Lifestyle

6 Manfaat Teh Osmanthus untuk Kesehatan Tubuh

  by: Kezia Calesta       16/2/2021
  • Pecinta teh pasti sudah mengenal banyak varian teh seperti black tea, green tea, earl grey, chamomile, hingga chai tea. But have you heard of osmanthus tea? Teh dari tumbuhan osmanthus fragrans ini cukup populer di Asia, dan dikenal dengan aroma yang fruity dan rich. Berikut manfaat osmanthus tea untuk kesehatan kamu.


    1. Kaya akan antioksidan

    Teh osmanthus tidak hanya memberikan efek yang calming, tetapi juga mengandung beberapa jenis antioksidan langka yang hanya dapat ditemukan di bunga tersebut. Teh ini kaya akan cathecin dan flavanoids yang baik untuk tubuh!




    2. Menurunkan berat badan

    Menurut riset dari jurnal Scientific Reports di tahun 2013, teh osmanthus tidak membakar lemak ataupun kalori, tetapi aroma dari teh ini dapat mencegah makan berlebih dan mengaktivasi bagian kimia otak yang menurunkan nafsu makan. So, no more binge eating!


    3. Baik untuk kesehatan kulit dan mata

    Apakah kamu tahu bahwa beberapa produk kecantikan menggunakan minyak osmanthus? Teh osmanthus dapat membuat kulit tampak lebih glowing. Selain itu, para ilmuwan di Cina juga menemukan bahwa osmanthus fragrans kaya akan vitamin B3, alias niaciamide yang bermanfaat untuk kullit! Ditambah lagi, konsumsi secara reguler juga dapat meningkatkan kesehatan mata.


    4. Detox

    Osmanthus tea berfungsi sebagai detox alami dan memperkuat sistem imun kamu dari toksin. Bahkan, osmanthus sering digunakan sebagai obat untuk membersihkan darah dalam tubuh, serta bagian hati dan ginjal.


    5. Menurunkan tekanan darah

    Karena teh osmanthus tidak mengandung kafein, teh ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Biasanya, bunga osmanthus dicampur dengan teh oolang atau teh hijau untuk meningkatkan khasiat.




    6. Mengandung banyak gizi penting

    Osmanthus dapat membuat tubuh lebih kuat karena teh ini mengandung cobalt, manganese, selenium, neo-beta-carotene, vitamin A dan banyak nutrisi lainnya.


    (Image: doc. @tom_chen2011 via Unsplash)