Beauty

25 Tipe Poni Untuk Semua Tekstur & Panjang Rambut!

  by: Astriana Gemiati       5/2/2021
  • Cosmo mungkin tidak mengenal kamu, namun rasa tak tertahan untuk menyelusuri feed Instagram hari ini dan menyakinkan Cosmo sendiri sepertinya kita memerlukan potongan rambut berponi yang saat ini tengah menjadi tren. Baik itu, curtain bangs, straight-across fringe, atau semua gaya yang terinspirasi dari Dua Lipa. Ada begitu banyak jenis poni yang muncul sehingga sulit untuk memutuskan mana yang layak untuk dicoba. Dan, yang pasti tidak ada patokan yang cocok untuk semua dalam hal potongan poni. 

    Ok, Cosmo akan menyusun dan merangkum potongan poni terbaik tahun 2021, plus beberapa tips dan trik penting untuk menata rambut baru kamu. Karena memiliki potongan poni tidak selalu mudah kelihatannya.

    Keep scrolling, girls… Ini dia 25 tipe poni yang semua tekstur dan panjang rambut!



    1. Curtain Bangs

    Terlihat masuk akal bahwa tren curtain bangs sangat populer saat ini —gaya ini memiliki perawatan yang cukup mudah, cepat tumbuh, dan kamu tidak perlu mengunjungi penara rambut sesering mungkin. Gunakan potongan layer yang lebih panjang dan pisahkan tepat di tengah untuk menciptakan kembali tampilan ini.



    2. Classic Bangs

    Kamu tidak akan pernah salah dengan tampilan poni lurus klasik ini —terutama jika kamu menambahkan tekstur. Minta penata rambut kamu untuk memangkas poni tepat di atas alis kamu, dan bersiaplah untuk kembali secara rutin untuk mempertahankan bentuk poni kamu agar tetap terlihat sama.


    3. Subtle Bangs

    Mencari sesuatu yang terlihat lebih subtle? Pilih curtain bangs dengan potongan yang halus dan bervolume lebih banyak di bagian samping daripada di tengah —dengan begitu kamu dapat dengan mudah menatanya.


    4. Dyed Bangs

    Dan, untuk kebalikan dari poni yang terlihat halus, kamu bisa mencoba gaya dyed bangs (poni yang diwarnai. Ini jelas merupakan pilihan yang berani, dan akan terlihat semakin keren jika rona merah muda ini kamu warnai hanya sebagian mulai dari poni hingga panjang rambut kamu. Jika belum yakin, kamu bisa menggunakan temporary dye untuk mencobanya terdahulu.


    5. Grown-Out Bangs

    FYI, untuk tipe poni seperti ini tidak harus selalu terlihat canggung. Jika berada di antara panjangnya, ikuti gaya rambut Dua Lipa ini: tekstur poni yang terlihat lurus dan terkesan mengilap. Belah tengah rambut kamu untuk membuat poni terihat lebih berlayer.


    6. Layered Bangs

    Jika terlihat kaku dan poni lurus terasa sedikit mengintimidasi, pilihan potongan yang tebal dan layering seperti milik Camila Cabello. Pisahkan poni kamu di tengah atau sisir ke samping —semakin panjang layering kamu, semakin banyak pilihan gaya yang kamu miliki.


    7. Eye-Skimming Bangs

    Seperti, poni yang bagus dan menutupi mata bukanlah gaya yang paling praktis. Namun, ada sesuatu yang sangat cantik mengenai potongan poni yang panjang ini. Bersiaplah untuk meningkatkan tekstur dan volume pada tampilan poni dengan menggunakan texturizing spray.


    8. Braided Bangs with Beads

    Serahkan pada Yara Shahidi untuk membuat poni yang dikepang menjadi terlihat sangat keren. Mintalah penata rambut kamu untuk memotong beberapa potongan panjang dengan bingkai wajah di kedua sisi poni untuk berikan sedikit dimensi (dan, beberapa chunky beads akan terlihat lebih menarik).


    9. Wavy Bangs

    Lupakan sejenak poni lurus kamu. Apapun tekstur alami rambut kamu jangan ragu untuk menerimanya, seperti opsi poni bergelombang yang sempurna ini.


