Lifestyle

34 Film yang Akan Bikin Kamu Move On dari Mantan

  by: Givania Diwiya Citta       9/2/2021
  • Semua hubungan romantis hanya punya dua hasil: Entah kamu akan bersama dengan si dia selamanya, atau kamu putus dengannya… dan opsi nomor dua pasti akan lebih banyak terjadi ketimbang opsi nomor satu. Perpisahan adalah bagian dari hidup, tapi bukan berarti ia membuat hidup kamu buruk – karena terkadang ada beberapa perpisahan yang memang dibutuhkan.


    Tapi untuk melupakan dan segera bangkit bukanlah hal yang selalu mudah dilakukan, dan mengambil waktu untuk sembuh itu amat penting sebagai proses dari move on. Sejujurnya, bagian dari waktu penyembuhan tersebut seharusnya melibatkan berdiam diri di rumah, mengenakan piama, makan camilan sesuka hati – dan menonton film-film yang akan mendorong kamu untuk melupakan mantan.




    Jadi, siap untuk menjadi perempuan single versi terbaik dirimu sendiri? Daftar film berikut ini akan membantumu.


    Someone Great


    Film buatan Netflix ini – yang dibintangi oleh Brittany Snow, Gina Rodriguez, dan DeWanda Wise – adalah tentang seorang perempuan yang harus memulai kembali hidupnya setelah pacar dari hubungannya yang telah terjalin lama putus dengannya. Kalau kamu mencari sesuatu yang akan membuat kamu merasa berdaya sekaligus menginspirasi kamu, maka inilah filmnya.


    He’s Just Not That Into You

    Film ini bercerita tentang banyak macam jenis hubungan… dan caranya untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk move on, yang mungkin sedang kamu butuhkan saat ini. Film ini juga diisi oleh banyak nasihat berguna untuk kamu pakai ketika kamu sudah siap untuk menjajal lagi dunia kencan yang baru (meski tak semuanya akan tepat dengan kondisimu, tapi pilihlah yang menurutmu terbaik untukmu!)


    Like Crazy


    Peringatan: Yang satu ini akan bikin kamu menangis. Dibintangi oleh Felicity Jones dan Anton Yelchin, film ini adalah tentang naik-turunnya sebuah hubungan antara seorang mahasiswa pertukaran dari UK dan seorang warga Amerika… dan tak peduli betapa mereka menyayangi satu sama lain, terkadang cinta saja tak akan cukup untuk membuat suatu hubungan sukses.


    Mamma Mia!


    Mencari sesuatu yang akan membuat kamu ceria lagi? Tak ada yang bisa melakukannya selain film ini! Dan setelah kamu melewati putusnya hubungan, kamu mungkin juga ingin serasa bisa seperti Donna – dalam pendekatannya terhadap hubungan, dan terhadap perpisahan dengan cara elegan.


    Marriage Story


    Meski kamu belum menontonnya, tapi kamu mungkin sudah melihat meme Adam Driver dan Scarlett Johansson sebagai karakter mereka di film ini. Yang satu ini bercerita tentang dua orang yang dulunya saling jatuh cinta namun tak bisa membuat hubungan mereka berhasil – dan juga menceritakan tentang sulitnya untuk bercerai.


    The Last Five Years


    Penggemar musikal, yang satu ini untuk kamu. Versi film ini dibintangi Anna Kendrick dan bercerita tentang kisah hubungan yang berakhir dan semua yang dilalui oleh satu pasangan selama lima tahun bersama – dalam balutan lagu, tentunya – dari kedua sudut pandang masing-masing karakter.


    Celeste & Jesse Forever


    Dibintangi Rashida Jones dan Andy Samberg, film ini adalah tentang pasangan yang tahu mereka akan bercerai tapi tetap ingin bertahan sebagai teman – meskipun itu lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Tapi kalau kamu ingin percaya bahwa kamu bisa move on dan tetap respek pada mantan, maka film ini mungkin akan membantumu.


    Runaway Bride


    Dalam film ini, Julia Roberts berusaha untuk menikah berkali-kali, tapi tak ada satu pun yang berhasil – kalau ada yang paling paham tentang putus hubungan, maka perempuan dalam film inilah yang mengerti. Tapi dengan akhiran film yang memercik harapan, kamu akan terinspirasi dan teringat bahwa ada satu orang di luar sana yang akan tepat untuk kamu, meskipun kamu tak menduganya.


    Girls Trip


    Sebuah putus hubungan adalah waktu yang sempurna untuk berlibur panjang bersama dengan para sahabat! Film ini adalah inspirasi sempurna untuk agenda tadi. Telepon sahabat dan pesan tiket untuk rencana mendatang, saatnya kamu berelaksasi. (Tapi tahan sampai pandemi usai, ya.)


