Celebrity

Ini Dia 26 Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Sesuai dengan Urutannya

  by: Alvin Yoga       1/2/2021
  • Ratu Elizabeth II adalah pemimpin monarki terpanjang dalam sejarah kerajaan Inggris, dan ia telah melihat banyak sekali perubahan. Pokoknya sangat banyak, sampai-sampai serial The Crown mungkin harus menambahkan satu musim hanya untuk membahas satu ~drama~. Dan meski kita semua masih cukup familier dengan keturunan langsung dari Sang Ratu yang akan menjadi suksesornya (hi, Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George), sebenarnya garis penerus kerajaan sangatlah panjang, hingga 26 orang! Dan ya, Putri Charlotte kini berada di urutan yang tinggi dalam daftar tersebut, karena peraturan terbaru di tahun 2013 yang menghilangkan aturan lampau bagi keturunan anak laki-laki—sebuah aturan yang menyebutkan bahwa pewaris takhta laki-laki memiliki hak untuk didahulukan dibanding saudari perempuannya, meski mereka terlahir lebih muda. Namun sayang, anggota kerajaan lainnya yang terlahir sebelum tahun 2013 tidak termasuk dalam peraturan tersebut (seperti Putri Anne dan keluarganya), jadi bisa dikatakan urutan pewaris takhta ini sedikiiittt membingungkan. Dan itulah alasan mengapa Cosmo menyiapkan artikel ini! Berikut adalah seluruh anggota keluarga dari Ratu Elizabeth, kalau-kalau kamu bertanya seberapa besar kesempatan bagi anggota kerajaan favoritmu (hi, Pangeran Harry dan Pangeran Louis) untuk menjadi Raja atau Ratu suatu hari nanti.


    1. Pangeran Charles, Prince of Wales

    Charles adalah putra pertama Ratu Elizabeth, dan karena alasan tersebut ia dipersiapkan untuk menjadi seorang raja. Pangeran Charles sebelumnya menikah dengan mendiang Putri Diana, namun kini ia menikah dengan Camilla Parker Bowles. Saat Pangeran Charles duduk di kursi kerajaan menggantikan posisi ibunya nanti, ia akan menjadi Raja paling tua yang pernah naik ke singgasana menurut sejarah Inggris.




    2. Pangeran William, Duke of Cambridge

    Sama seperti ayahnya, Pangeran William juga terlahir untuk menjadi seorang raja suatu hari nanti. Ia adalah putra pertama dari Pangeran Charles dan Putri Diana, dan telah membaktikan dirinya menjadi seorang pilot helikopter Royal Air Force dan juga seorang pilot bagi East Anglian Air Ambulance—sebuah pekerjaan yang kemudian ia tinggalkan di tahun 2017 agar ia bisa mengambil porsi tugas kerajaan yang lebih besar. Ia hampir bisa dipastikan akan menjadi raja suatu hari nanti (ada banyak spekulasi bahwa Pangeran Charles mungkin akan memberikan posisinya pada urutan pewaris takhta berikutnya yang lebih muda serta lebih populer) dan seperti yang kita semua ketahui, dia menikah dengan Kate Middleton.


    3. Prince George of Cambridge

    Seperti ayah dan juga kakeknya, Pangeran George (yep!) juga terlahir untuk menjadi raja berikutnya. Ketika ia duduk di kursi singgasana nanti, ia akan menjadi King George VII—dan semoga ia akan melanjutkan tradisinya untuk bertemu dengan para politisi penting dan juga para pemimpin dunia lainnya dalam balutan bathrobe seperti yang pernah ia lakukan ketika ia bertemu mantan Presiden Barack Obama dulu. Because you do you, George!


    4. Princess Charlotte of Cambridge

    Princess Charlotte of Cambridge adalah perempuan pertama dan termuda dalam urutan suksesor kerajaan—dan ia berhasil menduduki posisi keempat, di atas saudaranya yang lebih muda, Louis, berkat peraturan tahun 2013 yaitu Succession to the Crown Act. Namun tetap saja, kemungkinannya kecil sekali bagi kita yang telah dewasa untuk melihat ratu berikutnya duduk di kursi kerajaan. Sebagai seorang "spare to the heir", Charlotte akan menikmati hidup yang mirip dengan saudara Pangeran William, yaitu Pangeran Harry, yang memiliki (er, ralat, tadinya memiliki) seluruh keuntungan kerajaan namun tidak benar-benar terikat untuk menjadi calon utama penerus kerajaan. She has the best of both worlds!