    10. Shaggy Bangs

    Note: Potongan shaggy bukan berarti pendek. Menambahkan banyak layering pada poni dan sisa rambut, memungkinkan kamu masih mengikuti tren rambut berombak tanpa harus mengorbankan banyak panjang.


    11. Clip-In Bangs

    Belum siap sepenuhnya untuk memotong rambut kamu? Bereksperimenlah dengan tipe poni clip-in yang menggemaskan ini. Pastikan semuanya berbaur sempurna dengan warna rambut kamu untuk kesan alami.


    12. Retro Bangs

    Brigitte Bardot dikenal memiliki khas dengan curtain messy bangs belah tengah dan rambut panjang. Cobalah gaya ini jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih mudah dan terkesan kurang sempurna.


    13. Blunt Bangs

    Tidak seperti blunt bangs dari masa sekolah dasar kamu, jenis poni alis ramping ini terlihat begitu edgy —cocok untuk siapa saja dengan rambut lurus atau senang menggunakan flat irons.


    14. Long, Curly Bangs

    Apapun pola ikal rambut kamu, bahkan beberapa ikal pendek yang berada di bawah alis dapat membuat perbedaan yang mencolok pada keseluruhan gaya rambut kamu.




    15. Face-Framing Bangs

    Poni yang membingkai wajah tidak hanya terlihat sangat bagus, namun potongan ini juga bisa berfungsi sebagai trik untuk beralih dari poni ke tanpa poni selama tahap pertumbuhan rambut kamu sangat cepat.


    16. Feathered Bangs

    Tampilan modern gaya klasik era tahun 70an, curtain bangs versi panjang ini terlihat menyatu dengan baik ke seluruh rambut. Cukup multifungsi, karena bisa digunakan ke arah samping ataupun belah tengah.


    17. Baby Bangs

    Menjadi favorit Audrey Hepburn, tampilan poni klasik ini selalu terlihat berkelas. Kamu cukup membutuhkan trim secara berkala untuk mempertahankan tampilan poni ini.


    18. Wispy Bangs

    Jika kamu memiliki rambut dengan tekstur yang halus dan ingin sedikit terlihat lebih bernyawa, cobalah untuk membuat potongan rambut model wispy bangs untuk memberikan ilusi dan volume pada sisa rambut kamu.


    19. Long Side Bangs

    Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu dengan menata rambut, cobalah jenis poni yang jatuh tepat di bawah tulang pipi kamu. Secara otomatis, kamu akan memiliki layering lembut yang dapat membingkai wajah pada saat kamu hendak menyisir dan menata rambut dan poni panjang kamu.


    20. Voluminous Bangs

    Jika kamu benar-benar menyukai tren tahun 90an, jenis poni yang terkesan tebal ini akan cocok buat kamu. Untuk menjaganya agar tetap terlihat modern, jauhkan hairspray agar rambut kamu lebih mudah bergerak.


    21. Micro Bangs

    Jenis tiny-bangs ini memberikan kesan retro dan modern secara bersamaan pada tampilan kamu. Bahkan akan lebih mencolok lagi ketika dipadukan dengan rambut yang ekstra panjang.


    22. Side-Swept Bangs

    Poni samping pada dasarnya adalah potongan poni dari segalanya. Sebelum kamu melakukan semua dengan potongan yang lebih berani, pertama-tama kamu bisa mencoba jenis poni versi panjang dan layering ini. 


    23. Arched Bangs

    Seperti yang tersirat dari namanya, jenis poni ini dipotong dalam bentuk lengkungan, dengan poni terpendek lalu menyusuri alis dan layering terpanjang melengkung di sekitar tepi rahang kamu. Hasilnya? Bingkai wajah kamu terlihat sangat indah.


    24. Thick, Parted Bangs

    Gaya tampilan rambut belah tengah ini akan terlihat memukau dengan poni yang tebal namun lurus dan juga terkesan tumpul.


    25. Piecey Bangs

    Jika kamu mengkhawatirkan poni akan terkesan lepek dan berminyak, coba gunakan styling cream dengan mengaplikasikannya pada poni dan beberapa helai rambut untuk kesan wet look namun terlihat gaya.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram)