Lifestyle

8 Opsi Kafe Hidden Gem untuk Workspace di Jakarta dan Sekitarnya

  by: Redaksi       24/2/2021
  • Sudah hampir setahun sejak Jakarta melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kita semua diminta untuk bekerja dari rumah atau WFH (work from home) untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. Well, pertama kali mendengar kalau kita diperbolehkan untuk WFH, saya merasa sangat bahagia. Yang ada di pikiran saya saat itu, "Yes, nanti kalau lapar saya cukup ke dapur, kalau lelah saya bisa langsung rebahan di tempat tidur, dan suasana sepi pasti akan mendorong produktivitas." Namun kenyataan...ternyata tidak semanis itu.

    Siapa yang bisa rebahan dengan tenang jika notifikasi ponselmu berbunyi setiap sepuluh menit sekali? Suasana sepi juga membuat bosan, dan dapur terlantar karena saya terlalu sibuk bekerja hingga tidak sempat memasak atau membersihkan peralatan masak. Belum lagi keseharian yang terus berulang di tempat yang sama dan wifi rumah yang terkadang tidak stabil—terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Duh, benar-benar membuat jenuh!



    Saat ini, semakin banyak kafe dan restoran yang sudah mulai kembali beroperasi, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mungkin bisa menjadi jalan keluar: Kita bisa WFE alias Work From Everywhere selama ada koneksi internet, dan ada akses ke makanan dan minuman yang enak tanpa perlu repot-repot memasak di dapur, tentunya. Suasana baru dapat memicu kreativitas dan mendorong kamu agar lebih produktif.

    Namun dengan menjamurnya kafe-kafe di Jakarta, menentukan tempat tujuan dapat membuat kita pusing sendiri. Tak perlu khawatir, Cosmo Babes. Tim Cosmo telah memilih delapan kafe hidden gem di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan menu yang enak, suasana yang nyaman, dan tentunya sangat mendukung untuk kamu bekerja.


    Fillmore Coffee

    Lokasi: Jl. H. Sidik No. 7, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan

    Harga: Rp32.000,- - Rp95.000,-

    Jam operasional: 09.00 - 21.00

    Fillmore Coffee terletak di sebelah [email protected] dan merupakan sebuah coffee shop yang memiliki spesialisasi dalam espresso based coffee. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang kurang menyukai kopi, ada banyak opsi minuman non-kopi seperti teh, coklat, dan susu. Oh ya, kamu jangan bingung saat pertama datang ke tempat ini, ya. Pintu masuknya memang agak tertutup oleh tumbuhan menjalar sehingga terkadang sulit dikenali. Untuk makanannya, mereka menyediakan berbagai makanan ringan dan brunch ala western, Italia, dan Indonesia.


    SALT

    Lokasi: Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jl. BSD Grand Boulevard Raya No. 1, BSD City, Tangerang

    Harga: Mulai dari Rp48.000,-

    Jam operasional: Senin - Minggu, 11.00 - 20.00

    Mencari kafe yang sepi dan masih benar-benar baru untuk konten Instagram-mu? SALT bisa menjadi opsi yang menarik. Eatery yang satu ini baru akan dibuka pada bulan Maret 2021. Terletak di lantai Mezzanine ICE BSD City, SALT bahkan bisa menjadi lokasi yang tepat untuk kamu yang ingin casual meeting dengan dua-tiga orang rekan kerja. Mengusung konsep open views yang menghadap langsung ke arah taman, dijamin kamu akan betah berlama-lama untuk WFE (aka Work From Everywhere). Oh ya, makanan yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari sandwich, masakan khas Indonesia, western food, sampai menu grills. Yang tak boleh dilewatkan: es cincau serta deretan pastry aka dessert-nya.


    Twin House

    Lokasi: Jl. Cipete Raya No. 4B, Cipete, Fatmawati, Jakarta Selatan

    Harga: Rp20.000 - Rp90.000

    Jam operasional: 07.00 - 21.00

    Nah, untuk kamu yang lebih mementingkan menu makanan dibandingkan minuman, kamu bisa mencoba Twin House. Untuk mencapai tempat yang satu ini, kamu harus masuk ke sebuah gang kecil dan terus berjalan lurus hingga bertemu sebuah bangunan rumah kembar dengan cat putih-kuning. Twin House terdiri dari dua bagian, bagian yang lebih menyerupai restoran dan bagian yang lebih menyerupai coffee shop. Tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat, karena bangunannya sangat luas! Makanan yang disediakan juga beragam, mulai dari pasta, dessert, makanan Indonesia, hingga shirataki. Minumannya juga tak kalah enak, ada berbagai macam kopi hingga smoothies yang sehat.


