Better You

Makanan Ini Cocok Lengkapi HIIT Workout di Rumah

  by: Fariza Rahmadinna       27/2/2021
  • Tak hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, berolahraga juga menjadi cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah adalah latihan High-Intensity Interval Training (HIIT). HIIT merupakan jenis olahraga yang mengombinasikan latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah, namun tetap diselingi dengan waktu istirahat. Biasanya, latihan HIIT akan berkisar antara 10 hingga 30 menit dalam setiap sesi. Meskipun singkat, latihan HIIT yang memberikan banyak manfaat kesehatan ternyata membakar banyak sekali energi. Oleh karena itu, untuk mengembalikan energi setelah latihan HIIT, Cosmo telah merangkum beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi setelah latihan HIIT. Apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini.


    1. Telur





    Telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga, karena telur merupakan salah satu sumber protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial dan dapat membantu pemulihan otot. Telur juga mengandung vitamin B, yang dapat membantu mengembalikan energi. Sebagaimana diketahui, telur merupakan salah satu makanan yang dapat disajikan ke dalam berbagai bentuk hidangan, salah satunya egg avocado.



    Psst, sedikit tips untukmu: Hindari mengonsumsi telur goreng setelah latihan HIIT. Mengapa? Karena lemak yang terkandung di dalam minyak dapat memperlambat proses pencernaan dalam usus dan karena itu akan menunda pengiriman nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam otot.


    2. Blueberry


    Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, blueberry diperkaya dengan serat, vitamin, protein, dan antioksidan. Dikutip dari Healthline, olahraga ternyata dapat menyebabkan adanya ketidakseimbangan antara kandungan radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk memasukkan makanan kaya antioksidan setelah berolahraga.


    Terlebih lagi, mengonsumsi blueberry setelah berolahraga telah dikaitkan dengan pemulihan otot yang lebih cepat. Selain dapat dimakan secara langsung, kamu juga dapat mengonsumsi blueberry sebagai smoothie setelah latihan HIIT. Namun pastikan hindari tambahan susu atau pemanis buatan, ya girls! Menurut Natasha Forrest, seorang wellness sekaligus nutrition coach asal New York, mengonsumsi minuman tinggi gula setelah workout dapat mengurangi efek pembakaran lemak dari latihan intensitas tinggi. Noted!


    3. Alpukat


    Alpukat merupakan buah yang kaya akan magnesium, yang sangat baik untuk pemulihan otot. Alpukat juga mengandung sekitar 14 persen dari nilai harian kalium, yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan mengendalikan aktivitas jantung dan otot lainnya.


    Terlebih lagi, alpukat merupakan sumber folat, vitamin C, K, dan B-6, yang semuanya merupakan nutrisi anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang mungkin diakibatkan karena olahraga. Singkatnya, buah alpukat adalah buah yang baik untuk membantu pemulihan setelah latihan HIIT. Kamu dapat mengonsumsi alpukat secara langsung, atau menikmatinya sebagai toast bersama dengan telur dan roti panggang, atau smoothie.


    4. Sayuran Berdaun Hijau


    Sayuran berdaun hijau diperkaya akan vitamin, mineral, serat, serta rendah kalori. Jenis sayuran ini juga tinggi antioksidan dan dapat membantu meminimalkan radikal bebas yang mungkin dikeluarkan selama latihan HIIT. Beberapa sayuran hijau yang baik adalah kubis (kale), bayam, serta selada air. Kamu dapat menyajikan sayuran berdaun hijau sebagai salad atau memasaknya dengan cara menumisnya bersama sedikit minyak zaitun. Oh ya, usahakan untuk tidak menumis (atau merebus) sayuran hijau terlalu lama agar kandungan nutrisi dalam sayur tidak hilang.


    5. Ikan


    Dikutip dari Shape, ikan diperkaya akan selenium, yang membantu mendukung kemampuan antioksidan alami tubuh. Menjalani latihan keras, seperti latihan HIIT, dapat meningkatkan potensi radikal bebas untuk masuk ke tubuh dan merusak sel. Ikan juga merupakan sumber vitamin B12, yang bermanfaat untuk menambah energi.


    Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan juga diketahui dapat bertindak sebagai anti inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang mungkin diakibatkan karena olahraga dan dapat mengurangi kerusakan otot setelah latihan HIIT, sehingga pemulihan menjadi lebih cepat. Untuk menyajikannya, kamu bisa pan-seared ikan salmon bersama dengan kale.


    Itulah lima makanan yang baik dikonsumsi setelah menjalani latihan HIIT. Sudah siap kembali berolahraga di rumah?




    (Fariza Rahmadinna/ VA/Images: Dok. Tim Samuel on Pexels, Daria Shevtsova on Pexels, Monika Grabkowska on Unsplash, Diana Polekhina on Unsplash, Deryn Macey on Unsplash, Robert Bogdan on Pexels)