Fashion

Vans x Opening Ceremony Luncurkan Koleksi Global Pertamanya

  by: Redaksi       17/2/2021
  • Membuka tahun 2021, Vans merilis koleksi terbaru hasil kerja samanya dengan Opening Ceremony (OC). Sebagai sebuah label yang mempromosikan gaya hidup yang berjiwa muda, ini bukanlah kolaborasi pertama Vans dengan OC. Sejak tahun 2014, keduanya diketahui sering mengeluarkan koleksi limited edition yang secara eksklusif hanya dapat ditemui di gerai Opening Ceremony. Namun, yang menjadi pembeda adalah, koleksi kali ini akan didistribusikan melalui gerai Vans di seluruh dunia, menjadikannya sebagai kolaborasi global mereka yang pertama. Kali ini, OC berupaya untuk menghidupkan kembali motif khas Vans dengan memadupadankan teknik grafis baru sehingga memberi kesan klasik yang familiar namun tetap fresh


    Direktur Kreatif OC Humberto Leon menampilkan empat pasang sepatu dengan dua konsep berbeda. Konsep pertama terinspirasi dari motif checkerboard ikonik Vans. Leon memberi sedikit perubahan pada motif ini dengan menggambarkan pola ular dan macan tutul. Pola ini kemudian dicetak secara berulang menutupi seluruh permukaan sepatu dengan warna hitam-putih dan merah-putih. Hasilnya, lahirlah motif abstrak dengan ilusi warna yang kontras.




    Pemilihan kedua hewan ini bukanlah tanpa alasan. Ular merupakan salah satu hewan yang disukai oleh Leon karena memiliki kekuatan fisik dan spiritual yang seimbang. Sedangkan, macan tutul dipilih karena merupakan hewan tertangguh di dunia. Kedua hewan ini ketika digambarkan pada desain sepatu dan pakaian memberi kesan kuat kepada pemakainya.



    Sedikit berbeda dengan konsep sebelumnya yang menyoroti grafis, model kedua lebih berfokus pada teknik penjahitan. Teknik quilting, penjahitan dengan menyatukan potongan kain hingga membentuk sebuah motif, ditonjolkan dengan mengaplikasikannya pada material kanvas berwarna monokromatik biru dan ungu muda. Seluruh koleksi sepatu memiliki siluet khas Authentic QLT. 






    Selain sepatu, terdapat juga setelan jaket dan tote bag dengan motif macan tutul yang serupa. Jaket yang terinspirasi dari tracksuit ini dilengkapi dengan penutup resleting depan, pengencang toggle, dan penutup kepala yang tersembunyi. Jaket tersebut dipasangkan dengan sebuah celana santai yang memiliki detail welt pocket yang unik. Setelan jaket ini bersifat unisex sehingga siapa pun akan mudah tampil bagus mengenakannya.


    Seluruh koleksi Vans x Opening Ceremony akan tersedia di gerai Vans Grand Indonesia Jakarta dan Vans Gandaria City Jakarta mulai tanggal 26 Februari 2021.


    (Nabila Nida / DA / Image: Dok. Vans )