    The First Wives Club


    Diane Keaton, Bette Midler, dan Goldie Hawn menciptakan “The First Wives Club” untuk membalas para mantan suami mereka yang berselingkuh. Dan film ini gemilang! Selain karena para pemeran yang legendaris, film ini punya semua yang kamu butuhkan untuk menulis caption IG unggahan pasca putus, dan sejujurnya, bisa menjadi pengingat bahwa hubungan bisa berantakan di semua usia.


    Gone Girl


    Mungkin secara teknis film ini bukan tentang putus hubungan... TAPI, film ini meceritakan tentang Amy yang ingin membalas perlakuan suaminya dengan menghancurkan citra sang suami.


    Some Like It Hot


    Sekarang mari kilas balik ke film lama. Tak ada distraksi yang lebih seru ketimbang film komedi old fashion. Dan mungkin ini adalah film terlucu sepanjang masa. Sepanjang masa! Ada gangster, ada Marilyn Monroe dengan screwball emas miliknya. Film ini ajaib.


    500 Days of Summer


    Ya, menonton film ini mungkin agak sedikit menyakitkan, karena bercerita tentang hubungan buruk yang mungkin kamu pun pernah merasakannya. Tapi film ini akan menyadarkan bahwa kamu pun tak bisa memaksakan seseorang untuk mencintaimu. 


    The Break-Up


    Inilah pilihan film yang paling eksplisit. Kamu harus menontonnya agar kamu bisa bersyukur telah pergi dari hubungan tersebut. 


    To All The Boys I’ve Loved Before


    Sedang menderita patah hati putus dari hubungan yang-bahkan-tak-resmi? Kamu beruntung, film ini sempurna untuk menyemangati hati kecil kamu. Mungkin kamu juga akan menemukan Peter Kavinsky milikmu sendiri nanti!


    Blue Valentine


    Mungkin kamu sedang butuh menangis keras satu kali (atau 12 kali) sebelum kamu mulai merasa lebih baik atau ingin menonton film yang bahagia. Maka cobalah untuk menonton film pelan-tapi-indah tentang sebuah hubungan yang pecah agar kamu merasa bahwa ada seseorang di luar sana yang mengerti perasaanmu sekarang. Terkadang, kamu memang butuh mencurahkan duka untuk sementara waktu.


    Magic Mike: XXL


    Tentu, versi orisinalnya bagus, tapi jujur, film yang ini menjawab seluruh keinginan penonton: Banyak otot seksi, apalagi ketika dipasangkan dengan musik dari I Want It That Way. Tontonlah dan bersenang-senanglah, manjakan matamu dengan memandangi seseorang yang lebih seksi ketimbang mantan-mantanmu.




    Eat Pray Love


    Meski kamu belum sembuh dari putusnya hubunganmu, apalagi karena belum bisa bepergian keliling dunia dan jatuh cinta gila-gilaan dengan pizza, setidaknya kamu bisa menonton Julia Roberts mewakilinya untukmu, kamu pasti tetap terhibur! Ditambah, film ini akan memberi kamu inspirasi bagus untuk rencana berlibur mewah kamu di masa mendatang.


    Eternal Sunshine of the Spotless Mind


    Sebanyak apapun kamu ingin menghapus kenangan tentang mantan, film ini akan membuktikan bahwa itu adalah ide yang buruk. Karena mungkin saja ada kenangan baik dari sana yang kamu bisa hargai suatu hari nanti ketika fase sakit hati telah berlalu, dan film ini menunjukkan bahwa tak perlu menyesal untuk mengingat kenangan karena saat itu ada seseorang yang pernah berarti di dalam hidup kamu.


    La La Land


    Kalau kamu lebih ingin film dengan mood musikal, film ini cocok untukmu. Film ini bikin kamu bahagia, tergoda, tapi juga bersedih di akhir film, dan film ini menyadarkan bahwa semua hubungan yang pernah dilalui akan membantu kita bertumbuh dan menjadi seseorang yang kita inginkan – meskipun hubungan tersebut tak ditakdirkan selamanya.


    The Wedding Singer


    Robbie (Adam Sandler) mengalami putus hubungan yang buruk lalu jatuh cinta pada Julia (Drew Barrymore), yang telah bertunangan hingga akan menjadi calon Nyonya Julia Gulia. Kamu mungkin bisa prediksi bagaimana akhir dari rom-com ini, tapi film ini akan menyadarkan kamu bahwa SELALU ada cinta yang bisa ditemukan setelah patah hati seburuk apapun itu.


    How to Be Single


    Biar Cosmo tebak. Saat hubunganmu resmi putus, pasti ada saja sahabatmu yang langsung siap mengajakmu pergi dan membuatmu sibuk untuk terhibur di berbagai macam pesta. Film ini pun bercerita yang sama, tentang Dakota Johnson (yang baru saja diputuskan), dan sedang bertransisi ke status single-nya.


