Celebrity

Mengenal Lebih Dekat Aghniny Haque, Aktris Laga yang Siap Bersinar!

  by: Giovani Untari       4/2/2021
  • Tak ada yang menyangka jika olahraga taekwondo yang digeluti oleh Aghniny Haque sejak belia justru menjadi jembatan yang membawanya masuk ke industri perfilman Indonesia. Perempuan ceria ini juga punya prinsip yang kuat untuk mewujudkan seluruh mimpinya menjadi salah satu aktris laga terbaik di Indonesia. Rise and shine, Aghniny! 

    Mari kita kenalan lebih dekat dengan sosok Aghniny Haque lewat interview spesial berikut ini:




    Hai Aghniny selamat atas penayangan film Generasi 90an: Melankolia. Film ini sempat ditunda penayangannya karena pandemi dan akhirnya dirilis pada Desember 2020 lalu. 

    Senang sekali akhirnya film ini tayang di bulan Desember silam. Jujur saya sempat merasa deg-degan saat filmnya dirilis! Tetapi di sisi lain saya bersyukur film Generasi 90an: Melankolia ini bisa tayang, karena akhirnya segala penantian dan kesabaran saya bisa berbuah manis.


    Apa tantangan terbesar bermain sebagai Indah dalam film tersebut?

    Tantangannya lebih mengarah kepada pendalaman karakter dan bagaimana cara membangun kedekatan antara karakter saya dan adik saya Abby yang diperankan oleh Ari Irham. Di film ini saya harus berperan sebagai seorang kakak. Saya sendiri sebenarnya tidak tahu seperti apa sosok kakak yang ideal, hangat, dan baik untuk adiknya. Karena di kehidupan nyata saya merupakan seorang anak tunggal. Jadi bisa dibilang saya lumayan nervous saat harus memerankan Indah. Lalu peran saya ini juga merupakan sosok yang sangat periang dan loveable. Saya sering merasa Aghniny itu aslinya bukanlah orang yang riang dan loveable, haha..


    Blazer & celana, MORAL @studiomoral, Bra sequin, Douche @ladouchevita


    Berbicara soal akting, kamu adalah seorang atlet taekwondo dan sempat menjadi bagian dari tim nasional dari tahun 2011 - 2016. Bagaimana awalnya Aghniny bisa masuk ke dunia akting secara profesional?

    Momen masuk ke dunia akting ini pas sekali datangnya ketika saya sedang sakit hati dengan taekwondo. Dari kecil bisa dibilang hidup saya ‘habis’ di olahraga tersebut. Saya selalu berlatih dan bertanding hingga prestasi saya sudah sampai di level enam besar dunia saat itu. Tetapi karena cedera, saya dipulangkan dan diberi pilihan untuk beristirahat dahulu atau dioperasi. Sedangkan saya ingin sekali proses operasinya dilakukan di Filipina, namun sayangnya hal ini tidak disetujui. Saat itu saya merasa sedih, kesal, dan bingung. Tetapi tiba-tiba saja ada sebuah email berisi tawaran casting untuk film Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 yang masuk dan itu membuat saya senang sekali! Karena ternyata itu datang langsung dari sang casting director yang sedang mencari pemain yang bisa bela diri. Saya pun pergi casting dari Semarang ke Jakarta pada hari itu juga, dan ternyata saya langsung dikabarkan lolos! Dari sana saya mulai masuk ke dunia akting.


    Lantas apa yang membuat kamu akhirnya jatuh cinta dan fokus untuk berkarier sebagai seorang aktris?

    Lucu sekali sih sebenarnya, sejak kecil saya suka sekali menonton film-film action milik Jackie Chan, Bruce Lee, Jet Li, dan Donnie Yen. Setiap ada yang suka mengajak saya berkelahi, saya suka menerapkan jurus-jurus di film tersebut. Saya pernah bilang ke nenek saya: “Saya ingin sekali suatu hari bisa main film action!”. Sepertinya semesta mendukung hal ini karena ternyata taekwondo justru menjadi jembatan saya untuk lebih menekuni dunia perfilman.


    Kamu ingin dikenal sebagai aktris yang seperti apa? Apakah sebagai aktris laga Indonesia?

