Lifestyle

Hiks! Ini 10 Lagu K-Pop yang Wajib Kamu Dengar Setelah Putus!

  by: Giovani Untari       8/2/2021
  • Hidup tentu saja tidak seindah drama Korea yang biasa kita saksikan, dear! Ada waktu di mana kita harus mencoba tegar dan merasakaan sakit atas apa yang terjadi di dalam hidup kita. Dalam hubungan misalnya, kita pasti melalui momen bertengkar, berbaikan, putus cinta, dan tak bisa kembali menjalin hubungan dengan orang yang kita sayangi.

    Okay permisi, biar Cosmo ambilkan sekotak tisu untuk kamu yang mungkin sedang berada dalam situasi ini.

    Di sinilah sisi menarik dari dunia K-pop hadir untukmu. Meski memiliki perbedaan bahasa, tetapi lagu-lagu K-pop ternyata banyak yang memiliki lirik relateable atas kehidupan kita. 



    Saat kamu membaca liriknya, kamu bisa merasa bahwa mereka adalah salah satu dari teman baikmu! Sejumlah lagu-lagu K-pop juga memiliki cara yang spesial dalam memahami rasa sakit hatimu. Di antaranya ada yang mengingatkan kita untuk lebih peduli pada diri sendiri dan belajar untuk move on.

    Jadi bila saat ini kamu baru saja putus cinta dan membutuhkan lagu-lagu yang comforting, ambil earphone-mu dan dengarkan 10 lagu K-Pop berikut ini:



    1. Saat kamu membenci mantanmu tetapi sebenarnya kamu masih sangat mencintainya, dengarkan “Eyes, Nose, Lips English Version” dari Taeyang dan Tablo ini:



    Putus dapat membuat sisi ‘monster’ dalam diri kita keluar, sebab tak jarang kita dipenuhi dengan amarah dan kebencian. Lewat liriknya, “You wish me well, I wish you hell,” Taeyang dan Tablo secara terampil menggambarkan siklus setelah perpisahan.

    Yang mana kita sering merasa kesal atau benci dengan mantan kekasih, tetapi saat mengenang masa-masa indah bersama kita justru kembali merindukan sosoknya.


    2. Saat kamu merasa ingin melupakannya tetapi tidak bisa, coba dengarkan “I Loved You” milik DAY6:



    Tentu kita wajib memasukkan DAY6 sebagai salah satu band Korea yang memiliki lagu dengan lirik terbaik di industri K-pop. Kata “Loved” dalam judul “I Loved You” menegaskan bahwa rasa cintamu kepadanya tak perlu diragukan lagi. Tetapi hubunganmu dengan si dia memang harus berakhir. 

    Kamu akan merasa bingung dengan perasaanmu sendiri karena begitu ingin membencinya, tetapi kamu juga tahu bahwa ia adalah seseorang yang akan selalu spesial di hatimu. Dengarkan juga lagu lainnya dari DAY6 seperti: “Congratulations” dan “You Were Beautiful” yang bisa kamu nyanyikan saat ingin menangis dan melepaskan emosi setelah putus!


    3. Saat kamu merasa patah hati dan sakit yang tak berujung, dengarkan “Timeless” dari NCT U:



    Terkadang setelah putus, rasanya begitu sulit untuk melepaskan mimpi kita bersama mantan pasangan dan kembali ke dunia nyata. Setiap hari momen-momen kebersamaan kalian nampaknya malah selalu melekat di pikiran. Dan itu terasa menyakitkan, bukan? Lagu Timeless milik NCT U ini pun akan mengajak kita belajar tentang proses panjang atas rasa move on. Serta bagaimana perpisahan bisa memengaruhi keseluruhan hidup.


    4. Bila kamu masih merasa denial, coba putarkan “Habit” milik grup SEVENTEEN:



    Kamu berharap bahwa mantanmu mengalami hal yang sulit setelah berpisah, tetapi sebenarnya kamu ingin agar ia tetap memikirkanmu atau bahkan kembali kepadamu. Sayangnya, segala keinginan kita terkadang tak bisa terwujud begitu saja. Biarkan SEVENTEEN membantu menjelaskan alasannya kepadamu lewat lagu “Habit”. And just let yourself cry to sleep.