    Crazy, Stupid, Love


    Film ini seperti bernuansa The Oprah Winfrey Show. Semuanya mengalami putus hubungan! Serius, film ini punya banyak macam twist, dan juga beberapa adegan shirtless Ryan Gosling. Mungkin plot twist terbesar dari film ini adalah fakta bahwa kamu jadi berpikir seperti ini, “tunggu, Steve Carell hot juga!” 


    Bridesmaids


    Film ini sempurna untuk ditonton saat putus hubungan, karena menceritakan tentang sejuta jenis kehilangan. Karakter Kristen Wiig, Annie, kehilangan hubungannya, bisnisnya, kemerdekaannya, dan mendadak, sahabatnya. Kalau dirimu yang sedang patah hati tak bisa terhibur dengan karya produksi Judd Apatow ini, mungkin kamu tak bisa menikmati tertawa lagi. (Bercanda!)


    Silver Linings Playbook


    Apakah kamu bisa merasa gemas ketika melihat Jennifer Lawrence dan Bradley Cooper mencoba menyembuhkan patah hati mereka dan juga mempraktikkan beberapa gerakan dansa? Kalau begitu, film ini bisa jadi solusi patah hati tepat untukmu, meski plotnya sangat bisa ditebak.


    How Stella Got Her Groove Back


    Dua kata: Winston. Shakespeare. Itulah film ini. Ditambah, Angela Bassett itu semagis Stella, dan lanskap perairan jernih Jamaica akan membuat kamu terdistraksi dari kehidupan yang sibuk, hingga bisa memilah lagi mana yang jadi prioritasmu. Kamu akan berkutat caranya memilih prioritas, dan film ini akan sempurna membantumu.


    Under The Tuscan Sun


    Diane Lane mendapatkan semangatnya kembali ketika berada di wilayah pedesaan Italia, dengan tinggal di rumah kuno dan ditemani seorang pria tampan. Film ini tak terasa salah. Karena Diane membuat hidup terasa lebih baik lewat film ini. Kalau Cosmo bisa kirim pelukan virtual dari Diane sekarang juga untukmu, patah hati kamu pasti langsung sembuh.


    Bridget Jones’s Diary


    Bridget Jones adalah perwakilan putus hubungan dalam wujud manusia, jadi film ini akan menenangkan kamu, atau malah akan membuat kamu menangis selamanya. Dua hal yang kamu butuhkan selama menghadapi putus hubungan: satu boks camilan favorit dan daftar putar Whitney Houston. Nikmatilah dan rangkul kesedihanmu.


    John Tucker Must Die


    Tiga mantan pacar dari seorang pria yang gemar berselingkuh ini memburu dan mencoba mengacaukan hidup mantan mereka. Sangat memuaskan menontonnya, tapi sayangnya film ini punya akhiran bahagia tipikal bagi si pria, tapi begitulah Hollywood!


    Last Holiday


    Yang satu ini tak melibatkan putus dengan seorang kekasih, tapi justru putus dengan seluruh kehidupan ketika seorang perempuan diberi tahu bahwa ia hanya punya sisa umur beberapa bulan lagi. Dan tentu saja, saat ratu kita (Queen Latifah yang sempurna) ini mencoba mulai menikmati hidupnya, itulah saat seorang pria sekeren LL Cool J mendaki ke puncak hatinya.


    High Fidelity


    Seorang pemilik toko musik bercerita tentang banyaknya putus hubungan miliknya menjadi inspirasi bagi lagu-lagu hebat yang laris. Meski film ini pada akhirnya adalah tentang cerita cinta, tapi ada banyak pelajaran tentang putus hubungan yang bisa dipelajari: Kamu akan mengalami banyak, banyak, banyak putus dalam hidup, tapi kamu akan tetap baik-baik saja.


    Forgetting Sarah Marshall


    Film ini membawamu ke posisi rock bottom. Seorang pria yang patah hati mengikuti mantannya diam-diam untuk menyaksikannya mengencani seorang bintang rock yang sangat terkenal! Oh ya, dan itu membuat dirinya tersiksa. Film ini terasa menyiksa, tapi sekaligus jenaka dan manis. Dan kalau pria ini saja bisa melewati patah hati berat, maka siapapun juga bisa, kok. Kamu pasti akan baik-baik saja!


    My Best Friend’s Wedding


    Julia Roberts seperti monster di film ini, dan ia tampak sangat hebat. Setiap kali kamu ingin melakukan suatu hal bodoh pada mantanmu, tonton dulu film ini. Kamu pasti akan lebih merasa ingin block semua akses untuk mengontaknya. Bagus!


    Legally Blonde


    Elle Woods dicampakkan, kemudian ia menjadi legally blonde. Kamu pasti tak butuh dijelaskan lebih banyak. Ia adalah semua yang kamu butuhkan: Kamu adalah ia, dan ia adalah kamu. Jadilah Elle Woods. Jadilah seperti dirinya.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Outnow.ch / Laura Beck, Ahad Sanwari, Julia Pugachevsky)