Lifestyle

Simak 8 Pelajaran Hidup Terpenting dari Drama Korea 'True Beauty'!

  by: Giovani Untari       17/2/2021
    • Drama Korea populer ‘True Beauty’ baru saja tamat pada awal Februari 2021 silam, dan tak bisa dipungkiri jika K-drama ini memiliki banyak pelajaran hidup penting di dalamnya.
    • True Beauty merupakan drama Korea yang dibintangi oleh Cha Eun Woo, Moon Ga Young, dan Hwang In Yeop.
    • Kamu bisa menyaksikan kembali setiap episode dari True Beauty secara eksklusif di Viu.


    Selain hati kita dibuat galau antara harus mendukung Suho (Cha Eun Woo) atau Seo Joon (Hwang In Yeop) untuk mendapatkan hati Joo Kyung (Moon Ga Young), drama Korea True Beauty juga tak bisa dipungkiri memiliki begitu banyak pelajaran hidup di dalamnya.

    Seperti halnya, K-drama ini mengajak kita untuk melihat sisi struggle seorang Lim Joo Kyung saat harus melawan rasa insecure atas wajahnya yang sering dianggap buruk rupa. Joo Kyung pun akhirnya menemukan kepercayaan dirinya saat di-bully dan mampu berdamai dengan dirinya sendiri. Good job, girl!



    Tentu saja masih banyak pelajaran hidup lainnya yang bisa kamu ambil dari drama Korea berjumlah 16 episode ini, babes!

    Okay bagi kamu yang masih belum bisa move on dari True Beauty (sama seperti Cosmo!), ini saatnya kita simak 8 pelajaran hidup terpenting dari drama Korea ini:


    1. Belajarlah untuk selalu mencintai dirimu sendiri

    Kita tahu bagaimana Lim Joo Kyung (Moon Ga Young) memiliki rasa insecure yang besar atas wajahnya yang sering dicap buruk rupa. Bahkan untuk menutupi kekurangannya tersebut, Joo Kyung sampai rela belajar makeup untuk membuat dirinya lebih cantik dan ideal. Hal ini membuatnya tidak percaya diri saat harus tampil tanpa makeup, hingga Joo Kyung sering kali harus menutupi seperti apa dirinya yang sesungguhnya.


    But babes, True Beauty mengajarkan bahwa kita harus selalu mencintai diri sendiri. Seperti apapun penampilan kita, lakukanlah perubahan untuk dirimu sendiri terlebih dahulu... bukan hanya sekadar mengikuti keinginan atau standar hidup orang lain. Sebab nantinya kamu tidak akan merasa bahagia dan puas dengan hasilnya.

    Belajar mencintai diri sendiri tentu saja sebuah proses yang tidak bisa didapatkan dalam waktu semalam. Enjoy your time dear, sebab jika Joo Kyung pun akhirnya bisa menerima dan mencintai dirinya sendiri. Cosmo yakin kamu juga pasti bisa!



    2. Kenali potensi dirimu dan bersinarlah!

    Setiap orang di dunia lahir dengan kelebihannya masing-masing, babes! Contohnya Joo Kyung yang dari kekurangannya ternyata berhasil menemukan bakat dan passion dalam dirinya yaitu makeup. Ada juga Suho yang diam-diam jago menciptakan lagu, serta Seo Joon yang ternyata memiliki suara merdu.


    Yang perlu kita lakukan adalah terus mengenali setiap potensi yang ada di dalam diri. Ketika sudah menemukannya, mari mengasahnya hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang di sekitarmu. Let your light shine!


    3. Percaya diri itu tak kalah penting



    Lagi-lagi kita belajar dari karakter Joo Kyung di True Beauty! Pada beberapa episode terakhir di True Beauty, kita bisa melihat bagaimana Joo Kyung akhirnya berani menunjukkan wajah aslinya kepada teman-teman sekolahnya. Ia pun berhasil melakukannya dengan penuh percaya diri dan tanpa penyesalan! Akhirnya apa yang dilakukan Joo Kyung membuat teman sekolahnya memujinya dan berhenti untuk membicarakan kekurangannya.

    So, ingat selalu bahwa percaya diri itu begitu penting. Sebab dengan kepercayaan diri, aura positif yang ada di dalam dirimu akan lebih terpancar dan itu akan membuatmu terlihat lebih stand out! Trust us!


    4. Jangan menilai seseorang hanya dari penampilannya saja

    Pernah dengar istilah “don’t judge a book by a cover”?