    5. Prince Louis of Cambridge

    It’s baby Louis! Umurnya masih dua tahun dan ia sudah mendapatkan posisi yang keren dalam garis penerus takhta keluarga kerajaan. That’s the royal life for you.


    6. Pangeran Harry, Duke of Sussex

    Tak seperti William, Pangeran Harry tidak benar-benar terlahir untuk mengisi posisi raja—namun ia benar-benar terlihat santai dengan keadaan tersebut. Kamu bisa melihat bahwa ia dan istrinya, Meghan Markle, memutuskan untuk mundur dari anggota kerajaan senior dan pindah ke Amerika. Namun FYI, meski telah mundur dari posisinya, Harry masih berada di urutan keenam dalam pewaris takhta.


    7. Master Archie Harrison

    Bayi menggemaskan Archie Harrison saat ini merupakan yang termuda dalam urutan pewaris takhta! Tapi perhatikan: ia tak memiliki gelar kerajaan resmi karena Harry dan Meghan memutuskan untuk mundur sebagai anggota kerajaan, dan karenanya ia dipanggil "master", yang berarti "seorang yang masih muda atau anak laki-laki yang terlalu muda untuk dipanggil mister—digunakan sebagai titel," menurut Merriam-Webster.


    8. Pangeran Andrew, Duke of York

    Dari seluruh anak ratu, Pangeran Andrew adalah yang paling banyak tertangkap media melakukan banyak sekali "kontroversi"—serius, kalau kamu mencari dirinya dalam laman pencarian Wikipedia, halamannya sangat panjang (dan isinya oh, benar-benar berantakan). Ada banyak sekali tuduhan korupsi, kejahatan seksual, penjualan senjata, serta penyalahgunaan uang untuk skandal-skandal lainnya. Namun di luar hal tersebut, dan meski ia sudah dikesampingkan dari tugasnya sebagai anggota kerajaan, ia sepertinya masih berada dalam urutan pewaris kerajaan.


    9. Princess Beatrice of York

    Dengan kelahiran anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton, maka posisi para putri Pangeran Andrew, yaitu Beatrice serta saudarinya yang lebih muda, Eugenie, semakin turun dalam daftar pewaris takhta sehingga mereka tak lagi dikelilingi oleh pengawal resmi kerajaan (dan ayah mereka, Andrew, dikabarkan sedikit kesal karena hal tersebut).


    10. Princess Eugenie of York

    Pada tahun 2018, Putri Eugenie menikah dengan Jack Brooksbank di St. George Chapel di Kastel Windsor, tempat yang sama di mana Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah. Sekarang ini, mereka sedang menantikan anak pertama mereka, yang nantinya akan menduduki posisi kesebelas dalam urutan pewaris takhta—tepat setelah Eugenie.


    11. Pangeran Edward, Earl of Wessex

    Pangeran Edward adalah putra termuda dari Ratu Elizabeth. Ia menikah dengan Sophie, Countess of Wessex, yang ternyata merupakan salah satu anggota keluarga favorit sang Ratu. Pangeran Edward dan Sophie memiliki dua orang anak, mereka adalah...


    12. James, Viscount Severn

    Viscount James secara teknis merupakan seorang pangeran, namun kedua orang tua mereka ingin memberikannya titel yang sedikit lebih sederhana "untuk menghindari berbagai beban yang harus ia hadapi akibat gelar tersebut." Namun, tetap saja, ia memiliki sebuah danau di Kanada dengan nama yang sama dengan dirinya, dan hal tersebut cukup...wow!


    13. Lady Louise Windsor

    Lady Louise Windsor adalah saudara James—dan, ya, ia berada di urutan yang lebih rendah sebagai pewaris takhta meskipun umurnya lebih tua dari James karena aturan Succession of the Crown Act di tahun 2013 tidak berlaku pada mereka yang terlahir sebelum aturan tersebut disahkan. Womp, womp. Seperti Ratu dan saudarinya, Putri Margaret, Lady Louise adalah seorang pengendara kereta kuda terlatih—ia bahkan ikut berkompetisi dalam British Driving Society Championship for Young Drivers di tahun 2017 silam.


    14. Putri Anne



    Putri Anne adalah anak kedua Ratu Elizabeth, namun ia berada di urutan yang lebih rendah dibandingkan kedua saudara laki-lakinya dalam susunan pewaris takhta kerajaan karena, sama seperti Lady Louise yang berada di urutan sebelumnya, aturan Succession of the Crown Act di tahun 2013 tidak berlaku terhadapnya. Psst, Putri Anne sempat berkompetisi dalam Montreal Olympic Games di tahun 1976 menggunakan kuda ibunya, dan ia juga anggota dari Komite Olimpiade Internasional. Oh, dan ia juga sempat viral tahun lalu setelah dirumorkan tidak mengindahkan mantan Presiden Trump. Love her!