    5. Saat kamu masih men-stalk mantanmu di media sosial, dengarkan “Instagram” milik Dean:



    Saat kamu berencana untuk “kabur” sejenak dari realita dengan membuka media sosial, let’s be honest: ada momen di mana kamu terkadang akan langsung mencari akun mantanmu dan melihat update-an ia di sana. Kamu merasa awalnya hal ini hanya untuk mengobati rasa penasaranmu. Tetapi sekarang justru berujung sebagai kegiatan yang sulit dihentikan.

    Secara umum, lagu Dean berjudul Instagram ini pun ikut membuat kita menyadari alasan mengapa kita jadi begitu sulit untuk berhenti men-scrolling media sosial.




    6. Saat kamu sedang merasa hampa, mainkan “Fine” dari Taeyeon:



    Satu pelajaran yang bisa kita ambil dari drama Korea adalah, it’s okay to not be okay.

    Kamu bisa mengalihkan diri sejenak dari segala to-do-list yang ada di pikiranmu. Atau jika kamu merasa sedih dan ingin menangis, maka lakukanlah! Rasakan semua emosi yang ada, sebab itu merupakan bagian dari dalam dirimu. Thank you, Taeyeon for the reminder!


    7. Jika kamu benar-benar ingin mengakhiri hubunganmu dan menyerahkan semuanya kepada takdir, dengar “Untitled, 2014” miliki G-Dragon:



    Tentu saja gelar sebagai musisi genius wajar diberikan kepada G-Dragon. Sebab lagunya tidak pernah mengecewakan kita. “Untitled, 2014” adalah sebuah masterpiece yang akan mengingatkan kamu pada lagu Katy Perry dengan liriknya “In another life, I will be your girl.”

    Sekarang kamu tahu bahwa mengucapkan “I’m happy for you” adalah sebuah kebohongan, dan sangat sulit untuk membuat semuanya kembali normal. Segalanya tidak akan pernah sama lagi, babes! Dan yang bisa kamu lakukan sekarang adalah berharap dan bermimpi.


    8. Saat kamu berharap yang terbaik untuknya setelah putus, mainkan “Ending Scene” dari IU:



    Berlanjut ke lagu K-Pop selanjutnya, IU akan membawa kita pada lagunya yang bercerita tentang sebuah rasa penerimaan setelah putus. Kamu akan menyadari bahwa ada alasan mengapa ini terjadi dalam hubunganmu. Dan bisa saja saat ini kamu justru lebih bersyukur pada keadaan ini.

    Setelah putus biasanya tidak banyak dari pasangan yang bisa kembali menjadi teman, tetapi ini bukan berarti kamu tidak bisa berharap yang terbaik untuknya. 


    9. Saat kamu merasa kembali bersemangat, putarkan dengan keras “I Don’t Need A Man” dari miss A:



    miss A menjadi salah satu grup K-Pop yang dikenal dengan imej strong dan perempuan mandiri yang selalu tahu apa yang mereka inginkan. “I Don’t Need A Man” adalah sebuah lagu penuh motivasi yang memiliki ritme upbeat, serta lirik yang straightforward. Memiliki seorang pacar memang menyenangkan, tetapi kamu pun bisa tetap melanjutkan hidup tanpa mereka. Just enjoy your life to the fullest!


    10. Saat kamu dalam perjalanan untuk healing, jangan lupa untuk “Love Yourself” seperti apa yang selalu dikatakan oleh BTS:



    Saat BTS mengatakan: “Bahkan segala luka dari kesalahanmu akan membuat sebuah konstelasi tersendiri dalam hidupmu”, Cosmo dapat merasakan hal ini.

    Saat kamu mencurahkan begitu banyak hal dalam sebuah hubungan, kamu terkadang melupakan tentang dirimu sendiri.  Tetapi saat kamu dapat menyadari apa yang sebenarnya tengah terjadi dan siapa dirimu sesungguhnya, kamu akan merasakan pengalaman yang berharga dalam hidupmu. Ini akan membuatmu lebih mencintai dirimu sendiri. Grup ini membuat sebuah poin yang akan mengingatkan kita bahwa perjalanan mencintai diri sendiri adalah sebuah hal yang membutuhkan waktu. We’re proud of you, girl!



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. JYP Entertainment, Youtube Official)