    Setelah menonton True Beauty, rasanya kita jadi sadar bahwa tentu saja bukan sesuatu yang bijak jika selalu menilai dan memandang seseorang dari penampilannya saja. Setiap orang pasti memiliki kelebihan serta sisi struggle-nya masing-masing. Seperti Suho (Cha Eun Woo), meski terlihat hidupnya sempurna (ia tampan, tinggi, pintar, dan ehm kaya) tetapi ternyata selama bertahun-tahun hidupnya tak bahagia setelah kematian sahabatnya Jeong Se Yeon.


    Ada pula Kang Soo Jin (Park Yoo Na) yang merupakan goddess SMA Saebom, aslinya ia pun begitu tertekan karena ayahnya selalu menuntutnya untuk tampil sempurna. Atau kita juga bisa melihat dari Han Seo Joon (Hwang In Yeop), dari luar ia terlihat begitu menyeramkan dan dingin. Tetapi aslinya Seo Joon adalah seorang pria yang hangat dan sangat meyayangi keluarga serta sahabatnya.


    5. Sahabat sejati dan mereka menyayangimu akan menerima dirimu apa adanya





    Pada True Beauty kita bisa melihat bagaimana Lee Suho, Han Seo Joon, Kang Min Ah (Choi Soo Ah) adalah orang-orang serta sahabat sejati yang sangat menyayangi Joo Kyung. Mereka selalu ada untuk Joo Kyung meski telah mengetahui wajah asli Joo Kyung.

    Sahabat sejati dan orang yang menyayangimu adalah mereka yang akan menerima diri kamu apa adanya. Mereka adalah orang yang bisa melihat seperti apa values yang ada dalam dirimu, bukan hanya sekadar memandang penampilan fisik semata. Find them!


    6. Jika kamu benar, maka jangan pernah takut!



    Ini adalah pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari sosok Lim Hee Kyung (Lim Se Mi) kakak Joo Kyung. Di True Beauty, Hee Kyung selalu terlihat fierce, straightforward, dan tak pernah ragu untuk mengungkapkan apa yang ada di pikirannya. Contohnya, ia begitu berani menentang CEO Move Entertainment Lee Joo Hun, setelah berhasil mengumpulkan bukti dan tahu bahwa lagu milik Jeong Se Yeon bersama Leo malah diberikan untuk grup baru.

    Selama apa yang kamu lakukan benar, maka jangan pernah takut untuk maju dan melakukan apapun yang kamu impikan. 


    7. Tak ada salahnya untuk memperjuangkan cintamu



    Jatuh cinta bukanlah kejahatan!”, Cosmo yakin para penonton setia True Beauty pastinya langsung teringat dengan ucapan dari Han Seo Joon (Hwang In Yeop) satu ini.

    Yup, True Beauty juga mengajarkan kita tentang tak ada salahnya memperjuangkan cinta seperti yang dilakukan oleh Lim Hee Kyung dan Lim Ju Young, adik Joo Kyung. Sebab jika tidak diperjuangkan, bisa jadi orang yang kita cintai tidak pernah menyadari kehadiran dan perasaan kita. 

    Sedang berjuang untuk orang yang kamu cintai? Mari Cosmo berikan sebuah quotes inspiratif dari Joo Young: “Seseorang yang mencoba segalanya tidak akan menyesal.” Noted!




    8. Ada kalanya cinta juga tak harus selalu memiliki




    Dari karakter Han Seo Joon di True Beauty kita juga diberi pelajaran tentang keikhlasan untuk menerima fakta bahwa... seseorang yang kita cintai tak berarti bisa selalu kita miliki.

    Bagaimana Han Seo Joon rela melepaskan Lim Joo Kyung untuk sahabat baiknya, Lee Suho. Sebab Seo Joon bisa melihat Joo Kyung hanya mencintai dan memandang Suho seorang, begitu pun sebaliknya. Well.. the hardest thing to do is watch the one you love, love someone else.


    Gimana babes, setelah membaca seluruh pelajaran hidup dari drama Korea True Beauty rasanya jadi ingin menonton lagi akting Cha Eun Woo dkk bukan? Kamu bisa menonton kembali tayangan True Beauty secara eksklusif di Viu.



    Jangan lewatkan juga untuk menonton serial drama Korea pilihan Cosmo lainnya di sini.



    (Giovani Untari / VA / Images: Dok. Viu Indonesia / Ilustrasi: S. Dewantara)