    15. Peter Phillips

    Peter Phillips adalah putra dari Putri Anne dan juga cucu tertua Ratu Elizabeth. Ia dan saudari perempuannya, Zara, tidak diberikan gelar kerajaan oleh orangtuanya agar mereka bisa mendapatkan hidup "normal".


    16. Savannah Phillips

    Savannah adalah putri dari Peter dan mantan istrinya, Autumn. Karena Putri Anne memilih untuk tidak memberikan Peter gelar, maka Savannah juga tidak mendapatkan titel apapun.


    17. Isla Phillips

    Isla Phillips adik perempuan Savannah, dan sama seperti kakaknya, ia tidak mendapatkan gelar apapun.


    18. Zara Tindall

    Zara Tindall adalah anak kedua Putri Anne, dan seperti kakaknya, ia tidak memiliki gelar resmi kerajaan. Ia adalah seorang penunggang kuda bertalenta sejak kecil, Zara juga sempat memenangkan medali perak Olimpiade dalam pertandingan equestrian di tahun 2012—dan ibunya hadir memberikannya medali tersebut. Cool!


    19. Mia Tindall

    Mia adalah anak pertama Zara bersama suaminya, mantan pemain rugby Inggris, Mike Tindall. Ibunya mendeskripsikan dirinya sebagai anak yang "sedikit terlalu santai".


    20. Lena Elizabeth Tindall

    2018 merupakan tahun yang luar biasa dan penuh keajaiban bagi keluarga kerajaan karena Zara juga melahirkan putri keduanya, Lena Elizabeth, pada 19 Juni. Louis dan Lena Elizabeth jelas merupakan teman bermain yang cocok!


    21. David Armstrong-Jones, Earl of Snowdon

    David Armstrong-Jones adalah anggota keluarga kerajaan pertama dalam urutan pewaris takhta yang bukan merupakan keturunan langsung dari Ratu Elizabeth II. Ia adalah anak dari saudari Ratu Elizabeth, Putri Margaret, dan mewarisi titel Earl of Snowdon dari ayahnya. David adalah seorang desainer furnitur. Di tahun 2017, ia sempat terjebak dalam sebuah plot pemerasan atas kasus "seks dan narkoba" setelah dua pria mengancamnya bahwa mereka akan merilis video-video David pada media jika ia tidak memberikan uang tebusan. Polisi Inggris kemudian menangkap kedua pria tersebut dan menurut kabar, David bahkan tidak ada dalam video tersebut.


    22. Charles Armstrong-Jones, Viscount Linley

    Charles merupakan anak pertama David. Ketika ia berumur 12 tahun, sang ratu menunjuknya untuk menjadi Page of Honor—sebuah peran penting di mana ia akan membantu mengangkat bagian ekor dari gaun panjang ratu. What a privilege.


    23. Lady Margarita Armstrong-Jones

    Lady Margarita adalah anak kedua David dan satu-satunya cucu perempuan Putri Margaret. Psst, Lady Margarita merupakan salah satu pengiring pengantin Kate Middleton, dan duduk di sebelah saudari Kate, Pippa Middleton, dalam kereta kuda setelah perayaan pernikahan Kate dan William.


    24. Lady Sarah Chatto

    Lady Sarah adalah anak dari Putri Margaret dan merupakan saudari David Armstrong-Jones. Ia merupakan seorang pelukis ternama, dan menikah dengan seorang seniman bernama Daniel Chatto, serta memiliki dua orang putra. Sarah dikenal cukup dekat dengan sepupunya, Pangeran Charles, dan menjadi pengiring pengantin dalam pernikahan sang pangeran bersama dengan Putri Diana. Ia juga merupakan godmother bagi Pangeran Harry dan Lady Louise Spencer. 


    25. Samuel Chatto

    Samuel adalah anak pertama Lady Sarah dan memiliki akun Instagram yang sangat inspiratif—ia menyebut para pengikutnya sebagai "lovers". Cool!


    26. Arthur Chatto

    Arthur adalah anak termuda dari Lady Sarah dan menjadi pewaris terakhir dalam garis keturunan saudari sang Ratu. Tapi, kalau-kalau kamu belum tahu, ia dipanggil dengan julukan #ThristTrap karena ia sering membagikan beberapa foto selfie shirtless dalam media sosialnya. Go follow him on Instagram and never look back.


    (Aritkel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Instagram @theroyalfamily)