    Bisa dibilang begitu. Jadi kalau aktor laga Indonesia ada Iko Uwais, maka aktris laganya adalah Aghniny Haque. Semoga saja terwujud, doakan ya! Oh ya, saya juga ingin dilihat sebagai sosok aktris, bukan sebagai selebriti. Saya ingin publik memahami bahwa saya adalah manusia biasa yang bisa salah, meminta maaf, dan belajar. Jadi ayo kita berkarya bersama!


    Blazer & celana, MORAL @studiomoral, Bra sequin, Douche @ladouchevita


    Apa target Aghniny untuk karier dalam industri perfilman ini? Berakting di film action di Hollywood, mungkin?

    Yang pasti saya ingin menjadi yang terbaik di dunia perfilman Indonesia supaya akhirnya saya bisa ‘dilirik’ oleh industri di Hollywood. Cita-cita saya juga ingin memainkan banyak peran yang berbeda-beda dengan range emosi yang luas. 


    Cosmo penasaran! Apakah ada persamaan antara menjadi seorang atlet taekwondo dan aktris?

    Yang pasti keduanya harus sama-sama disiplin! Waktu masih jadi atlet, saya bisa latihan sehari sebanyak empat kali. Saat menjadi aktris, rasa disiplin itu juga terus saya pertahankan dengan cara terus berlatih, menjaga kesehatan, dan terus mempersiapkan diri. Jadi ketika mendapat tawaran casting, saya bisa siap untuk mencoba peran tersebut.




    Atasan & rok ungu, Douche @ladouchevita, Bra, H&M, Tas, SRW @s.rw 


    Punya nasihat terbaik yang pernah kamu terima dan jadikan prinsip dalam mengarungi industri ini?

    Saya termasuk orang yang overthinking ketika syuting. Saya takut kalau tidak bisa maksimal dan memberikan yang terbaik. Lalu mas Angga Dimas Sasongko yang saat itu menjadi sutradara sempat berpesan kepada saya bahwa saat berakting harus “let it go” saja, jangan kebanyakan berpikir. Karena kalau kebanyakan berpikir nantinya justru tidak keluar akting dan karakternya. Jadi sejak itu saya berserah saja. Karena menurut saya kalau Anda sudah latihan dan memberikan semuanya ke film tersebut, itu tinggal dikeluarkan saja. Jadi saya selalu mengingat nasihat itu sebelum syuting. 


    Apa proyek akting terdekat yang bisa Cosmo nantikan dari Aghniny untuk tahun 2021?

    Rencananya tahun 2021 saya akan hadir untuk film Ben dan Jody, itu merupakan sebuah film dengan genre yang terbilang baru di Indonesia yaitu drama-fantasy. Film ini juga akan ada unsur action-nya. Lalu ada satu film lagi yang masih belum boleh saya spoiler, haha..


    Blazer & celana, MORAL @studiomoral, Bra sequin, Douche @ladouchevita

    Punya resolusi yang ingin kamu wujudkan di tahun 2021 ini?

    Semoga tahun 2021, saya bisa lebih legowo dan ikhlas dalam menjalani hidup. Semoga tahun ini membuat saya bisa menjalani hidup lebih baik lagi, menjadi individu yang lebih bersyukur lagi ke depannya.


    Pandemi ini mengubah kehidupan kita. Apa pembelajaran hidup terbaik dari tahun 2020 bagi kamu secara pribadi?

    Saya jadi lebih bersyukur saat ini. Sebelum pandemi, kita bisa dengan mudah bertemu banyak orang. Tetapi saat pandemi seperti sekarang, kita jadi lebih jarang bertemu orang dan bersosialisasi. Saat masih bisa bertemu dengan orang tersayang kita, maka ini saatnya mencurahkan hati dan pikiran untuk orang tersebut. Saya belajar tentang hidup harus dijalani dengan sebaik mungkin untuk orang yang ada di sekitar kita. Karena kita tidak tahu kapan orang tersebut bisa pergi atau kita yang akan meninggalkan mereka. Jadi tinggalkanlah jejak yang baik untuk hidup kita pribadi dan di sekitar kita.



    Fotografer: Insan Obi

    Fashion Stylist: Astriana Gemiati

    Teks: Giovani Untari / FT

    Digital Imaging: Raghamanyu Herlambang

    Ilustrasi: S. Dewantara

    Makeup artist: Ryan Ogilvy

    Hairdo: Linda Kusumadewi