Beauty

Ingin Kulit Wajah Tampak Bercahaya? Lakukan 9 Hal Ini!

  by: Astriana Gemiati       15/2/2021
  • Siapa yang tidak ingin tampil cantik di setiap saat. Cosmo sangat mengerti sekali jika kamu ingin selalu memiliki tampilan maksimal namun juga tetap terlihat memesona. Meskipun makeup menjadi salah satu “boosting” untuk melengkapinya, namun seperti yang kita semua tahu bahwa tidak ada yang bisa menggantikan kilau alami kulit yang tampak sehat dan bercahaya. Oke, pada dasarnya balik lagi bagaimana rutinitas perawatan kecantikan yang kamu lakukan setiap hari. 


    Berikut beberapa tips dari Cosmo yang bisa segera kamu coba untuk mendapatkan kulit yang tampak bercahaya alami dan tentu saja terlihat sehat.



    1. Perawatan kulit dasar


    Yup, penting untuk tetap berpegang pada dasar apapun yang terjadi. Ikuti rutinitas secara berkala perawatan kulit di pagi dan malam hari. Rutinitas pagi kamu harus mencakup mencuci muka, krim pelembap, dan sunscreen. Cosmo sarankan untuk mengoleskan kembali tabir surya sepanjang hari. Untuk malam hari, yang terbaik adalah membersihkan kulit kamu dengan double cleansing, terutama jika kamu menggunakan riasan. Double cleanse terdiri dari pembersih wajah berbasis minyak yang dilanjutkan dengan pembersih atau face wash berbasis air. Lalu diikuti dengan serum antioksidan dan pencerah seperti serum vitamin c, kemudian ditutup dengan mengaplikaikan pelembap.



    2. Kulit tetap terhidrasi

    Sementara pelembap menjaga kulit tetap terhidrasi, penting untuk minum setidaknya enam hingga delapan gelas air setiap hari untuk menjaga kadar air di dalam tubuh agar tetap seimbang. Ini juga bantu menghilangkan kelebihan racun dari tubuh serta menjaga kesehatan kulit kamu secara keseluruhan, tentunya!


    3. Menerapakan superfood

    Meskipun makan makanan yang tepat dapat menutrisi kulit kita dari dalam, namun menerapkan sedikit superfoods langsung pada kulit kita dapat memberikan hasil yang lebih baik. Yup, seperti yang kita tahu superfoods kaya akan senyawa seperti antioksidan, serat dan asam lemak yang baik, serta semuanya penting dalam mengisi kembali, memperkaya, sekaligus memperkuat kulit kamu dari dalam.  5 superfoods ini bantu buat kulit kamu tampak bercahaya! Klik, di sini!


    4. Kurangi asupan garam

    Coba untuk mengurangi sedikit garam pada asupan makanan. Ini untuk membantu mengurangi retensi air atau puffiness (bengkak) di wajah.


    5. Sertakan makanan kaya anti-oksidan dalam diet kamu

    Dikarenakan faktor stres dalam kehidupan kita sehari-hari terus meningkat, pastinya kita akan melihat perubahan pada kualitas kulit kita: seperti tampak kusam, keriput, bahkan noda di wajah. Stres melepaskan radikal bebas dalam tubuh, jadi mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti kaya akan vitamin c, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, akan bantu meningkatkan cahaya kulit kita dari dalam.


    6. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali

    Eksfoliasi seminggu sekali ada ide yang baik untuk bantu menghilangkan sel kulit mati. Kamu juga bisa melakukan DIY, seperti (DIY favorit Cosmo) menggunakan gula dan lemon sebagai scrub untuk mengelupaskan kulit secara lembut. Atau, lihat tips lainnya di video Cosmo berikut ini!





    7. “Me Time

    Ini saat yang tepat untuk memanjakan diri dengan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan favorit kamu. Seperti glow peel, facial, atau perawatan wajah lainnya hanya untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan tampak bersinar alami.


    8. Rawat kulit bibir

    Gunakan scrub bibir ringan atau scrub DIY seperti campuran gula merah dan madu, untuk membantu mengelupas kulit mati dengan lembut. Lalu, lanjutkan dengan lip balm dengan kandungan SPF selama dua sampai tiga kali sehari agar bibir tetap bergizi dan terlindungi.


    9. Tidur berkualitas

    via GIPHY

    Tidur dengan cukup waktu bisa bantu buat kulit wajah kamu tampak segar dan berseri. Jadi, Cosmo sarankan agar cukup istirahat dengan tidur kurang lebih selama enam sampai delapan jam. Ingin tidur nyenyak dan berkualitas? Ikuti cara ini!








    ( Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, Dok. Instagram / Image: [email protected] )