Lifestyle

Yang Perlu Diketahui Soal Film Sci-Fi Terbaru, 'Space Sweepers'

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/2/2021
    • Netflix baru saja merilis film sci-fi asal Korea Selatan terbaru berjudul Space Sweepers.
    • Para pemeran dan sutradara film tersebut membahas alur cerita, karakter, dan tantangan terbesar selama menciptakan film ini.
    • Ini segala hal yang perlu diketahui tentang Space Sweepers. Simak!


    Get ready, karena ada film Netflix terbaru yang siap menghiburmu pada akhir pekan! Pada Jumat, 5 Februari ini, Netflix resmi merilis Space Sweepers, film Korea Selatan bergenre sci-fi yang berlatar luar angkasa. Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor Korea ternama, di antaranya Song Joong-ki (Descendants of the Sun), Kim Tae-ri (The Handmaiden), Jin Sun-kyu (Kingdom), dan Yoo Hai-jin (A Taxi Driver), serta disutradarai oleh Jo Sung-hee, yang sebelumnya menyutradarai film A Werewolf Boy (2012).

    Sebagai film sci-fi, tentunya Space Sweepers didukung oleh efek visual impresif. Dan menariknya, film ini merupakan film blockbuster Korea pertama yang berlatar luar angkasa! Sebelum menyaksikannya (atau mungkin kamu sudah menontonnya dan ingin tahu lebih banyak fakta tentang film ini), berikut adalah segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Space Sweepers.






    Explores the Outer Space

    Space Sweepers bercerita tentang tim Spaceship Victory yang beranggotakan Tae-ho (Song Joong-ki), Kapten Jang (Kim Tae-ri), Tiger Park (Jin Sun-kyu), dan robot militer bernama Bubs (Yoo Hai-jin). Film ini berlatar pada tahun 2092 ketika Bumi tak lagi kondusif dihuni manusia, sehingga tebentuk habitat baru di luar angkasa yang dihuni oleh penduduk kelas atas. Kelompok Spaceship Victory berusaha bertahan hidup dengan mengumpulkan sampah luar angkasa, dan petualangan mereka dimulai ketika mereka menemukan seorang anak perempuan yang diduga robot menyerupai manusia yang sedang diburu.


    A Group of Wimpy Characters

    Meski setiap anggota tim Spaceship Victory memiliki kepribadian dan latar yang berbeda, pada konferensi pers Space Sweepers yang diadakan pada 2 Februari kemarin Song Joong-ki mengatakan bahwa tim tersebut terdiri dari empat karakter yang terbilang pengecut.

    “Saya memerankan tokoh Tae-ho. Sebelumnya ia hidup sebagai ace pasukan khusus UTS, tapi sebuah kejadian membuatnya meninggalkan tim tersebut dan bertemu kru baru,” jelas Song Joong-ki tentang tokohnya yang menjabat sebagai pilot Spaceship Victory.




    Kim Tae-ri melalui transformasi yang cukup berbeda dari sifat aslinya untuk memerankan Kapten Jang yang kuat dan tekun. Menurutnya, tokoh ini berbeda dari kepribadian aslinya yang ceroboh. Sementara itu, Jin Sun-kyu merasa karakter yang ia perankan, sang engineer Tiger Park, tampak kuat tapi memiliki hati yang hangat.

    Last but not least, ada pula Yoo Hai-jin yang berperan sebagai Bubs. Peran ini berbeda dari yang lainnya karena ia berperan sebagai robot — gerak-geriknya disesuaikan dengan gerakan Hai-jin di depan kamera, lalu penampilan fisik sang aktor diubah menjadi desain Bubs pada tahap editing. “Itu adalah sebuah pengalaman baru dan saat saya akting saya sangat penasaran dengan hasilnya di layar,” ungkap Hai-jin. Well, it does look cool!


    Imagination is Key

    Pada konferensi pers Space Sweepers, sang sutradara Jo Sung-hee mengungkapkan bahwa ia telah mengembangkan ide cerita film ini sejak 10 tahun yang lalu (yup, Cosmo juga terkejut!). “Saya mendengar cerita tentang space sweepers 10 tahun yang lalu dari seorang teman jadi sejak itu kami mencoba untuk mengembangkan ide tersebut,” jelas Sung-hee.




    Bahkan Joong-ki mengatakan bahwa ia telah mendengar ide cerita Space Sweepers saat syuting A Werewolf Boy, film yang juga disutradarai oleh Sung-hee, beberapa tahun yang lalu! Dengan jujur, Joong-ki mengaku bahwa ia tidak membaca seluruh skrip Space Sweepers sebelum memutuskan untuk membintanginya. “Ketika saya bekerja dengan [sutradara Sung-hee] saat A Werewolf Boy saya telah mendengar tentang film sci-fi ini dan merasa akan menjadi luar biasa,” jelasnya. “Setelah satu dekade ia mengajukan ide ini dan saya mengatakan ya. Dulu alur ceritanya sedikit berbeda tapi ketika mendengarnya dari [sutradara Sung-hee] saya tertarik.” Sounds like a dream come true!


    Korea’s First Sci-Fi Blockbuster

    Selain ceritanya yang seru, salah satu hal yang paling menarik dari Space Sweepers adalah film ini merupakan film blockbuster Korea pertama yang bergenre sci-fi dan berlatar di luar angkasa.

    “Kami tidak ingin merasa tertekan oleh titel tersebut tapi cukup beban untuk sang sutradara. Saya excited ketika membaca skripnya karena mengingatkan saya pada masa kecil dan film Goonies,” kata Joong-ki.

    Tae-ri sendiri mengatakan bahwa Space Sweepers mengingatkannya pada Hollywood, sedangkan Sun-kyu merasa seakan-akan seorang atlet yang mewakili Korea Selatan sebagai bintang film ini. Aww…






    Sutradara Sung-hee mengaku bahwa tantangan terbesar dalam membuat Space Sweepers adalah pada proses pra-produksi dan pasca produksi yang terbilang rumit. Ketika Cosmo bertanya soal perbedaan film ini dari proyek Sung-hee sebelumnya, ia menjelaskan: “Proses pra-produksi cukup sulit karena ada banyak hal yang perlu dilakukan pada pasca produksi dibandingkan film-film sebelumnya. Ketika bekerja di lokasi butuh imajinasi kuat dari semua orang. Namun [visi] untuk membuatnya luar biasa di layar mendorong kami.”

    Ia menambahkan, “Untuk efek visual, para supervisor dan teknisi sangat berusaha untuk menciptakan efek. Kami mencoba menyorot objek sebisa mungkin, kami ingin membuat benda-benda mengapung di luar angkasa tampak intens.”

    Sedangkan untuk Joong-ki, bagian yang menantang adalah adegan pertama ketika ia mengapung di luar angkasa!



    Delayed Release Date

    Seperti banyak film lain yang seharusnya tayang di bioskop pada tahun 2020, Space Sweepers juga terkena dampak pandemi COVID-19 sehingga jadwal rilisnya harus diundur dan tak bisa tayang di layar lebar. Meskipun begitu, Tae-ri tetap bersyukur film ini akan tetap tayang di Netflix dan menyarankan para penonton untuk menyaksikannya dengan volume suara yang kencang agar terasa lebih intens. Got it!




    Space Sweepers tayang di Netflix mulai dari hari Jumat, 5 Februari 2021. Tonton di sini.



    (Shamira Natanagara / Ed. / Image Courtesy of Netflix)