Fashion

Inspirasi Styling untuk #BerkainBersama

  by: Redaksi       26/2/2021
  • New trend alert!!!


    Untuk kamu para pengguna aplikasi TikTok, pasti sudah tidak asing dengan tren yang satu ini. Yup, apalagi kalau bukan tren #BerkainBersama! Mengusung tema cinta Indonesia, tren ini belakangan menjamur, tidak hanya di for you page tim Cosmo, tetapi juga di berbagai pojok kota. Dengan berkembangnya tren ini, diharapkan anak muda dapat terus mempromosikan dan bangga dengan budaya Indonesia.



    Baru-baru ini, #BerkainBersama viral melalui video-video yang diunggah pada akun TikTok Arawinda Kirana. Melalui akunnya, ia memperlihatkan sejumlah anak muda yang modis mengenakan kain-kain khas Indonesia. Arawinda juga sering berbagi inspirasi outfit of the day (OOTD) dan wawasan umum serta tips untuk membeli kain. Kain-kain batik dan tenun yang selama ini dianggap formal dan hanya digunakan saat kondangan, kini disulap oleh berbagai kreator TikTok Indonesia menjadi pakaian ready-to-wear yang ciamik. Baik perempuan maupun laki-laki, modest atau terbuka, tren ini membuktikan kalau kain batik merupakan kain masyarakat Indonesia yang cocok digunakan oleh siapapun. 


    Nah, untuk kamu yang sudah lama ingin mengikuti tren ini tapi masih belum percaya diri atau bingung bagaimana cara styling-nya, Cosmo sudah menyiapkan beberapa tips dan inspirasi OOTD yang bisa kamu lakukan untuk outfit hangout-mu selanjutnya. Let's go!

    Rok lilit


    Tips pertama tentu yang paling basic, menjadikan kain sebagai rok lilit! Sebelumnya, outfit dengan bawahan rok lilit lebih umum dilihat ketika sedang menghadiri acara formal atau kegiatan keagamaan. Tetapi sekarang, kamu bisa membuatnya menjadi lebih kasual dengan memadupadankan rok lilit dengan outer kemeja atau celana leggings untuk memberi nuansa street style.


    Outer cardigan


    Dari seluruh styling tips dalam artikel ini, mungkin tips untuk menggunakan kain batik sebagai outer merupakan opsi yang paling sederhana. Kamu hanya tinggal mengenakan selembar kain dari belakang punggungmu lalu mengikat kedua ujungnya di bawah lengan hingga menjadi sebuah oversized cardigan. Styling model ini menghasilkan potongan yang loose sehingga cocok untuk kamu yang baru pertama kali mencoba tren #BerkainBersama tapi takut penggunaan kain membatasi ruang gerakmu.


    Atasan lengan panjang atau halter


    Untuk yang satu ini, Cosmo memberi dua model styling sekaligus. Menjadikan kain batik sebagai atasan tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Pertama, kamu bisa menyampirkan kain batik di bahu lalu menyatukan garis tengahnya dengan sepasang peniti. Setelah tertutup, ujung kain yang berada di depan dapat diikat ke belakang sehingga membentuk potongan lengan panjang seperti atasan pada umumnya.




    Jika kamu ingin model lain yang lebih terbuka, kamu juga bisa mengikat kedua ujung kain ke belakang leher dan punggung untuk menghasilkan halter top dengan detail punggung yang terbuka. Pssst, untuk bisa menjadi halter top yang pas di badan, kamu bisa menggunakan kain dengan luas lebih kecil, ya!


    Dress


    Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengubah kain batik menjadi sebuah dress, tapi kali ini Cosmo akan memperlihatkan salah satu inspirasi untuk kamu yang masih coba-coba menyelami tren ini. Dengan hanya menggunakan peniti di bagian bahu dan menyematkan ujung kain ke dalam bawahan, kamu bisa langsung mendapatkan dress instan yang menawan. Untuk mempertegas siluet, pakai juga ikat pinggang dan… voila! Jadilah sebuah dress yang bisa kamu pakai ke acara mana pun.


    Jumpsuit


    @nonnambon

    Reply to @jeykeyy16 ini tutorial untuk 2 look dulu ya hehe semoga bermanfaat???? ##berkainbersama ##berbatikbersama ##tutorialkainbatik ##indonesian

    ♬ Buss It x Ayun Ambing Indonesian remix - Sushi Sounds ????

    Inspirasi styling yang terakhir bisa dikatakan sedikit lebih rumit tetapi memiliki hasil akhir yang sangat cantik. Siapa sangka secarik kain batik biasa dapat dijadikan sebuah jumpsuit yang trendy? Bahkan, kamu hanya perlu melewati tiga steps untuk mendapat look ini: Dengan mengikat ujung kain di belakang punggung, mengambil sisa kain melalui sela kaki, lalu mengikatnya lagi di atas perut. Kamu juga bisa menukar arah ikatan dengan mengikat bagian atasnya di depan dada dan bagian bawahnya di punggung. Untuk cara yang kedua, kamu akan mendapat detail sedikit terbuka di bawah dada sehingga penampilanmu bisa terlihat lebih seksi.


    (Nabila Nida Rafida / Opening image: Instagram @swaragembira)