Lifestyle

Rayakan Imlek, Ini 10 Hiasan Rumah di Bawah 250 Ribu untuk Dekorasi

  by: Alvin Yoga       6/2/2021
  • Dalam budaya Timur, didasarkan pada kalender bulan, tahun baru secara resmi terhitung mulai Jumat, 12 Februari mendatang. Disebut juga sebagai Lunar New Year, atau yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Imlek di Indonesia, hari ini biasa dirayakan secara meriah untuk mengundang kemakmuran serta keberuntungan selama 365 hari ke depan.

    Namun sayangnya, di tahun ini perayaan tersebut tak bisa diadakan secara marak seperti biasa, mengingat situasi pandemi masih berlangsung di Indonesia dan mengundang seluruh anggota keluarga besar ke dalam satu tempat sepertinya masih belum direkomendasikan. Meski begitu, kita masih bisa merayakannya via Zoom atau panggilan video lainnya. Jadi, tak masalah!



    Seperti biasa, beberapa tradisi Imlek seperti memakan buah jeruk serta memakai pakaian baru berwarna cerah masih bisa dilakukan meski tetap berada di dalam rumah. Dan seperti yang saya katakan sebelumnya, meski perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini akan terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya (aka jadi lebih virtual), kamu masih bisa merasakan kegembiraannya dengan cara ikut mendekorasi rumah! Berikut ini beberapa ide hiasan rumah yang cantik dan menarik, yang bisa kamu gunakan sebagai dekorasi untuk menghias rumahmu. Selamat menyambut tahun kerbau!



    1. Angpau gantung

    Angpau / Hongbao Gantung Kerbau

    Beli di: Scoop Ideas


    Angpau merupakan barang paling ~esensial~ pada saat Imlek, dan biasa diberikan oleh mereka yang lebih tua atau mereka yang sudah menikah pada anggota keluarga mereka yang masih kecil. Di tahun ini, selain bisa digunakan untuk berbagi rezeki, kamu bisa menggunakan angpau sebagai dekorasi. Angpau gantung dengan motif kerbau (cocok untuk menyambut tahun kerbau!) ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk hiasan gantung di rumah.

    Harga: Rp15.900,-/pc


    2. Reed diffuser

    Euodia Home Shanghai Garden Fragrance Diffuser 50 ml

    Beli di: Euodia Home (Instagram @euodiahome)


    Selain bisa menjadi hiasan meja yang ~mencuri perhatian~ di sudut ruangan, fragrance diffuser dengan nuansa merah ini juga memiliki aroma yang khas untuk merayakan Imlek. Kombinasi klasik dari lemon dan jahe hangat, yang diimbangi dengan lembut oleh aroma pir dan pinus akan membuat ruangan di rumahmu lebih fresh.

    Harga: Rp129.000,-


    3. Lampion kertas

    Lampion Kertas Merah 30cm

    Beli di: Shopee.co.id


    Tak lengkap rasanya jika tak menghias rumah dengan dekorasi khas Imlek yang satu ini: Lampion merah. Menurut tradisi Timur, lampion merah dengan bentuk oval dan sentuhan emas merupakan simbol dari cahaya yang akan terus menerangi kita selama setahun ke depan. Kamu bisa menggantungnya di dekat pintu, atau di ruangan yang paling sering kamu gunakan untuk menarik keberuntungan.

    Harga: Mulai dari Rp6.000,-


    4. Pohon Mei Hua

    Pohon Sakura Meja 70 cm

    Beli di: Tokopedia.com


    Sama seperti makanan yang dimakan, beberapa pohon dan bunga juga memiliki arti tersendiri dalam kultur Asia Timur. Untuk Imlek sendiri, pohon ini memiliki simbol kemakmuran, kesejahteraan, dan keberuntungan. Kamu bisa menggantung angpau-angpau kecil di ranting pohon sebagai simbol untuk menarik kemakmuran, serta lampion-lampion mini sebagai simbol cahaya. Psst, tersedia juga opsi warna pink muda, lho!

    Harga: Rp240.000,-


    5. Bantal sofa

    Bantal Kursi - Motif Imlek

    Beli di: Shopee.co.id


    Selain menjadi dekorasi di ruang tamu, bantal ini juga bisa menjadi teman menonton Netflix atau serial drama Korea yang setia setelah Imlek berakhir. Jadi, tak ada alasan untuk tak membelinya, kan?

    Harga: Rp28.000,-




    6. Kristal Citrine

    Yellow Citrine Points crystal

    Beli di: Canggu Crystal (Instagram @canggucrystals)

    Belakangan ini ~kristal~ sedang ramai dibicarakan, serta menjadi salah satu item yang banyak diminati di media sosial. Meski kristal tak menyimbolkan apapun dalam tradisi Tahun Baru Imlek, namun tak ada salahnya melirik item yang satu ini sebagai penghias rumahmu. Psst, tahukah kamu bahwa Citrine yang berwarna kuning keemasan juga dipercaya bisa memberikan aura positif dan menarik kemakmuran serta rezeki? Money, come to mama!

    Harga: Price upon request 


    7. Payung dekorasi

    Payung menari besar 84cm

    Beli di: Shopee.co.id

    Meski tak bisa digunakan kala hujan (karena bagian penutupnya terbuat dari kertas), namun dekorasi ini siap mengisi sudut ruangan—serta menjadi properti foto yang menarik untuk feed-mu. Tersedia dalam berbagai warna dan motif.

    Harga: Rp36.000,-


    8. Kain meja

    Taplak Meja Panjang Motif Oriental

    Beli di: Shopee.co.id


    Menurut tradisi Timur, menggunakan item baru saat Tahun Baru Imlek (sama seperti mengenakan pakaian baru) dipercaya menandakan rezeki yang melimpah. Jadi, tak ada salahnya mengganti taplak lama milikmu dengan yang baru. Plus warna merahnya yang khas bagi masyarakat Tionghoa melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

    Harga: Rp162.000,-


    9. Kipas dekorasi

    Kipas Menari Oval Tangkai Ulir

    Beli di: Tokopedia.com


    Satu lagi dekorasi menarik yang bisa kamu gunakan untuk menghias meja. Tersedia dalam berbagai warna yang seluruhnya membuat kamu ingin menekan tombol "Tambah ke keranjang".

    Harga: Rp32.500,-/pc


    10. Pohon Bambu Hoki

    Hampers pohon bambu purun

    Beli di: Ini.Haru (Instagram @ini.haru)


    Selain menjual pohon untuk kamu ~adopsi~ sebagai dekorasi meja, toko ini juga memiliki opsi hampers untuk kamu yang ingin mengirimkan hadiah Imlek. Berisikan bambu hoki berukuran besar, dilengkapi dengan pot berselimut purun serta kartu ucapan Imlek (yang isinya bisa kamu custom! Cool, cool, cool). Selain itu, hampers ini juga dilengkapi dengan angpau sebagai lambang rezeki dan keberuntungan.

    Harga: Rp149.000,-


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Tokopedia, Shopee, Euodia Home, Canggu Crystal, Ini.Haru)