Beauty

Catat! Ini Fungsi Niacinamide Untuk Kulit!

  by: Fariza Rahmadinna       27/2/2021
  • Kandungan niacinamide dalam produk perawatan kulit sedang menjadi tren di industri kecantikan. Niacinamide terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari pigmentasi, garis-garis halus, dan sejumlah tanda penuaan. Tapi sebenarnya, apa saja, sih, fungsi niacinamide? Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut mengenai manfaat niacinamide untuk kulit kamu.


    Apa itu niacinamide?




    Dikutip dari The Klog, Inna Knyazevych—ahli estetika di New York City—mengatakan bahwa niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang juga disebut sebagai nicotinamide. Ini adalah nutrisi yang tidak hanya diperlukan tubuh untuk sistem pencernaan dan saraf, tetapi juga untuk kecantikan kulit.



    Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, niacinamide merupakan salah satu ingredient produk skincare yang diketahui mampu membantu meratakan warna kulit, meminimalkan tampilan pori-pori yang besar, dan dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah, sehingga membuat kulit tetap sehat dan kencang.


    Apa saja manfaatnya?


    Tak hanya itu, niacinamide juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan sinar UV. Hasilnya, tentu saja kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Sifat anti-inflamasi pada niacinamide ini juga apat membantu meringankan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Bahkan, niacianamide dapat membantu untuk mengobati jerawat, termasuk jerawat papula dan pustula, girls!


    Menurut Dr. Adarsh Vijay Mudgil—seorang dokter kulit bersertifikat di New York City—mengatakan bahwa niacinamide dapat menstimulasi produksi ceramide sehingga membuat kulit tetap lembap, sekaligus membantu mengontrol kadar minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous.


    Jenis kulit apa yang cocok menggunakan niacinamide?


    Pada dasarnya, semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari niacinamide. Karena memiliki sifat anti-inflamasi, kandungan skincare ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki masalah kulit berjerawat dan rosacea. Ketika digunakan secara teratur, bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan, serta membantu menenangkan, melindungi, sekaligus meningkatkan penghalang kulit untuk mencegahnya muncul kembali di kemudian hari.




    Di mana saya dapat menemukan kandungan niacinamide?


    Umumnya, kamu dapat menemukan kandungan niacinamide ini dalam serum, toner, essence, pelembap, dan masker. Ingatlah untuk konsisten dalam melakukan perawatan skincare apapun, termasuk yang mengandung niacinamide, agar memperoleh manfaat yang maksimal. Gunakan secara teratur dan lihat… kulit kamu akan jauh lebih kencang dan sehat! (Fariza Rahmadinna/VA/Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)