    Ruma Coffeatery

    Lokasi: Jl. Cipaku I No. 16, Senopati, Jakarta Selatan

    Harga: Rp6.000 - Rp73.000

    Jam operasional: 10.00 - 19.00

    Okay, untuk tempat yang satu ini, kamu akan terkejut ketika membandingkan harga menu dan interior bangunannya. Berlokasi di salah satu daerah paling ramai di Jakarta Selatan, Ruma Coffeatery menawarkan konsep bangunan seperti industrial home dengan nuansa klasik abu-abu, hitam, dan cokelat. Yang membuat tempat ini unik adalah, mereka menyediakan makanan rumahan Indonesia yang menunya dapat kita pilih sendiri, seperti warteg modern. Untuk kategori minuman yang disediakan cukup banyak, mulai dari kopi, teh, jus buah, susu, hingga mocktail. Oh, satu lagi, Ruma Coffeatery vegetarian friendly, lho.




    Dia.lo.gue

    Lokasi: Jl. Kemang Selatan Raya No. 99A, Kemang, Jakarta Selatan

    Harga: Rp20.000 - Rp90.000

    Jam operasional: 10.00 - 19.00

    Kamu tahu adegan "AADC 2" ketika Cinta sedang melakukan yoga? Ini tempat shooting-nya, lho! Mungkin tempat yang satu ini tidak bisa secara sepenuhnya dikatakan “hidden gem” karena lokasinya yang tergolong masih mudah untuk ditemukan. Namun, tidak banyak yang tahu Dia.Lo.Gue merupakan sebuah kafe karena memang tempatnya berada di dalam sebuah art space. Tema yang diusung lebih ke arah minimalis dan industrial dengan dinding beton dan aksen kayu, membuatmu merasa seperti berada di sebuah film. Dari segi menu, Dia.Lo.Gue lebih berfokus pada makanan western dan Italia. Meski variasi minuman yang ditawarkan tidak sebanyak tempat lain, tapi kamu akan tetap dibuat puas dengan yang mereka sajikan.


    Authentic Coffee

    Lokasi: Jl. Pluit Permai No. 26, Pluit, Jakarta Utara

    Harga: Rp20.000 - Rp105.000

    Jam operasional: 08.00 - 21.00

    Berpindah ke daerah Jakarta Utara, Authentic Coffee memiliki lokasi yang sedikit tertutup namun tetap strategis, tepatnya di deretan perumahan di belakang Mall Pluit Village. Meski baru saja dibuka bulan Oktober 2020, tapi coffee shop ini sudah menarik cukup banyak perhatian, lho. Apalagi kalau melihat konsep bangunannya yang open space dengan banyak interior kayu dan jendela-jendela besar. Dijamin, deh, pikiran kamu akan langsung segar begitu bekerja di sini.


    Myriad Bistro

    Lokasi: Jl. Prof. Joko Sutono, Blok SH No. 31, Senopati, Jakarta Selatan

    Harga: Rp37.000 - Rp89.000

    Jam operasional: 07.00 - 19.00

    Tiga kata untuk mendeskripsikan Myriad Bistro: comfy, aesthetic, dan instagrammable. Sama seperti Authentic Coffee, Myriad Bistro juga mengusung tema open space, bedanya adalah Myriad lebih terkesan modern dan “hidup” dengan sebuah kebun dan pohon bonsai besar yang menyegarkan suasana di tengah ruangan. Memang, sih, harga yang ditawarkan sedikit lebih pricey dibanding rekomendasi lain di daftar ini. Tapi tenang, kamu tidak akan menyesal karena makanan dan minuman yang ditawarkan sangat beragam dengan rasa yang tidak diragukan lagi. Pokoknya, jangan sampai terlewatkan.


    Tatei Cafe & Cakery

    Lokasi: Green Lake City Ruko Food City 22, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat

    Harga: Rp11.000 - Rp68.000

    Jam operasional: 11.00 - 20.00

    Rekomendasi terakhir jatuh kepada kafe baru lainnya di daerah Jakarta Barat, Tatei Cafe & Cakery. Tatei Cafe & Cakery memiliki desain interior yang bernuansa kontemporer dengan menu-menu yang sederhana tapi terbilang cukup unik. Seperti watermelon latte dan odol tea (teh hijau dengan sentuhan peppermint). Meski tempatnya tergolong sedikit mungil, namun tidak membuat Tatei Cafe & Cakery tidak senyaman kafe lainnya.

    (Nabila Nida R / DA / VA / Image: Instagram @tateicafe, @myriad.id, @authenticcoffee.id, @dialogue_arts, @rumacoffeatery, @twinhouse.id, @fillmorecoffeejkt)