Love & Sex

5 Tips agar Kamu Sukses Bermain Dating Apps

  by: Redaksi       22/2/2021
  • Let me start off by saying this: Berkencan secara online bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Untuk benar-benar mendapatkan hasil yang baik, entah itu berupa pasangan baru atau sekadar teman chatting, dibutuhkan usaha ekstra untuk lebih “menghidupkan” chemistry-mu dan si dia.

    Tapi, kenyataannya, online dating sudah cukup lumrah dilakukan oleh kalangan muda. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Business of Apps tahun lalu, terdapat sekitar 270 juta orang di dunia yang menggunakan aplikasi kencan daring. Sayangnya, hanya sekitar 12 persen saja yang sampai menikah atau menjalin hubungan yang lebih serius.



    Eits, tapi jangan patah semangat dulu, dong! Meskipun kencan online membuat frustasi, kamu harus percaya kalau pasanganmu ada di luar sana, sedang melihat profilmu dan menimbang apakah swipe left atau swipe right. So, agar kamu mendapat hasil yang diinginkan, kamu harus menyusun strategi yang tepat. Untungnya, Cosmo ada di sisimu untuk memberi lima tips sukses dalam menggunakan dating app. Yuk, simak baik-baik!


    Tentukan apa tujuan kamu bermain dating apps

    Okay, peraturan pertama dan yang paling penting: Kamu harus tahu apa yang mau kamu lakukan! Saat kamu sudah memiliki niat untuk berkecimpung di dunia online dating, kamu harus tahu hubungan seperti apa yang kamu cari. Entah itu hubungan yang serius, santai, mencari teman baru, atau bahkan hanya ingin menengok seperti apa suasana berkencan secara online.

    Kenapa? Karena sekarang terdapat terlalu banyak dating apps dengan fitur dan target pengguna berbeda. Selain itu, pada beberapa aplikasi, ketika mendaftar kamu akan mendapat pertanyaan hubungan seperti apa yang kamu cari. Walaupun ketika sudah berjalan jawaban dari pertanyaan ini bisa berubah, namun dapat memengaruhi match yang kamu dapatkan nanti. Jangan sampai salah, ya!


    Tulisan di bio sangatlah penting

    “Tulisan” di sini tidak hanya merujuk pada substansi yang kamu, atau pasanganmu, tapi juga pemilihan kata dan gaya menulis yang digunakan. Percaya atau tidak, kamu bisa mengetahui banyak hal tentang seseorang dari membaca tulisannya. Karena, jujur saja, deh, kalau kamu saja tidak bisa mengerti apa yang dia tuliskan di chat, kamu akan lebih cepat bosan. Selain itu, informasi yang tertulis di bio juga sangat membantu dalam mencari topik atau membayangkan kepribadian si dia.




    Jangan terburu-buru

    Ini mungkin salah satu pandangan yang salah namun umum tentang online dating: Online dating dan instant dating bukan hal yang sama! Memang, sih, kesempatanmu untuk bertemu pasangan idaman bisa meningkat melalui online dating, tapi bukan berarti kamu harus bertindak agresif. Sebagai contohnya, jangan terlalu banyak menggunakan kata gombal ketika baru berkenalan atau jangan terlalu memaksa untuk pindah obrolan ke WhatsApp atau Line. Walau terkadang ada yang tidak masalah dengan tindakan seperti itu, namun masih banyak yang mudah merasa risih jika tindakanmu terlalu berani dan terlalu cepat.


    Cari tahu si dia lebih lanjut dari sosial media

    Dalam kata lain: Jangan malu untuk stalk sosial media miliknya. Kegiatan stalking mungkin sekilas terdengar buruk, tapi ini merupakan salah satu langkah paling esensial ketika kamu online dating. Pasalnya, di aplikasi kencan, kamu berkenalan dengan seseorang tanpa bantuan orang lain, tanpa mutual friend yang bisa memberi informasi penting, tanpa melihat perilaku dia sehari-hari, nothing. Jadi, untuk mendapat semua informasi itu, dan memastikan apa yang dia katakan tentang dirinya itu benar, kamu dapat melihat semua itu dari akun sosial medianya.


    Jangan menunda waktu bertemu

    Sekarang, setelah kamu sudah mulai mendapat gambaran tentang si dia, jangan lupa untuk mengajaknya bertemu. Sedekat apapun kalian di chat, semirip apapun frekuensi kalian, jika dia tidak mau diajak bertemu, mungkin kamu harus mulai berpikir untuk melupakan si dia. Tidak hanya kamu memiliki risiko sedang ditipu - apalagi jika si dia tidak mencantumkan foto asli - atau si dia berbohong mengenai kehidupannya, tapi dengan bertemu kamu bisa merasakan emosi pasanganmu secara “mentah”. Berbincang melalui chat tentu saja bisa "dipoles" terlebih dahulu (atau justru, teman baik si dia yang membantu menuliskan kalimat balasan untukmu, uh-oh), dan terkadang misleading. Dengan bertemu dan menghabiskan waktu secara langsung, kamu bisa melihat bagaimana kepribadian dia di dunia nyata, tidak hanya terhadap dirimu, tapi juga terhadap orang lain. Apakah dia mudah emosi ketika tidak sengaja salah jalan? Apakah dia menghargai pelayan yang baru saja mengantarkan makananmu? Bagaimana cara dia mempresentasikan dirinya? Nah, semua itu dapat kamu dapatkan lewat bertemu langsung. Bagaimana? Sudah siap berkencan dengan gebetan baru?

    (Nabila Nida R / VA / Image: Unsplash, GIPHY)