Beauty

Kesalahan Saat Membersihkan Makeup Yang Bisa Merusak Kulit Kamu!

  by: Astriana Gemiati       2/2/2021
    • Ritual membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian ataupun sebelum tidur adalah mutlak untuk dilakukan.
    • Berikut kesalahan saat membersihkan makeup yang bisa merusak kulit kamu!


    Ok, menghapus riasan sebelum tidur merupakan rutinitas wajib yang harus dilakukan (setuju, dong?). Kamu tahu bagaimana tidur dengan menggunakan riasan dapat menyebabkan dan memicu timbulnya jerawat, kekeringan, penuaan dini, dan masalah kulit lainnya. Namun, tahukah kamu menghapus riasan dengan cara yang salah yang ada bisa merusak kulit kamu, lho! Jika kamu menggosok area mata sensitif atau tidak menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk kulit, hal ini dapat menyebabkan garis-garis halus lebih cepat terlihat dan pori-pori menjadi tersumbat.

    Berikut beberapa kesalahan yang tanpa kamu sadari sering lakukan saat membersihkan makeup beserta tipsnya. Simak!




    Kesalahan #1: Hanya menggunakan makeup wipes.

    Sebagian besar dari kita, menggunakan makeup wipes untuk menghapus riasan karena selain praktis, cepat, dan mudah digunakan. Namun, kamu harus menyadari fakta bahwa mereka hanya menghilangkan lapisan atas riasan kamu, ini bisa digunakan sebagai langkah pembersihkan pertama. Lebih baik kamu menggantinya dan mencoba gunakan handuk pembersih makeup. Apalagi handuk pembersih makeup bisa digunakan kembali. Lebih praktis, kan?


    Jacquelle Magic Wash

    Harga: Rp49.000,-.


    Kesalahan #2: Menggunakan kain serat mikro kering atau menggunakan air dingin untuk menghapus riasan.

    Selalu gunakan air hangat, karena terasa lembut di kulit. Dengan menggunakan kain mikrofiber dan lakukan gerakan putar secara lembut pada kulit. Jangan gosok serta menariknya. Biarkan kain di di mata kamu setidaknya didiamkan selama 20 hingga 30 detik untuk menghancurkan formulasi riasan. Coba trik mengukus dengan suhu panas handuk serat mikro kamu di wajah, ini akan membuka pori-pori dan membantu melepasan debu yang tersisa.


    Baca juga: Air Panas Atau Dingin? Ini Cara Bersihkan Wajah Dengan Benar


    Kesalahan #3: Tidak menghapus sunscreen atau BB cream karena beranggapan ini adalah produk skincare.

    Jika kamu adalah seseorang yang senang menggunakan BB cream atau sunscreen setiap hari dan merasa tidak perlu membersihkan wajah sebelum tidur, maka asumsi kamu salah. Apapun semua jenis losion atau skincare yang digunakan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, yang selanjutnya akan menyebabkan tumbuhnya jerawat, pimples, dan komedo. Jadi, tetap bersihkan wajah, ya!


    Kesalahan #4: Menggunakan formulasi yang tidak sesuai dengan kulit kamu.

    Misalnya, jika kamu memiliki kulit kering dan menggunakan jenis foaming cleanser, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kepekaan di sekitar mata dan kulit. Pilih pembersih yang creamy atau milky jika kamu memiliki kulit kering. Pertimbangkan juga jenis kulit kamu sebelum membeli pembersih. 


    Laneige Cream Skin Milk Oil Cleanser

    Harga: Rp370.800,-.




    Kesalahan #5: Mulai dengan menghapus riasan mata menggunakan pembersih wajah dengan tekstur yang berat.

    Ada baiknya jika kamu membersihkan riasan mata dahulu menggunakan micellar water dengan bantuan cotton bud. Karena sifatnya air dan terasa ringan, justru riasan mata kamu akan jauh lebih bersih dan tidak perih di mata. Lalu, kamu bisa lanjutkan dengan membersihkan lipstik dan seluruh wajah dengan cleansing makeup produk favorit kamu lainnya, dan lanjutkan kembali dengan micellar water untuk mengakhirinya (alias double cleansing).

    Bioderma Sensibio H2O Micellar Water

    Harga: Rp232.650,-.


    Kesalahan #6: Tidak mengikat rambut atau menggunakan headband saat menghapus riasan.

    Ikat rambut kamu dengan kencang atau bisa juga menggunakan headband karet sebelum kamu mulai membersihkan wajah. Orang mungkin berpikir ini tidak ada gunakan, namun dengan wajah terbuka terbebas dari helai rambut, justru ini akan memudahkan kamu membersihkan wajah dengan cara maksimal tanpa ada kotoran makeup yang tertinggal.


    The Bosy Shop, Headbunny Bunny

    Harga: Rp49.000,-.


    Kesalahan #7: Menarik dan menggosok kulit dengan kapas dan tisu makeup.

    Jika kamu cenderung sering melakukan ini beberapa kali untuk menghilangkan formulasi water proof yang membandel, maka yang kamu lakukan saat ini adalah salah. Gerakan menggosok bisa merusak kulit kamu, coba untuk membersihkannya dengan menggunakan remover setidaknya diamkan selama 10-15 detik sebelum membersihkan, lalu lakukan men-tap-tap untuk memudahkan bantu melarutkan formulasi water proof.




    ( Astriana Gemiati / Image: [email protected], Dok. Instagram, GIPHY.com)