Fashion

Ingin Tampil dengan Gaya Smart Casual? Yuk, Simak Tips Berikut!

  by: Redaksi       25/2/2021
  • Hai, girls! Apa kamu suka bingung jika diundang ke pesta ulang tahun kantor dan bimbang harus mengenakan pant suit atau kemeja dan jeans? Atau kamu saat hendak hang out bersama teman tapi ingin terlihat put together? Worry no more, karena di artikel ini Cosmo akan membantumu untuk terlihat “smart casual”

    Tapi, smart casual itu sebenarnya apa, sih?



    Smart casual adalah sebuah dress code yang menggabungkan workwear dengan pakaian yang terlihat lebih kasual. Karena itu, untuk bisa terlihat bagus dengan dress code ini, kamu harus bisa mencari balance yang tepat antara dua tipe outfit tersebut. Look yang dihasilkan biasanya akan terlihat sleek dan elegan tapi tetap tampak santai.


    Catat: Smart casual bukan berarti business casual! Meski sekilas memiliki estetika yang sama namun smart casual lebih mengutamakan tren dan mode dibandingkan dengan business casual yang lebih condong ke arah pakaian formal.


    Sebenarnya, tidak ada item tertentu yang bisa dinyatakan sebagai item smart casual, karena sejatinya smart casual merupakan hasil akhir penampilan seseorang. Maka dari itu, untuk membangun dress code ini tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Kamu bisa menyulap hampir semua pakaianmu menjadi terlihat smart casual. Yang perlu kamu lakukan adalah menyimak tips berikut!


    Tops: Kunci utama dalam smart casual



    Okay, untuk menemukan atasan yang dapat dijadikan smart casual bukan hal yang sulit. Kamu bisa menggunakan kemeja oversized, diutamakan berwarna basic, seperti putih, hitam atau nude, dan memberi sentuhan santai dengan cara membuka beberapa kancing teratas atau mengenakannya sebagai atasan off-shoulder. Atasan turtleneck berlengan panjang juga cocok banget untuk kamu pakai untuk terlihat lebih classic chic dan memadukannya dengan rok atau celana.


    Dress: Feminin smart casual





    Mengubah dress untuk menjadi outfit yang smart casual bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu harus mencari potongan dan palet warna yang sesuai. Untuk melakukannya, fokuskan untuk lebih condong ke arah polished look. Seperti shirt dress atau wrap dress, misalnya, dan dengan warna-warna yang cenderung lebih netral. Bisa saja, kok, kalau kamu mau memakai dress dengan aksen warna yang lebih berani tapi, karena dress akan membalut tubuhmu dari atas sampai bawah, netralkan dengan outer berwarna netral. Pastikan potongan dress tidak memperlihatkan terlalu banyak kulit dan, jika kamu memutuskan untuk memakai maxi dress, pastikan panjangnya sesuai dengan tinggi badanmu.


    Blazer dan coat: Chic smart casual



    Ingin terlihat smart casual dalam sekejap? Ambil blazer atau coat panjang mu dari lemari. Kedua outer ini sangat versatile sampai kamu bisa memakainya di atas apa pun. Mulai dari jumpsuit, two-piece, hingga dress, penampilanmu dijamin akan langsung terlihat sophisticated.


    Jeans: Vintage smart casual



    Okay, this is tricky. Celana jeans memang diasosiasikan dengan dress code yang lebih kasual, tetapi dengan paduan statement pieces dan pakaian yang tepat, penggunaan jeans untuk pakaian smart casual akan terlihat sangat stylish. Untuk melakukannya, kamu bisa memilih high waisted jeans yang akan mempertegas siluet badanmu. Kamu bisa bebas menentukan potongan jeans apapun, tapi, dengan menggunakan jeans berpotongan boyfriend atau boot cut bisa mengelevasi look-mu dengan menjadikannya terlihat vintage. Oh, yang terpenting, apapun alasanmu, jangan pernah menggunakan ripped jeans atau jeans sobek! Pasangkan jeans pilihanmu dengan atasan kemeja atau kaos dan blazer dan… voila! You are ready to go.


    Shorts: Fun smart casual



    Paduan yang satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan ketika hangout bersama teman-teman. Dalam konteks pakaian smart casual, kamu bisa menggunakan shorts yang sedikit lebih konservatif seperti pleated shorts atau capri pants dengan warna senada dipadukan outer atau atasan yang lebih tertutup. Kalau kamu ingin terlihat lebih edgy, kamu bisa menggunakan bike shorts yang sedang menjadi tren dua tahun belakangan ini lalu padukan bersama blazer atau kemeja oversize  dan topang tungkai dengan loafer atau boots. Hindari kesan seksi agar tetap tampak smart casual.


    (Nabila Nida Rafida / EDT. DA/ Images: Instagram @haileybieber, @monikh, @shini.park, @margaretzhang, @lucyhale)