kedaluwarsa. Hal ini umumnya tertulis pada label produk dengan simbol angka seperti: 3M, 6M, 12M, yang berarti 3 months, 6 months, dan seterusnya. Namun, kotoran dan bakteri yang ada di lingkungan sekitar kita dapat menempel pada formula produk dan membuat masa pemakaiannya berkurang. Jadi, Cosmo akan memberikan informasi kedaluwarsa yang lebih aman sesuai jenis produk. Simak!


    Foundation

    Baik digunakan selama: 6 – 12 bulan



    Tips: Jaga produk foundationmu tetap bersih dari kuman dan bakteri dengan cara: tidak menyentuh bagian leher botol dengan jari, aplikator, atau benda lainnya. Jika melihat formula cairan produk tersebut sudah tidak lagi menyatu dengan baik, itu berarti kamu harus segera menyingkirkannya. 


    Lipstick, Lip Liner, dan Lip Gloss

    Baik digunakan selama: 1 tahun

    Tips: Jika tekstur lipstik mulai mengering atau menggumpal, Cosmo sarankan kamu tidak lagi menggunakannya. Untuk mengurangi risiko tersebut, simpan koleksimu dalam suhu ruangan, dan yang terpenting: jangan tinggalkan dalam suhu yang panas. 


    Blush on dan Bedak

    Baik digunakan selama: 2 tahun

    Tips: Meski jenis produk ini dapat digunakan hingga 2 tahun, pastikan kamu selalu membersihkan wajah dari sisa makeup sebelum tidur, agar kotoran dan bakteri tidak ikut menempel ke kulit. 


    Eye Shadow

    Baik digunakan selama: 3 – 6 bulan

    Tips: Mengapa eyeshadow harus diganti setiap 3 – 6 bulan, sedangkan blush on dan bedak bisa boleh digunakan hingga 2 tahun? Karena produk ini digunakan di area mata dan lebih berisiko menyebabkan iritasi. 


    Cream Blush

    Baik digunakan selama: 12 – 18 bulan

    Tips: Segeralah singkirkan produk cream blush jika kamu melihat perubahan pada tekstur atau warna pada formulanya. 


    Brow Pencil dan Kohl Eyeliner

    Baik digunakan selama: 1 tahun

    Tips: Model kosmetik pensil seperti ini memiliki daya tahan lebih lama dibandingan produk riasan mata lainnya. Agar kualitasya tetap terjaga, jauhkan dari suhu yang panas agar tidak meleleh.




    Maskara

    Baik digunakan selama: 3 bulan

    Tips: Tahukah bahwa udara yang ada di sekitar kita berisiko membawa masuk kotoran dan bakteri ke dalam tabung maskara. Dan tentu saja, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan mata, khususnya bila kamu memiliki mata yang sensitif. Jadi, kamu sebaiknya tidak perlu menunggu formula maskaranya menggumpal atau berubah tekstur, namun segeralah ganti jika sudah melebihi waktu 3 bulan.


    Liquid Eyeliner

    Baik digunakans selama: 3 bulan

    Tips: Sama seperti maskara, kamu tidak ingin kulit area mata yang sangat sensitif itu mengalami masalah, bukan?


    Gel eyeliner

    Baik digunakan selama: 2 bulan

    Tips: Jangan sampai kotoran dan bakteri yang mengendap dalam produk membuat matamu iritasi. So, girls.. sebaiknya kamu segera menggantinya setelah 3 bulan.


    Nail Polish

    Baik digunakan 1 – 2 tahun

    Tips: Suhu panas dan paparan sinar matahari langsung akan membuat formula kuteks lebih cepat rusak. Jadi, simpanlah koleksimu dalam suhu ruangan yang dingin dan kering.


    Parfum

    Baik digunakan selama: 8-10 tahun

    Tips: Hindari paparan sinar matahari langsung agar aroma koleksi parfum milikmu tetap terjaga


    (Kissy Aprilia, Photo by Jazmin Quaynor on Unsplash)